Sistem Informasi Pemasaran (Marketing Information System) adalah suatu sistem berbasis komputer yang saling terhubung dengan Sistem Informasi Fungsional lainnya untuk dapat mendukung kegiatan manajemen perusahaan dalam menyelesaikan permasalahan pemasaran produk pada perusahaan tersebut. Dengan Sistem Informasi Pemasaran yang dikembangkan dengan baik, maka akan memberikan keuntungan yang signifikan bagi perusahaan tersebut.
Sistem Informasi Pemasaran dapat membantu berhubungan dengan departemen lain dalam sebuah perusahaan, misalnya Departemen Pemasaran (memakai Sistem Informasi Pemasaran) memberikan data peramalan penjualan, hal ini sangat bermanfaat bagi Departemen Keuangan untuk dapat memprediksi laba-rugi dari penjualan tersebut. Selain itu juga data peramalan penjualan juga dibutuhkan oleh Departemen Produksi dalam penyusunan jadwal produksi barang dan jasa.
Dalam Sistem Informasi Pemasaran ada 2 subsistem utama yang menyusun model Sistem Informasi Pemasaran, yakni Subsistem Utama Input dan Subsistem Utama Output.
Subsistem Utama Input merupakan data-data pemasaran yang akan membentuk basis data pada model Sistem Informasi Pemasaran. Subsistem Utama Input terdiri dari:
- Sistem Pemrosesan Transaksi (Transaction Processing System) yang berfungsi dalam mengumpulkan data internal maupun eksternal lalu dimasukkan kedalam basis data
- Subsistem Riset Pemasaran (Marketing Research Subsystem) yang berfungsi dalam mengumpulkan data internal dan eksternal dengan melakukan studi-studi khusus.
- Subsistem Intelegensi Pemasaran (Marketing Intellegence Subsystem) yang berfungsi mengumpulkan data eksternal yang menginformasikan aktivitas para pesaing, pelanggan, dan unsur-unsur lain yang mempengaruhi operasi pemasaran.
Selain itu, Sistem Informasi Pemasaran terdiri pula dari Subsistem Utama Output yang berfungsi memberikan unsur-unsur penting didalam Marketing mix (produk, harga, promosi, dan tempat). Subistem Utama Output terdiri dari:
- Subsistem Produk (Product Subsystem) yang berfungsi memberikan informasi mengenai material dan spesifikasi produk, serta sasaran marketing-nya.
- Subsistem Lokasi (Place Subsystem) yang berfungsi memberikan informasi mengenai saluran dan distribusi pemasaran.
- Subsistem Promosi (Promotion Subsystem) yang berfungsi memberikan informasi mengenai harga-harga produk yang dipasarkan.
- Subsistem Bauran Terintegrasi (Intergrated Mix Subsystem) yang berfungsi memberikan informasi mengenai integrasi (gabungan) dari unsur-unsur Subsistem Utama Output.
TEORI PEMASARAN YANG BERHUBUNGAN:
IKUBARU'S BLOGZIA: DASAR-DASAR PEMASARAN
IKUBARU'S BLOGZIA: BAURAN PEMASARAN SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN
IKUBARU'S BLOGZIA: BAGAIMANA PEMBELIAN PRODUK OLEH KONSUMEN?
IKUBARU'S BLOGZIA: BAGAIMANA KONSUMEN BERPERILAKU TERHADAP PRODUK?
IKUBARU'S BLOGZIA: SEPUTAR PERTANYAAN PERILAKU KONSUMEN
IKUBARU'S BLOGZIA: PROMOSI PENJUALAN OLEH KONSUMEN DAN APLIKASINYA
IKUBARU'S BLOGZIA: PERAN MEREK (BRAND) DALAM PEMASARAN
jadi lebih paham nih informasi tentang pemasaran marketing. moga bermanfaat juga untuk sahabat yang lainnya
ReplyDeleteyoih, keren yah materinya.
ReplyDeletemakasih juga buat komennya di blog ane. boleh dong share ilmu nulis blognya buat penulis awam kaya ane.
nice gan.. sukses selalu
ReplyDeletesinggah sini gan sambil membaca artikel
ReplyDelete