BREAKING NEWS

Tuesday, November 12, 2013

DASAR-DASAR MANAJEMEN PEMASARAN

Ikubaru's Blogzia: DASAR-DASAR MANAJEMEN PEMASARAN-Pemasaran merupakan suatu sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan dan menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan produk yang dapat memuaskan keinginan dan jasa baik para konsumen saat ini dan konsumen potensial untuk mencapai pasar sasaran serta tujuan perusahaan. Philip Kothler dan Amstrong menjabarkan pemsaran sebagai suatu proses sosial dan manajerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan orang lain.

Suatu pemasaran merupakan suatu kreasi dan realisasi dari sebuah standar hidup. Untuk itulah pemasaran mencangkup beberapa kegiatan (Abdullah, 2012:2):
  1. Menyelidiki dan mengetahui apa yang diinginkan konsumen
  2. Merencanakan dan mengembangkan sebuah produk atau jasa yang akan memenuhi keinginan tersebut
  3. Memutuskan cara ternaik untuk menentukan harga, mempromosikan, dan medistribusikan produk tersebut.
Dalam perkembangannya, Pemasaran bukan cuma sebatas memproduksi dan mendsitribusikan produk, akan tetapi juga harus mengetahui bagaimana menyajikan tawaran yang lebih baik di pasar sasaran dari pesaingnya. Untuk itu suatu Departemen Pemasaran dalam suatu perusahaan harus benar-benar memahami apa yang dibutuhkan dna diinginkan konsumen yang selalu berubah-ubah.

Suatu perusahaan akan sangat memerlukan kegiatan pemasaran apabila minat pembelian terhadap produknya menurun. Agar dapat menarik minat pembelian terhadap produknya, suatu perusahaan harus memiliki strategi-strrategi pemasaran yang jitu agar konsumen dapat tertarik dengan produk yang dipasarkan. Faktor lain yang dapat menyebabkan perusahaan sangat memerlukan pemsasaran ialah:
  1. Pertumbuhan pasar yang melambat
  2. Berubahnya pola pembelian konsumen
  3. Tingkat persaingan produk semakin meningkat
  4. Pengeluaran (Expenditure) untuk promosi dan riset pasar meningkat
Dalam suatu kegiatan perusahaan, pemasaran memiliki peranan penting didalamnya. Pemasaran dapat dikatakan sebagai denyut jantungnya dari berbagai usaha, karena konsep-konsep dalam pemasaran diakui perananya sebagai penyumbang langsung untuk mendapatkan laba serta volume penjualan atas produknya.

SISTEM PEMASARAN

Sistem Pemasaran merupakan kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran produk dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya (Mursyid, 2010:8). Dalam sistem pemasaran ini ada beberapa faktor yang saling mempengaruhi, yakni:
  1. Organisasi dalam pemasaran
  2. Produk yang dipasarkan
  3. Pasar yang dituju
  4. Supplier atau agen
  5. Faktor demografi, kondisi perekonomian dan politk negara, situasi sosial budaya masyarakat, dan faktor-faktor lingkungan lainnya
Sistem pemasaran yang paling sederhana terdiri dari dua unsur yang saling berkaitan yaitu organisasi pemasaran dan target pasarnya. Analisis sistem pemasaran perlu dilakukan dalam hal hubungan dengan unsur-unsur lain dalam lingkungan pemasaran yang saling mempengaruhi untuk membuahkan hasil pemasaran. Analisa sistem pemasaran ini dapat berbentuk: 
  1. Analisis Sistem Pertukaran (Exchange System Analysis)
  2. Analisis Pemasaran Organisasional (Organizational Marketing Analysis)
  3. Analisis Lingkungan Makro (Macroenvironment Analysis)
Dalam perkembangan sistem pemsaran ini berkembang pula Sistem Informasi Pemasaran yang dapat mendukung kegiatan berjalannya sistem pemasaran dengan terrintegrasi dengan komputer (digital) maupun dalam kegiatan riset pemasaran dalam meneliti kebutuhan dan keinginan konsumen.

KONSEP PEMASARAN


Konsep Pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran, serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaingnya. Konsep pemasaran dapat diungkapkan dengan berbagai cara, yakni dengan cara:
  1. Menelusuri keinginan pasar dan pemenuhannya
  2. Memproduksi produk yang dapat dijual, bukan menjual produk yang dapat diproduksi.
  3. Mencintai pelanggan dengan memeberikan pelayanan terbaik
  4. Tentukan langkah yang akan diambil dalam kegiatan pemasaran
  5. Aplikasikan langkah yang telah direncanakan sebelumnya
  6. Lakukan segalanya dalam batasan kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat akan nilai, mutu, dan kepuasan pelanggan.
Thamrin Abdullah (2012:14) menyatakan konsep inti pemasaran terdiri dari beberapa item yang dapat digambarkan sebagai berikut:

  1. Kebutuhan, Keinginan, dan PermintaanSuatu pemasaran tidaklah menciptakan suatu kebutuhan, karena pada hakikatnya suatu kebutuhan sudah dapat ditentukan sebelumnya dan sudah ada secara alamiah dalam diri manusia. Suatu pemasaran dapat mempengaruhi seseorang dalam memenuhi keinginan pelanggannya akan suatu barang, misalnya seseorang yang menginginkan smartphone terbaru dalam hal trend dan gensi teknologi.

    Dari kegiatan mempengaruhi keinginan pelanggan, suatu pemasaran akan tentu mempengaruhi permintaan suatu produk yang cocok, menarik, berkualitas, terjangkau dan mudah didapatkan oleh konsumen melalui kegiatan distribusi.
  2. ProdukDalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan, orang-orang akan memenuhi kebutuhannya dengan barang dan jasa. Pemenuhan kebutuhannya tidak hanya dilihat dari nilai fisik dan material dari produk tersebut, tetapi juga harus dilihat dari nilai kegunaan akan produk tersebut.
  3. Nilai, Biaya, dan KepuasanPemenuhan kebutuhan dan keinginan akan suatu produk memiliki suatu nilai dalam pemenuhannya. Nilai dalam pemenuhan ini ialah perkiraan konsumen tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya.

    Suatu nilai produk bergantung pada seberapa jauh produk tersebut mendekati produk yang ideal. Hambatan dari produk ideal ini ialah adanya biaya yang harus dipenuhi agar dapat mencapai kepuasan maksimal. Untuk itulah diperlukan pertimbangan akan nilai dan biaya suatu produk sebelum menentukan pilihan untuk mencapai kepuasan.
  4. Pertukaran, transaksi, dan hubunganSuatu pemasaran timbul dari suatu pertukaran nilai barangdengan nilau yang sebanding dengannya. Dalam proses pertukaran ini, pihak-pihak yang terlibat akan berunding dan mengarah ke suatu persetujuan yang dapat disebut dengan transaksi.

    Untuk dapat menghasilkan suatu pertukaran, suatu pemasaran haruslah mampu menganalisis apa yang diharapkan untuk memperoleh dari dan memberikan kepada masing-masing pihak yang terlibat dalam pertukaran dan transaksi.

    Dalam menciptakan suatu pertukaran dan transaki yang efektif, suatu pemasaran yang baik akan mencoba membangun hubungan jangak pnnjang, saling percaya, dan saling menguntungkan dengan pelanggan, distributor, supplier, dan pemasoknya. Hasil akhir dari suatu pemasaran berdasarkan hubungan ini ialah membangun suatu aset perusahaan berupa jaringan pemasaran.
  5. Pasar Suatu pasar merupaakn tempat pertukaran atau transaksi antara pembeli dan penjual. Besarnya pasar bergantung pada jumlah orang yang memiliki kebutuhan, memiliki sumberdaya yang diminati, dan mau menawarkan sumberdaya tersebut untuk ditukar agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan.

    Dalam ekonomi modern, pasar bergerak atas dasar Pembagian kerja dimana suatu perusahaan mengkhususkan dalam memproduksi sesuatu, menerima bayaran, dan membeli barang yang dibutuhkan. Suatu pemasaran dapat melihat pasar ini sebagai hubungan antara industri dengan pelanggannya.

    Dalam hubungan pasar, pemerintah memiliki peranan penting dalam kegiatan pasar. Pemerintah membeli barang dari pasar sumberdaya, pembuat barang dan perantara. Disisi lain pemerintah memungut pajak dari berbagai pihak dan memberikan pelayanan publik yang baik.
  6. Pemasaran dan Pemasar (Marketing and Marketer)
    Suatu pemasaran bertujuan dalam mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Transaksi pemasaran merupakan kegiatan pertukaran dan mencari suatu tanggapan dari pihak lain, baik dengan menjual atau membeli sesuatu.

    Dalam situasi normal, pemasar (Marketer) merupakan suatu perusahaan yang melayani suatu pasar pemakai ditengah kompetisi. Pemasarn dan pesaingnya mengirimkan masing-masing produk dan pesanya baik secara langsung maupun melalui fasilitator pemsaran kepada pemakai akhir (konsumen). Efektivitas pemasaran produk pada pemakai akhir dipengaruhi oleh masing-masing pemasok dan juga dipengaruhi faktor utama lingkungan (demografi, ekonomi, fiskal, teknologi, politik, hukum dan sosial budaya).

Referensi Pustaka:
Abdullah, Thamrin. 2012. Manajemen Pemasaran.
Mursyid, Muhammad. 2010. Manajemen Pemasaran.
Diktat Kuliah Manajemen Pemasaran I

Sumber Gambar:
www.solopos.com

Share this:

10 comments :

  1. Sangat bermanfaat sekali Mas, tentunya buat saya dan rekan-rekan semuanya :)

    ReplyDelete
  2. Bagus artikelnya. thx sudah sharing.

    ReplyDelete
  3. Lengkap buat referensi bagi yg ingin berkecimpung dalam dunia pemasaran, keep posting mas..

    Kunjungan Balik Yoo!
    fajrin-dimension.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan, semoga bermanfaat ya bagi yg mau masuk ke dunia marketing :D

      Delete
  4. wah, ternyata gitu toh, baru tau saya gan

    ReplyDelete
  5. anak kuliahan ya gan.. gile ini lengkap pisan.. lumayan gan buat jadi refrensi

    ReplyDelete
  6. Di 2018,artikel ini masih sangat bermanfaat untuk saya, trimkasih, semoga sukses selalu... 😊

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes