BREAKING NEWS

Monday, November 11, 2013

KULIAH DI JURUSAN MANAJEMEN? GIMANA SIH?

Ikubaru's Blogzia-Kalian sedang berencana ingin melanjutkan kuliah di jurusan Manajemen atau juga sedang ingin mencari tahu bagaimana sih perkuliahan di jurusan manajemen? Kali ini Ikubaru's Blogzia Akan membahas perkuliahan di Manajemen dan selak beluknya.


Jurusan Manajemen memang sangat diminati di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Menurut data di Perguruan Tinggi Negeri, peminat Manajemen mencapai 1354 peminat dari 49 kursi di PTN tersebut.

Peminat yang tinggi di berbagai PTN atau PTS bisa dikatakan bahwa Jurusan Manajemen memiliki Prospek yang bagus untuk masa depan. Adapun Prospek karier yang banyak diduduki oleh Alumni Jurusan Manajemen ialah:
  1. Staff bidang Marketing, Personalia, Produksi, dan Finance di Perusahaan
  2. Expert Marketer 
  3. Sales Manager
  4. Analis Pemasaran
  5. Analis Saham dan Investasi
  6. Manajer atau Direktur pada bidang tertentu
  7. Wirausahawan
  8. Staff Pengajar baik Dosen maupun Guru Ekonomi
  9. Analis Mutu Produk
  10. dan masih banyak lagi


PELAJARAN DI JURUSAN MANAJEMEN


Pada Jurusan Manajemen pada dasarnya tidak hanya mempelajari materi yang berhubungan dengan Ekonomi dan Manajemen saja, akan tetapi juga membahas mengenai materi yang mendukung analisis dalam manajemen. Mau Tahu? SObat dapat Simak di:

MANAJEMEN ITU TIDAK ADA HITUNG-HITUNGAN?

Pernah kepikiran seperti ini? Ya, apabila kita melihat materi manajemen di SMA, memang hanya berupa teori-teori saja. Ternyata anggapan ini salah loh? Nah.. Kita kan ga pinter hitung-hitungan! Tenang Hitung-hitungan di Manajemen tidak serumit di Eksaks loh!

Di Manajemen ada dua alat analisis yang dipakai, yakni Analisis Kualitatif dan Kuantitatif. Bedanya Analisis Kualitatif dengan menggunakan observasi langsung, sedangkan Analisis Kuantitatif menggunakan metode perhitungan. Manajemen banyak menggunakan Analisis Kunatitatif untuk dapat menganalisa gejala manajemen.

MANAJEMEN CUMA BELAJAR TENTANG POAC?

Hmm.. Ternyata ga loh! Dalam Jurusan Manajemen banyak yang dipelajari ga cuma yang terkait dengan ekonomi dan manajemen. Jurusan Manajemen juga mempelajari bidang ilmu lainnya, misalnya Sistem Informasi yang berhubungan dengan perancangan system (perancis), atau juga Komunikasi yang berhubungan dengan Pemasaran dan Komunikasi Bisnis. Untuk lebih lengkap mengenai hubungan Manajemen dengan Bidang Ilmu lain, bisa lihat di Ikubaru's Blogzia: Hubungan Ilmu Manajemen dengan Ilmu Lainnya.

ANAK IPA ATAU STM HARUS BANYAK MENYESUAIKAN MATERI EKONOMI DAN MANAJEMEN?

Mungkin juga bisa! Tenang ga usah jadi pikiran, ini masih bisa diatasi jika kita mau terus mendalami materi Ekonomi dan manajemen. Saya juga dulu masih terasa pusing dengan materi ekonomi dan manajemen. Tapi dengan terus memahami manajemen, Insya Allah pasti bisa. Cara lain untuk memahami materi ekonomi dan Manajemen ialah dengan memahami kehidupan disekitar kita.

SPESIALISASI MANAJEMEN

Dalam Jurusan Manajemen di Perguruan Tinggi ada 4 spesialisasi, yakni Manajemen Keunagan, Manajemen Pemasaran, Manajemen SDM, dan Manajemen Operasional. Untuk Manajemen Operasional hanya beberapa Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan.

Manajemen Keuangan

Seperti diketahui Manajemen Keungan mendasari kemampuan dalam mengatur keuangan perusahaan. Orang-orang yang memiliki spesialisasi Keuangan bertugas menganalisa laporan-laporan keuangan dari bagian Akuntansi di suatu perusahaan. Dari laporan ini, Orang-orang spesialisasi Keuangan dapat menganalisa Kesehatan Keuangan Perusahaan dan menetapkan strategi Keuangan. Spesialisasi ini dapat memproyeksikan peminatnya menjadi Manajer Keuangan

Manajemen Pemasaran

Orang-orang yang memiliki spesialisasi pemasaran dapat menganalisa riset-riset pemasaran dan teknis pemsaran itu sendiri, serta dapat menetapkan langkah apa yang akan diambil untuk dapat meningkatkan dan mempertahankan produknya, serta dapat menguasai pasar. Spesialisasi ini dapat memproyeksikan peminatnya menjadi Manajer Pemasaran

Manajemen SDM

Spesialisasi Manajemen SDM atau juga sering disebut Manajemen Personalia membekali para peminatnya dalam mengembangkan Litbang SDM di perusahaan. Orang-orang yang memiliki spesialisasi ini harus dapat mengembangkan produktivitas, pemberdayaan personalia, dan kepuasan kerja karyawannya. Spesialisasi ini dapat memproyeksikan peminatnya menjadi Manajer Personalia.

Manajemen Operasional

Spesialisasi Manajemen Operasional dapat membekali peminatnya handal dalam mengelola standarisasi mutu, gambaran proyek, serta perancangan dan pengembangan produk. Spesialisasi Manajemen Operasional di perguruan tinggi masih jarang dan hanya ditemui di Perguruan Tinggi yang besar saja.

Jadi, apa sudah mantap dan yakin untuk masuk jurusan Manajemen? Ucapkan Yakin dan Saya bisa!!


Sumber Gambar:

Share this:

111 comments :

  1. Ciee anak manajemen. Kalo saya kuliah di Fakultas Ekonomi akuntansi Universitas pancasila.
    Saya jg belajar MP, MO, MK Sm MSDM,
    So far,kuliah manajemen bagus tp jgn di sepelein juga.

    ReplyDelete
  2. Sekedar sharing aja,,,ane 5 tahun kerja di konsultan manajemen konstruksi. ane sangat enjoy. Pokoknya ilmu manajemen itu sangat berperan sekali dalam kehidupan sehari-hari ... siiipp lah :)

    ReplyDelete
  3. seru bro, pengalaman nya berguna banget waktu kita kerja

    ReplyDelete
  4. Gan, ane gak terlalu bakat dalam matematika..apakah saya bisa masuk manajemen?

    ReplyDelete
  5. Muzayyin hulaimi: bisa aja kok gan yg ga minat matematika, sambil jalan aja pasti nanti juga ngerti hitungannya.

    saya dulu di SMA ga ngerti statistika, tapi Alhamdulillah sambil berjalan'a waktu paham juga gan

    Ayoo jangan menyerah gan :)

    ReplyDelete
  6. Saya Bisa Tuh Masuk Manajemen :D

    Makasih mas Untuk Info Menarik Ini ^_^ Memberi Info Yang Bagus

    ReplyDelete
  7. Mau tanya..Saya dari stm otomotif kira" bisa ga ya saya masuk manajemen?

    ReplyDelete
  8. Asep Gon: bisa kok gan, tenang aja

    kalo untuk PTN kita bisa ikutan SBMPTN, tapi kalo PTS, ya biasa aja daftar aja gan

    Kalo di Manajemen kita belajar diawal lg kok

    ReplyDelete
  9. mini aminie

    kalau aq dari jurusan buasana bisa gak ya?

    ReplyDelete
  10. aisyah amini: bisa kok sis, kalo manajemen bisa menerima dr semua jurusan termasuk tata busana.. :)

    ReplyDelete
  11. Salam.. .numpang tanya...
    Ini kan sy masih mengikuti pendidikan kejar paket C.
    Apakah nanti ijazah saya bisa ntuk melanjutkan ke jurusan manajemen??,
    Terima kasih...

    ReplyDelete
  12. @Sevia:
    Kalo untuk beberapa PTS menerima Paket C mbak, terutama untuk jurusan Manajemen. Banyak kok mereka yg dari Paket C mendaftar di Perguruan Tinggi :)

    ReplyDelete
  13. Terima kasih admin..ats pencerahannya......
    Saya sgt pingin sekali menuntut ilmu hingga keperguruan tinggi...sebagaimana cita2 q sewaktu msh kecil...
    Sekali lg terima kasih ya Admin ats balasan n pencerahannya....
    Semoga amal baik mu d balas oleh Allah swt....Aamiin
    Dan harapan sy....Semoga ijazah sy nanti bisa d terima ntuk masuk ke perguruan tinggi ..Aamiin

    ReplyDelete
  14. Saya pingin ambil jurusan manajemen,tapi saya masih bingung di bidang apa,apalagi akutansi saya kurang bsa dan matematika saya sangat tidak mengerti

    ReplyDelete
  15. kalo manajemen ga dituntut dari orang yang sudah paham dengan ekonomi atau manajemen, tapi manajemen terbuka kok untuk semua lulusan slta, terutama untuk STM dan juga Kesehatan yang notabene ga belajar ekonomi sebelumnya.

    Tenang aja mas, jangan terlalu bingung, soal mau ambil spesialisasi apa nanti ditentukan di semester selanjutnya setelah mempelajari mata kuliah konsentrasinya.

    Saya yakin tidak ada yang susah bila kita mencoba, oya ketika kita masuk ke jurusan manajemen, kita akan belajar dari awal lagi materi-materi yang berkaitan dengan perkuliahan manajemen, jadi semuanya akan mudah memahami ilmu manajemen, termasuk matematika ekonomi bisnis dan juga akuntansi

    ReplyDelete
  16. .klo bhs inggris penting bgt g d manajemen Pak?? Soalnya bhs inggris sy sangat kurang bagus sekali...
    Terima kasih..!!

    ReplyDelete
  17. Min, saya mau tanya
    saya kan smk jurusan multimedia, dan saya inginkuliah ngambil jurusan manageman tapi saya ragu, karena saya belum ada gambaran tentang manageman

    ReplyDelete
  18. @sevia: kalo bahasa inggris, sepertinya semua prodi ga cuma manajemen saja yg perlu, apalagi menjelang 2015 ASEAN COMMUNITY, kalo menurut yang saya pernah alami di Jurusan Manajemen memang diajarkan Bahasa Inggris selama 4 Semester agar kemampuan bahasa inggris mahasiswanya dapat terlatih, selain itu juga dalam membekali keahlian bahasa inggris, beberapa Perguruan Tinggi menyelenggarakan Tes TOEFL atau TOEIC

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak.. ats balasan info nya...

      Delete
  19. @ulan: jurusan manajemen menerima dari semua lulusan SLTA kok mbak, termasuk Multimedia. Nanti dalam proses perkuliahan kita akan diajarkan dari awal lagi mengenai manajemen.

    Mata Kuliah yang dasar diajarkan di Manajemen ialah seperti Pengantar Manajemen, Pengantar Bisnis, Ekonomi Mikro dan Makro, dll

    Jadi bagi lulusan Multimedia seperti mbak, bisa lebih memahami materi manajemen dari akarnya

    ReplyDelete
  20. lusy priska jenestiMay 2, 2014 at 2:39 AM

    Saya mau nanya min,
    Klau ngambil spesialisasi tu semester berapa?
    Aku pengen kerja di perusahaan ekspor impor, harus ngambil spesialisasi nya apa?

    ReplyDelete
  21. Lusy Priska:
    Untuk spesialisasi bergantung pada masing-masing Perguruan Tinggi, ada yang memulai dari semester 5, ada juga yg dari sm 3, bahkan ada juga yang memulai dari semseter 2

    Untuk Perusahan Ekspor Impor semua Spesialisasi Manajemen dibutuhkan, Keuangan banyak dibutuhkan dalam transaksi keuangan, Pemasraan dibutuhkan dalam menganalisis segmen pasar dan terget ekspor, serta SDM dibutuhkan dalam pengaturan tenaga kerja

    ReplyDelete
  22. Rencana saya mau kuliah tahun ini dan minat dengan Manajemen tapi masih kurang pede karena sudah 7tahun yg lalu lulus SMA. Susah ga untuk bisa ambil jurusan manajemen?

    ReplyDelete
  23. Nice info gan..
    Makasih bnyak..
    Saya jadi optimis lagi untk kuliah manajemen..
    Sblm nya saya pesimis krna saya dri jurusan ipa..
    Tpi udah bca penjelasan nya , buat saya optimis lagi :)
    makasih bnyak ya gan..

    ReplyDelete
  24. ass gan. ane mau nanya nih kalo buat test sbmptn yang di ujikan materinya apa ya? terimakasih.

    ReplyDelete
  25. Min kalo di manajemen, matematika sama akuntansinya rumit" ga? Soalnya aku kurang di hitunghitungan..

    ReplyDelete
  26. @Athena Chan: Jurusan di Perguruan tinggi itu tidak menilai dr berapa lama dia lulus, jadi mau berapa pun lama'a tetp masih diterima untuk kuliah, bahkan dulu syaa pernah menemui Bapak" lulusan tahun 1988 mau berkuliah di tahun 2012 lalu. Jadi ga masalah mbak :D

    @Wina: semoga bermanfaat ya :D Jurusan IPA bisa kok mbak, malah lebih dominan untuk beberapa Perguruan Tinggi.

    @Syafiq: kalo secara umum yg diujikan ialah:
    Hari Pertama: TPA dan Tes Dasar Umum
    Hari Kedua: Materi Saintek dan Soshum

    Untuk Materi Ekonomi kalo tidak salah akan berhubungan dengan Mikro-Makroekonomi, Kebijakan Ekonomi, Akuntansi, dll

    @tanty: jangan terlalu khawatir gan, pada dasarnya perhitungan di FE itu tidak seperti di Sains atau Eksaksyang ribet sama rumus, namun perhitungan di FE itu lebih banyak pada analisis, jadi untuk susah atau ga'a sobat sendiri yang bisa menilai'a :D

    ReplyDelete

  27. Aku mau tanya gan banyak org blang kalau manajement itu udah bnyak lulusan nya jadi susah utk cari kerja

    ReplyDelete

  28. @yanti: memang banyak yg bilang kaya gitu mbak, tapi itu kembali pada diri kita aja mbak. Sarjana merupakan sebuah prasyarat yang paling banyak dibutuhkan, walaupun di perusahaan satu ditolak kan masih banyak perusahaan yang membutuhkan, tapi memang yang penting dibarengi juga dengan keahlian lainnya agar mempunyai nilai jual dalam lamaran kerja. :D

    Jadi jangan takut sama omongan orang yang ngomong seperti itu. Yang penting maju aja lah.

    ReplyDelete
  29. Aku mau tnya, aku kan baru nyambil jurusan manajemen trus klo buat tes masuk nya yg di pelajari apa aja ya?

    ReplyDelete
  30. AKu mau tanya,yg dipelajari di manajemen keuangan apa saja ya? Harus mahir dalam hitung2an ya? Dan apa ada kemampuan dasar yg harus dimiliki untuk masuk jurusan manajemen keuangan?
    Tolong dijawab ya..terimakasih.

    ReplyDelete
  31. Emmy: Di Manajemen Keuangan ga terlepas dari akuntansi, cuma beda'a kalo manajemen keuangan itu menganalisa hasil dr akuntansi, misalnya seperti analisis Profitabilitas (Tingkat Pendapatan Laba), alat analisis'a pasti Laporan Keuangan yang dibuat oleh orang akuntansi.

    Untuk masalah hitung"an, di manajemen keuangan memmang banyak rumus'a tapi jangan keder loh sama rumus'a, inti'a sama aja kok, seiring waktu pasti bisa kok.

    Dasar'a nanti akan dapat di Matematika Ekonomi dan Keuangan.

    ReplyDelete
  32. Kak, saya SMA kls 12 jurusan IPA. saya minat di manajemen nanti kuliahnya. Apa jurusan IPA bisa berpeluang untuk masuk di manajemen?

    ReplyDelete
  33. Dinda:
    Semua jurusan di SMA apada umumnya berpeluang gan, nanti mau ambil di PTN atau PTS, jika mau ambil di PTN coba masuk ke kelompok SOSHUM atau kalo ga IPC. Nanti Ujiannya akan ditambah dengan pelajaran IPS.

    Kalo mau ambil di PTS bisa langsung daftar saja lalu ikuti Tes Seleksinya kok.

    Banyak lulusan IPA yang 'nyerong' ke manajemen, malah sekarang sudah banyak yg jadi Manajer

    ReplyDelete
  34. kalau kuliah di universitas management nanti sudah lulus bisa jadi apa ?

    ReplyDelete
  35. anonymous:
    prospek karier jurusan manajemen itu luas gan. jurusan manajemen dapat diproyeksikan sebagai staff dalam bidang tertentu, misal keuangan, pemasaran, dll bahkan ada juga yang diproyeksikan sebagai manajer. Keren ga tuh gan :D

    Selain itu juga jurusan manajemen juga bisa punya peluang untuk membuka usaha sendiri, secara ilmu usaha sudah didapatkan di perkuliahan.

    ReplyDelete
  36. saya mau nanya nih kak, rencananya saya kan mau ngabil jurusan manajemen di pts. trus kan di tes seleksi
    nah, kira2 soal yg keluar pada saat tes seleksi itu seperti apa ya?
    terima kasih^^

    ReplyDelete
  37. Permisi kak, saya siswa SMK jurusan akuntansi. Saya mau tanya tntang tes yg diujikan H.pertama TPA & Tes Dasar Umum, dan H.kedua Saintek & Soshum. Itu materinya gimana si? Trus juga, apa materi yg diujikan PT itu banyak materi dr SMAnya ktimbang SMK?

    ReplyDelete
  38. desy: untuk di PTS, materi yg diujikan ga terlepas dari materi" seperti matematika atau bahasa inggris, tapi ada beberapa kampus yang mengujikan materi IPA atau IPS.

    @afiya: untuk materi TPA itu seperti Tes Logika, Premis kesmipulan, dan tes angka
    jika ingin tahu lebih jauh bisa lihat di:
    http://ikubarunovryan.blogspot.com/search/label/Pendidikan
    disana ada beberapa materi TPA

    untuk TKDU yang diujikan ialah Matematika Dasar, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

    Untuk tes SAINTEK atau SOSHUM yang dijuikan ilaha materi jurusan SMA'a, seperti Fisika, Kimia, dll

    Untuk seberapa besar soal'a memang lebih banyak soal yg diujikan ialah berasal dr Materi SMA

    ReplyDelete
  39. Mas saya ini dari jurusan IPA tetapi tertarik masuk manajemen, tapi saya tidak begitu mengerti ekonomi. Terutama pembukuan. Apakah di manajemen ada pembukuan? Apakah saya masih bisa masuk manajemen?

    ReplyDelete
  40. @anonim: untuk jursan manajemen kita akan belajar dari awal lagi kok, tenang aja bagi yg lulusan IPA atau STM pasti bisa mengikuti. Untuk Pembukuan seperti apa ya? Maksudnya akuntansi gt?

    jika iya, di manajemen akan belajar juga akuntansi, sama kita akan belajar dr awal lg jadi semua'a bisa mengikuti :D

    Terimakasih telah berkunjung

    ReplyDelete
  41. Aku mau tanya dong, admin sendiri kuliahnya dimana? Trs skrng semester brp/sudah lulus? Itu wajib bgt ya 4 semester pake b.inggris? Aku gk bisa2 amat b.inggris:( gimana dong, salah gk ambil manajemen?

    ReplyDelete
  42. NOVI: Saya Kuliah di jurusan Manajemen di STIE Manajemen Bisnis Indonesia sudah semester V sekarang

    Maksud'a 4 semster wajib pake bahasa inggris itu apa ya? mungkin yang dimaksud bahasa pengantar'a pake bahasa inggris ya? hehe

    ga kok, memang ada sih beberapa kampus yang pakai pengatar'a bahasa inggris, tapi itu hanya untuk mata kuliah tertentu doank, dan ga semua kampus gitu, itu hanya sebagian kecil'a

    soal bahasa inggris ga usah takut, di perkuliahan nanti akan diajarkan kok bahasa inggris bisnis, dan dijamin suasana'a beda dengan belajar bahasa inggris di SMA, pasti cepet ngerti deh

    ReplyDelete
  43. Kak mau tanya, lulusan Manajemen apa bisa buat melamar kerja di bank,...? Mksih

    ReplyDelete
  44. Kalo perusahaan yg menerima jurusan manajemen perusahaan apa aja ya?

    ReplyDelete
  45. @Ika: Jurusan Manajemen sangat bisa bekerja di bank, malah diutamakan sob terutama untuk Konsentrasi Manajemen Keungan. Mayoritas Karyawan Perbankan ialah lulusan dari Jurusan Manajemen.

    Untuk mendukung skill di perbankan di Jurusan Manajemen itu ada Mata Kuliah Bank dan Lembaga Keuangan (BLKL)

    ReplyDelete
  46. @anonymous:
    Setiap Perusahaan mau yg kecil atau yg gede semua butuh lulusan manajemen, so jangan takut ga kebagian posisi hehe

    ReplyDelete
  47. kak saya mau tanya nih. Kalo masuk fakultas manajemen bisa dapat pekerjaan yang seperti apa ya ? kira kira Posisi nya sebagai apa ? dan apakah menjanjikan untuk masa depan ?

    ReplyDelete
  48. Jurusan manajemen terbaik ada di universitas negeri indo mana? Diurutkan dong sampe 10 besar. Thanks before

    ReplyDelete
  49. Saya intan . Kalo masuk management lebih bagus masuk SMA IPS / SMK akuntansi ya ?

    ReplyDelete
  50. Aku pengen masuk unj dengan jurusan management. Tapi cita-citaku pns. Bisa nggaksih jurusan management jadi pns? Soalnya aku ngak tahu-menahu :-D

    ReplyDelete
  51. @Handika: Biasanya lulusan manajemen ditempatkan sebagai staff, poaling banyak di staff HRD, Satff Produksi, analis pemasaran, analis perencanaan produksi, dan lain-lain.

    Ga hanya itu saja, tapi juga bisa membuka usaha sendiri, pasti jadi boss bro :D

    #IKUBARU'S BLOGZIA ADMIN

    ReplyDelete
  52. @anonymous 1: saya kurang update tnetang hal itu. Tapi menurut saya kuliah manajemen dimana saja sama saja kok, yang penting tergantung kitanya mengikuti perkuliahan, perkuliahan ga sepenuhnya mencetak output tapi diri kita yang menciptakan output itu.

    Ngerti kan gan :D

    ReplyDelete
  53. @anonymous 2: semua'a juga bagus, tapi secara konsep memang IPS atau SMK, tapi secara hitung"an bagus juga SMA :D

    mana aja ok gan, yang penting bisa ngikutin :)

    #IKUBARU'S BLOGZIA ADMIN

    ReplyDelete
  54. @ERY: bisa banget mbak, semua kementrian menerima jurusan manajemen, kebanyakan pns dr jur. manajemen ditempatkan sebagai analis kinerja dan HRD di kementrian

    untuk pns daerah banyak kok lowongan yg mengutamakan jurusan manajemen :)

    #IKUBARU'S BLOGZIA ADMIN

    ReplyDelete
  55. KALAU KULIAH MANAJEMEN ADA GG SORE HARI YHA.
    TERIMAKASI

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok sekarang banyak Kampus yg menyelenggarakan perkuliahan reguler malem, biasanya mulai jam 5 atau stengah 7 :)

      Delete
  56. Jadi mantep mau masuk manajemen ni, mksh kak infony. Tp saya msh takut krna niali ekonomi di rapot saya tdk terlalu bagus, pdhl saya pngenny masuk lwt jalur SNMPTN kak

    ReplyDelete
  57. Saya lulusan d3 kearsipan undip. Ingin lanjut kuliah s1 manajemen. Apakah bisa yaa?

    ReplyDelete
  58. Min menurut mimim mending ambil s1 manajemen atau d4? Soalnya sy searching ktnya sarjana banyakan teori sedangkan diploma praktek. Tapi saya masih takut dipandang sebelah mata sama perusahaan krn sy ambil d4 pdhl setara d4 dengan s1
    Mohon jwbnya trims๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang'a D4 prodi apa sob :)
      ya memang diploma memang banyak praktek'a
      perusahaan ga mandang sebelah mata kok, asal kamu buktikan aja kamu lebih unggul :)

      Delete
  59. saya skarang kelas3 pengen kerja di kant0r ,bAnk saya harus ambil jurusan apa ya.
    n apa beDanya managemen n admin perkant0ran,saya skarang jurusan multimeDia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di bank kebanyakan memang ambil manajemen atau akuntansi, tapi ga menutup untuk jurusan lain loh, banyak kok lulusan teknik geologi atau perminyakan masuk ke bank sebagai analis kredit migas
      atau juga banyak lulusan semisal IPB yang masuk ke perbankan :D

      Delete
  60. Ass. Min saya smk jurusan administrasi perkantoran apakah cocok masuk manajemen, saya ragu karena jurusan manajemen jurusan favorite ntar banyak saingan, kan katnya manajemen masih terbagi ada manajemen kuangan,pemasaran dll, kalau hanya manajemen itu gimana min prospek kerjanya? Mohon saranya terimakasih;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. -anak AP itu peluang masuk manajemen itu tinggi, soal'a relevan dg jurusan SMK
      -ya manajemen itu terbagi menjadi 4 konsentrasi, dan konsentrasi ini akan diambil pada semseter 3 atau 4 tergantung kampusnya
      -kalo prospek jurusan manajemen itu luas bisa menjadi staff administrasi di perusahaan, wirausahawan, analis sistem manajemen, dll
      intinya bisa jadi apa saja
      tenang selama masih perusahaan berdiri, disitulah peran orang manajemen ada

      untuk jurusan manajemen di PTN memang paling ketat di bandingkan dg jurusan lain, usahakan janagn ada nilai yg turun ya :D

      Delete
  61. Maaf min, punya bahan materi/contoh soal masuk universitas untuk jurusan management ga.?
    Soalnya saya dari jurusan ipa dan llus 2thn lalu
    Terimakasih

    ReplyDelete
  62. Permisi mau tanyaaa... Klo misalkan ingin menjadi General Manager, pilih management bagian mana yah? Tolong jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo jadi manajer, mau itu GM, atau manajer khusus bisa ambil manajemen konsentrasi apa saja sob
      semua bisa jadi manajer, yg penting kualitas pribadi dan kompetensi masing" aja

      Delete
  63. Klo jurusan manajemen ingin menjadi Law Manager, Middle Manager sampai Top Manager, pilih Manajemen bagian apa yah ka? Tolong jawab makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua tingkatan manajemen bisa kok berasal dr manajamen apa saja, tergantung bagiannya :)

      Delete
  64. ka aku klz 3 smk jurusan marketing
    saya niatnya mau lanjut kuliah jurusan manajemen juga ka,,,
    tpi saya mau jdi guruka ,, dan saya juga suka ips
    misalkan saya ambil manajemen apa saya bisa jdi guru juga ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok sob, banyak kok guru smk yg berasal dr manajemen
      teman bapak saya dia lulusan manajemen keuangan sekarang jd guru :)

      Delete
  65. Kak,saya kan sedang di smk jurusan adm.perkantoran. Nah saya mau tanya,klo lulusan adm kantor cocoknya masuk jurusan manajemen apa? Terus pelajarannya kebanyakan teori atau menghitung?
    Terimakasih:)

    ReplyDelete
  66. ka mau nanya dong, kalo mau ambil Manajemen itu hitung hitungannya susah seperti di pelajaran SMA engga ya ?
    dan point apa saja yang sangat penting agar menjadi Manajemen yang baik ? terimakasih ka mohon dijawab :D

    ReplyDelete
  67. Saya mau tanya, saya kelas 12 jurusan mesin, minat jg ke manajemen, kalau mau daftar ke universitas jurusan manajemen daftar nya lewat jalur mana?


    Rsvp

    ReplyDelete
  68. Sedikit mau curhat ni ..
    saya kan SMA jurusan IPA terus saya pengen kuliah di jurusan menejemen tpi saya belom memahami matematika n ekonomi jadi saya punya rencana mau les selama sbelum lulus tahun ini..
    itu gimna ya enaknya? :)

    ReplyDelete
  69. Lagi iseng2 nyari artikel jurusan manajemen itu kayak apa sih, eh nemu artikel ini,
    makasih lho kak pencerahannya, jadi yakin nih mau ambil manajemen,
    walo masih rada gk pede juga sih, aku lulus 2012 baru mau ambil kuliahnya taun depanmaunya taun ini tp telat kayaknya hehehe

    ReplyDelete
  70. Hal yg hrs dipelajari & dikuasai biar bsa masuk manajemen & siap bljr d manajement ap ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk PTN kamu harus kuasai materi-materi SBMPTN Soshum sob, karena manajemen itu masuk ke soshum, kecuali di IPB, manajemen masuk ke Saintek
      kalo untuk PTS kamu cuma harus mempelajari materi untuk seleksi saja kok

      Delete
  71. Terima ksh ,, jadi minat kuliyah ambil jurusan manajemen,, mw nnya apa kah sama jurusan manajemen dan akutansi bisnis ,, dan apakah selamanya akuntansi bisni kerja di bank??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama
      pada intinya ada yg membuat sama tapi ada juga yg membedakan
      kesamaannya ialah banyak mengkaji tentang keuangan, bisa kita lihat di manajemen keuangan atau akuntansi keuangan
      nah perbedaannya, manajemne tak melulu mengkaji tentang keuangan, tai juga ttg pemasaran, sumberdaya manusia, dna produksi
      kalau akuntansi banyak berbasis pada keuangan, cuma kadang difokuskan pula pada auditing, akuntansi pemerintah dan sektor publik, atau juga akuntansi perpajakan

      pertanyaan yg kedua, apakah selamanya kerja di bank?
      tidak juga, banyak lulusan akuntansi yang bekerja sebagai Akuntan, auditor di berbagai instansi seperti di perusahaan, BPK, atau kantor akuntan.
      Jika ingin lebih tahu mengenai akuntansi bisa simak di artikel akuntansi di label atas :D

      Terimakasih telah berkunjung

      Delete
  72. Ka mhon pencerahan nya.saya pngen kuliah tapi bingung jurusan management atau akutansi.apa kaka bisa jelaskan apa beda management & akutansi?.saya juga kurang memahami komputer apa bisa saya masuk slhstu jurusan ini,ini adalah kendala saya tidak bisa komputer pdhl saya plg suka hitung menghitung.trimkasih kak mhon pncerahan nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo perbedaannya manajemen lebih fokus pada bidang bisnis kewirausahaan termausk pada keuangan juga, nah kalo akuntansi itu lebih fokus ke keuangan saja tapi prospeknya tidak hanya di perusahaan saja, tapi bisa juga jadi auditor, akuntan, dll
      untuk lebih jelasnya simak saja review akuntansi diatas :D

      nah kalo masalah komputer kamu akan belajar dari awal lagi kok sambil kamu ngelancarin aja :D
      yang ga bisa dimananya? klo manajemen dan akuntansi itu main di ms office dan juga software lain seperti MYOB untuk akuntansi

      Delete
  73. Ka akuntansi dan matematika ekonomi dijurusan manajemen bakal belajar sampai semester berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sampai semester II saja, oya itu pengantra akuntansi ya, bukan akuntansi manajemen (akmen) dan akuntansi biaya (akbi)
      Akmen dan akbi itu diajarkan pada tingkat II ya sob

      Delete
  74. Maaf mau nanya, saya tahun ini akan kuliah jurusan manajemen keuangan dan mau tanya .. KKN di jurusan manajemen sperti apa ya min ?

    ReplyDelete
  75. Di S1 Manajemen itu ga ada KKN sob,kecuali untuk D3 baru ada KKN nya
    kalo kelas diploma itu lebih banyak di perbankan atau lembaga keuangan

    ReplyDelete
  76. Misi nih gan, ane mau tanya... kalo di sbmptn itu buat yang milih manajemen ada spesialisasi mapel yg diujikan nggak ya gan? Atau semua sbmptn itu yg di ujikan mapelnya sama? Makasih gan

    Oh iya, thanks gan atas postingannya. Ane jadi semakin tertarik sama manajemen.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo manajemen itu masuk SOSHUM, maka kamu harus banyak belajar mengenai pelajaran SOSHUM, semisal Ekonomi utamanya, Sosiologi, Geografi, dan juga Sejarah :)
      semoga membantu ya :)

      Delete
  77. gan,saya mau tanya.rencana saya tahun ini mau kuliah manajemen .saya lulusan smk jrusan akuntansi.msih bngung antara manajemen keuangan atau bisnis?
    lalu saya kan sambil bkerja ,gmna ya apa ada universitas yang bisa menyesuaikan dengan jam kerja saya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. manajemen sama bisnis kan sama aja sob :D cuma yg membedakan itu nanti di konsentrasinya :D kalo bisnis ada yg lebih menjurus ke kewirausahaan, tapi initinya sama aja sih (ada keuangan, pemasaran, SDM, dan operasional)

      banyak kok universitas yg buka kelas karyawan, cari aja dideket kotamu, dijamin banyak kok

      Delete
  78. tahun ini saya mau kuliah manajemen.tolong dong ksih gmbaran kalo untuk pts mapel yang di ujikan apa saja ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. umumnya sih yg diujikan seputar Matematika, IPS/IPA, Bahasa Inggris itu aja klao di PTS
      tapi tiap PTS beda", kadang ditambahin dg tes lain :D
      tapi pada umunnya sih cuma itu aja sob

      Delete
  79. Ka..kl mw masuk manajemen di ptn hrs lwt sbmptn atau gmna sih?lwt jalur mandiri bisa ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manajemen bisa lewat jalur apa aja kok, dr SNMPTN bisa, SBMPTN juga bisa dan Mandiri juga bisa :D

      Delete
  80. saya dari madrasah , jurusan bahasa, apa bisa masuk magajemen

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok, asal kamu harus serius ya nanti di jurusan manajemen, soalnya banyak analisis yg memakai hitung"an :)

      Delete
  81. aku mau nyanya..
    aku skrng di SMK baru kls 10 sih
    rencananya InsaAllah mau kuliah dlu baru kerja.
    jurusan di SMK aku ini Administrasi Perkantoran, bisa masuk ke Fakultan Manajemen kan ka?
    (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa kok klo dr AP malah itu jurusan yg relevan dg jurusan manajemen

      Nah klo kuliah sambil kerja kamu bisa ambil kelas karyawan sob :)

      Delete
    2. Bisa kok klo dr AP malah itu jurusan yg relevan dg jurusan manajemen

      Nah klo kuliah sambil kerja kamu bisa ambil kelas karyawan sob :)

      Delete
  82. Saya mau tanya, untuk memilih spesialisasi manajemen itu bisa ambil kempatnya atau hanya memilih satu saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hanya satu saja, misalkan kamu minat ke keuangan, ya kamu hanya ambil manajemen keuangan saja
      soalnya nanti ini buat tugas ksripsi mu sob :)

      Delete
  83. permisi kak . kalau masuk manajemen itu apa banyak persyaratannya dan seleksi"yang rumit kak .? takutnya nanti saya lupa semua pelajaran di sma dulu karena sekarang saya masih kerja . terima kasih ๐Ÿ˜Š

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga kok, untuk kamu mending ambil kelas karyawan sob :D
      klo di manajemne bakalan belajar dr awal lg kok, jadi walaupun udah lupa dg pelajaran SMA pasti bakal diulang lg dr awal :D

      Delete
  84. saya mau tanya nh gan,saya mahasiswa stie management semester 5 saya baru bekerja 2 bulan di suatu perusahaan Engineering manjadi adminstrasi marketing...karena di semester 5 management kejuruan nya belum di tentukan kira2 apa yang cocok jurusan management yang nanti saya ambil??keuangan kah atau pemasaran kah atau yang lain?mkasih gan




    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut mas yg paling condong ke mana keuangan kah atau pemasaran?
      kalo bisa ngejlimet analisis hitungan mending ambil keuangan
      kalo bisa menganalisis statistik penelitain dan paham materi pemasarannya mending pemasaran

      tapi kalo dilihat dari pekerjaannya, kenapa terusin di pemasaran aja :D

      Delete
  85. saya mau tanya gan prodi managemen itu ada berapa mata kuliah sih? dan dalam satu semester minimal berapa mata kuliah dan masimal berapa? rnacananya saya mau daftar di universitas terbuka di kota saya.saya mau ambil jurusan managemen? mohon pencerahanya gan.

    ReplyDelete
  86. =====================KOMENTAR DITUTUP KARENA OVERLOAD============================
    Jika sobat mau bertanya detail menegnai Jurusan yg ada di Fakultas Ekonomi terutama Manajemen
    Sobat Klik Nickname kami diatas
    Terimakasih

    ReplyDelete
  87. Mw nnyak kak. Aku msh kelas X sarannya klok mau masuk fakultas manejamen ambil ips kan kak??

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes