BREAKING NEWS
Showing posts with label Motivasi. Show all posts
Showing posts with label Motivasi. Show all posts

Friday, May 8, 2015

FENOMENA PACARAN DIBAWAH UMUR, SALAH SIAPA?

Ikubaru's Blogzia-Cinta, pada saat ini bukanlah hanya dimiliki oleh orang dewasa saja, namun para remaja juga sudah banyak yang mengerti akan hal ini. Kisah cinta pada saat ini memang jauh berbeda dengan masa-masa remaja tahun 70 atau 90'an dimana masih mengandalkan surat cinta. Pada saat ini setiap orang bisa mengekspresikan cintanya dengan perangkat teknologi yang ada.


Namun dibalik kisah cinta pada saat ini terselip fakta yang sangat membuat hati pilu, ya bagaimana sekarang cinta bukan hanya dimiliki oleh para remaja lanjut dan orang dewasa saja, namun pada saat ini cinta juga dimiliki oleh ANAK KECIL.

Bagaimana bisa dan siapa saja yang tergolong sebagai anak kecil yang sudah mengenal cinta? Pada saat ini  Anak SD sekitar umur 8-12 tahun sudah banyak yang mengharapkan berpacaran layaknya orang dewasa yang menjalin kasih. Tidak hanya anak SD saja, anak SMP tanggung juga pada saat ini lebih tertarik untuk berpacaran.

Jika dibandingkan, Anak SMP dahulu yang masih mengenal "Cinta Monyet" dimana kita hanya sekedar suka dengan lawan jenis, memberi perhatian yang lebih, dan juga hanya menjalin kasih dengan seribu cerita, namun beda pada saat ini Cinta Monyet bukan lagi bermakna seperti dulu, namun lebih pada sebagai pasangan bahkan sebagai eksploitasi (dimana hal ini merupakan hubungan setelah nikah).

Fenomena yang dari kemarin membuat hati pilu yakni banyak beredar pula foto-foto pacaran anak SD dan gaya dewasa para anak SD, ditambah lagi akhir-akhir ini ada fenomena cabe-cabean yang kebanyakan ialah anak-anak dibawah umur (SD tingkat akhir dan SMP tanggung). 

Mengenai fenomena ini, Admin banyak temui hal ini di salah satu grup di Facebook dimana para member-nya mempromosikan dirinya untuk mencari pacar. Jika dilihat grup ini sama seperti mak comblang, namun yang membuat miris ialah mayoritas member yang mempromosikan ialah anak SMP bahkan ada sesekali yang mempromosikan ialah anak SD.

Jika hanya mencari teman rasanya tidak jadi masalah, namun ialah mempromosikan dirinya untuk mencari pacar. Bagaimana menurut Anda dengan fenomena ini? Berikut beberapa kiriman yang Admin dapat dari grup tersebut:






Dari beberapa kiriman memang ada yang mencantumkan foto yang terlihat masih kecil. Pertanyaannya, apakah mereka hanya sekedar mencari teman ataukah malah mencari pasangan, walau hanya have fun tapi inilah realita kisah cinta remaja dan anak kecil.


APA SIH PENYEBABNYA?

Ada beberapa penyebab yang menjadikan banyak fenomena cinta dibawah umur ini, berikut penyebabnya:

TONTONAN YANG TIDAK SESUAI SEGMEN PEMIRSANYA


Pada saat ini banyak tontonan yang bisa dibilang tidak tepat dengan pemirsanya. Banyak adegan cinta yang malah menjurus pada percintaan orang dewasa. Selain itu juga jam tayang dimana masih banyak anak-anak yang menonton TV. Selain itu minimnya tayangan yang baik untuk anak-anak dan remaja mendorong banyaknya fenomena ini.

Pada tahun 2000-an tontonan masih dianggap bermutu dimana segmen untuk anak-anak masih didominasi oleh kartun sedangkan untuk remaja lebih pada teenlit dan kisah cinta monyet. Selain itu sinetron yang tayang pada era 2000-an masih bercerita tentang kehidupan orang dewasa yang mapan dan minim adegan yang bisa ditiru oleh anak-anak.


PERAN ORANGTUA YANG SANGAT MINIM



Inilah yang menjadi penyebab utama mengapa banyak terjadi pacaran dibawah umur. Peran dan pengawasan orang tua sudah mulai longgar bahkan yang lebih parah justru merestui anaknya untuk berpergian pada malam hari yang alsannya main bersama teman lelakinya.

Padahal orangtua mempunyai peran besar dalam membentuk pribadi anaknya dna juga mengarahkan yang terbaik bagi anaknya. Jika anak-anak sudah diberi kebebasan yang sebenarnya belum waktunya, bagaimana dengan pribadi anak kedepannya.

Dalam hal berpacaran pada usia dini, memang seringkali orangtua menganggap itu hal yang umum karena banyak orangtua yang melepaskan anaknya pada tren yang berkembang dengan pengawasan yang sebenarnya minim dari mereka. 

Ada pendapat yang mengatakan mengapa anak-anak pada saat ini tidak seperti anak dahulu? karena orangtua pada saat ini lebih berpikir "tidak mau anaknya seperti mereka dulu yang dididik keras dan harusnya lebih memberi perhatian, yakni dengan memanjakannya". Akibatnya anak-anak yang dimanja lebih bersifat membrontak ketika dirinya dididik keras oleh orang tuanya.


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI YANG TIDAK DIAWASI



Perkembangan teknologi ikut berperan dalam fenomena ini. Pada saat ini anak mana yang tidak mempunyai perangkat elektronik seperti smartphone. Dengan diberikannya smartphone pada anak (dengan kepemilikan pribadinya, bukan dipinjamkan oleh orangtua) justru akan membentuk anak membuat suatu privasi yang tidak mau diketahui oleh orangtuanya.

Privasi ini bisa berupa komunikasi dengan lawan jenis yang lebih dari sebuah persahabatan bahkan ada pula file tertentu yang sengaja disimpan dalam smartphone mereka. Untuk itulah peran orangtua juga skali lagi penting dalam mengawasi perkembangan anaknya, dalam hal ini penggunaan teknologi oleh anaknya. (Namun pengawasan ini  bukan berarti overprotective)

Namun yang menjadi masalah dalam hal ini juga pengetahuan orang tua pada teknologi juga minim, sehingga pengawasan teknologi pada anak-anak mereka menjadi tidak dapat dilakukan. Sehingga terkadang orang tua bersifat acuh (yang penting anak gue bisa jaga diri aja). Padahal pengawasan ini mutlak bukan hanya orang tua dalam hal ini ayah atau ibu, namun saudara nya pun ikut mengawasi.


GAYA HIDUP PERKOTAAN

Fenomena pacaran dibawah umur banyak terjadi didaerah perkotaan dimana akses dan gaya hidup anak-anak lebih condong pada kehidupan hedonistik, yakni lebih mementingkan kesenangan dan kepuasan pribadinya. Badingkan dengan kehidupan pra-remaja di beberapa daerah luar yang masih memegang norma dan nilai dalam kehidupannya.


Itulah beberapa penyebab fenomena anak-anak dibawah umur umumnya berpacaran. Padahal jika dilihat dari sisi umur memang belum pantas, karena belum ada kematangan dalam berpikir dan bersikap. Memang memasuki masa remaja mulai tumbuh rasa suka pada lawan jenis, namun yang perlu diingat ialah bagaimana perilaku dalam menghadapi lawan jenis itu, jangan sampai anak-anak pra remaja ini berperilaku layaknya orang dewasa.

Terima kasih telah menyimak, mohon maaf apabila ada kesalahan kata dan kalimat dalam penulisan artikel ini. Tetap terus menyimak Ikubaru's Blogzia.


Batasan:
Anak-anak atau remaja tanggung dalam artikel ini ialah anak-anak berumur 8-13 tahun (anak SD hingga SMP kelas 2) dimana masih mengalami masa labil dalam kehidupannya akibat perubahan dari masa kanak-kanak ke masa remaja.


Keywords:
Anak SD Pacaran, Cabe-cabean nongkrong, pacaran SD, SMP pacaran, SMP berduaan, Anak SD jaman sekarang, Pacaran berdua, SMP mesum, SMP pacaran ketahuan, anak SD cari pacar, Satus pacaran anak SD, Peran orang tua dalam perkembangan anak, anak SD gandengan tangan, cabe-cabean nongkrong,  bahaya pacaran, pacaran diatas motor, anak remaja, SMP SMA, SD pacaran.

Tuesday, March 10, 2015

ADAMSAINS, BLOG PSIKOLOGI DAN MOTIVASI REMAJA TERKEMUKA

Kalian sedang galau dan bingung tentang kehidupan kalian. Ya.. Memang pada masa remaja kita sering dihadapi permasalahan yang tisak pernah kita alami sebelumnya di masa kanak-kanak. Pada masa remaja kita harus berlatih untuk menjadi pribadi yang dewasa. Banyak permasalahan yang timbul pada masa remaja, seperti kita mulai merasakan apa yang dinamakan 'Jatuh Cinta', masalah belajar atau juga kita mulai memperhatikan penampilan kita.


Kita sering kali membandingkan diri kita dengan teman sebaya kita, tapi terkadang kita merasa tidak PeDe, karena teman sebaya kita anggap 'lebih' dibandingkan kita. Seringkali pula kita menjadi mudah rapuh karena ke-Tidak PeDe-an kita membandingkan dengan teman kita yang kita anggap lebih. Untuk itulah, peran Psikologi atau Konseling Remaja untuk memotivasi para Remaja untuk selalu Percaya Diri.

Mungkin sobat sering mendapatkan motivasi dari beberapa pihak, salah satunya dari keluarga atau guru BP/BK di sekolah mengenai maslah remaja. Mereka selalu memberikan solusi dan motivasi apa yang sedang kita alami di masa-masa remaja seperti sekarang ini. Selain dari keluarga dan guru BP/BK, sobat dapat mencari informasi masalah keremajaan di Internet.

Di Internet ada bnayak situs yang mengupas tentang masalah remaja, salah satunya yang cocok buat kalian ialah ADAMSAINS.US. Apa sih itu ADAMSAINS.US?


ADAMSAINS.US merupakan salah satu blog yang membahas mengenai masalah Psikologi Remaja dan Motivasi khusus untuk remaja. ADAMSAINS.US pertama kali terbit pada 25 Juli 2011, dengan artikel Hitam Putih dalam Menulis. Didalam blog ini juga banyak pembahasan tentang psikologi remaja loh, seperti:
  1. Psikologi Cinta
  2. Psikologi Kepribadian
  3. Psikologi Belajar
Selain dari pembahasan psikologi remaja, ada juga pembahasan psikologi lain seperti Psikologi Komunikasi, Piskologi Bisnis, Psikologi Wanita, Psikologi Agama, Psikologi Wanita, dan Psikologi Kehidupan. Wahh.. menarik bukan sob banyak pembahasan tentang psikologi.
Di  ADAMSAINS.US tidak hanya ada artikel yang banyak mengupas tentang masalah keremajaan, tapi ternyata ada juga loh E-Book yang membahas tentang kehidupan. Kalian bisa Download E-Book secara GRATIS.. TISS.. TISS..

Saya sudah menyimak isi E-Booknya, isinya memang bagus loh, ada kajian tentang Matematika Sedekah, Hikmah Memandangi Langit, Kajian Bunuh Diri, dan masih banyak lagi. Oya.. selain ada E-Book, ADAMSAINS.US juga menyediakan buku loh yang banyak membahas tentang FENOMENA REMAJA. Untuk harga bukunya relatif murah sob tidak memberatkan kantong.


REVIEW TAMPILAN ADAMSAINS.US

Bagi kalian yang sudah sering berkunjung ke ADAMSAINS.US pasti tidak asing lagi dengan blog ini. Blog ADAMSAINS.US ini memiliki tampilan yang membuat kalian betah berlama-lama di blog ini. Tampilan Blog ini memakain Template Mas Sugeng. Bagi para blogger sudah paham Template Mas Sugeng itu memiliki kelebihan yakni enak untuk dipandang dan simple dalam penempatan konten blognya.

Ternyata blog ini memiliki popularitas yang tinggi loh di internet. Hal ini ditunjukkan oleh Alexa Rank-nya yang mencapai urutan 609,557 untuk Ranking Dunia dan urutan 25,252 untuk Ranking Indonesia. Fanspagenya, Muhammad Adam Husein SPd - Motivator dan Praktisi Kesehatan juga sudah memiliki likers sebanyak 1.103 likers dan akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Di ADAMSAINS.US juga hampir setiap artikel yang diterbitkan di komentari oleh pengunjungnya dengan aprsiasi maupun pertanyaan. Dalam melayani pertanyaan dari pengunjungnya, Admin siap sedia menjawab dengan cepat dan berbobot.

Di ADAMSAINS.US banyak artikel yang menarik yang tidak hanya membahas tentang Psikologi atau Keremajaan, tapi juga banyak mengupas tentang Terapi  Ruqyah dan Kesehatan Medis. Adapun 5 artikel teratas ADAMSAINS.US ialah sebagai berikut:
  1. Doa Penglaris Dagangan Edisi Lengkap
  2. Ciri Cewek Imut dan Menggemaskan
  3. Ciri Cewwk Manis Idaman Cowok
  4. Doa Muhabbah Surat Yusuf Ayat 4
  5. Cara Memilih Cream Pemutih Wajah yang Aman
Tapi ada beberapa hal yang harus dikritisi dari ADAMSAINS.US. Tampilan Ads Premium yang terlalu banyak pada postingan dapat mengganggu kenyamanan pengunjung blog ini. Akan lebih bagus jika iklan ini dibuat lebih simple dan dan terdiri dari 2 iklan saja. Saran dari Admin Ikubaru's Blogzia lebih jika ingin mengiklankan produk sendiri ada baiknya menggunakan Flash Banner, buat semenarik mungkin sehingga pengunjung dapat tertarik.


Terimakasih telah menyimak, semoga bisa bermanfaat. Oya bagi sobat yang ingin langsung berkunjung sobat bisa kunjungi saja di:


Doakan saya menang ya dalam kontes Review ini
Salam Ikubaru's Blogzia

Sunday, January 18, 2015

HARI GINI MASIH JAMAN GALAU GARA-GARA CINTA?

Ikubaru's Blogzia-Masa Remaja memang masa yang paling indah, bener ga sob? Saat dimana kita lagi nakal-nakalnya di sekolah, saat kita cabut dari sekolahan, saat  bikin kesel guru, tapi ada satu yang ga ketinggalan, yakni saat kita mengenal lawan jenis kita.


Siapa sih yang pernah ngalamin masa-masa indah deket ma cewe idaman seperti yang admin alami, Begini ceritanya, jreeeengg!:
Alkisah Admin ma si Doi berada di satu kelas. Awalnya kita ga saling kenal, ya dulu jarak tempat duduk kita jauh, Admin di Ujung Berung, Doi ada di Ujung Kulon (jauh amat ya!), Admin duduk bareng dengan teman genk, si doi juga ma genk-nya. Namun pada suatu hari kita dipertemukan hanya gara-gara saling periksa LKS. Admin sih selalu periksa LKS punya si Doi, emang pada awalnya si Doi cuek, tapi lama kelamaan si Doi mulai ngeh kali ya, yang periksa Admin mulu (Admin selalu nulis nama Pemeriksa, biar si Doi tau)

Mungkin saling sering saling periksa LKS kita jadi akrab, sering ngobrol bareng, bahkan pas mau periksa Admin selalu liat muka dia, dia juga liat muka Admin sambil senyum-senyum. Tapi saat kita kenaikan kelas, kita berpisah Admin sendiri dapet kelas F sedangkan si Doi dapet kelas G. 

Jangan bayangin kelasnya deket, untuk sampe kelas si Doi harus perlu perjuangan ekstra keras, lewatin teras kelas yang licin dan bau, lewat WC yang baunya minta ampun, naik tangga yang berliku, lewatin cewe-cewe alay yang ngerumpi di balkon, ampe diliatin ma temen genk-nya (Lebay ma lu tong! haha), saking malesnya ke kelasnya yang notabene ada di lantai 2, Admin mending ketemuan ma si Doi aja di Kantin, itu juga jarang 3 x 1 Tahun.. haha.


Kisah di skip aja, kita naik kelas lagi dan kebetulan kita ketemu lagi di satu kelas, beruntungnya Admin ma si Doi duduk satu bangku. Kita jadi lebih deket banget, apa yang Admin rasa dia tau, dan apa yang si Doi rasa, Admin tau, Chemistry kita udah dapet sih, sampe-sampe warga satu kelas ngira kalo kita pacaran, ya gara-gara Chemistry kita dapet banget.

Pernah satu saat Admin kena hukuman gara-gara cabut pas jam pelajaran ke kantin. Si Doi ngomel-ngomel kaya gini: 
"Lu Gimana sih udah tau tuh si Ibu X mau ngajar, napa lu cabut sih! Enak kan dihukum lu nyeker ke lapangan, diomelin abis-abisan ma tu guru Killer, ujan-ujanan disuruh berdiri! Enakan di kelas aja lu, ngapain kek gitu walaupun guru belom dateng" Nadanya rada kesel ma Admin.
Dari situ Admin ngerasa bahwa dia Care banget ma Admin, perhatian banget dibandingkan temen Admin lain. Admin jadi nambah demen ma si Doi. Jadi terharu kalo inget ahhh.. :D

Singkat cerita Admin berencana mau nembak dia nih, si Doi udah keburu jutek banget ma Admin, mungkin ada yang bocorin. Admin tanyain kenapa? Taunya si Doi kesel karena tau Admin mau nembak si Doi, dia ngomel aja ga jelas, nanya-nanya ga jelas. Admin baru tau kalo si Doi ga mau jadi Pacarnya Admin, tapi si Doi cuma mau jadi Sahabat Terbaik Admin aja, ga lebih. Si Doi sih sempet senyum pas kalo dia mau jadi Sahabat Admin aja, tapi NGENES-nya TUH DISINI -_-


Setelah lulus kita berpisah sekian lama, sampai satu saat ketemu dalam satu bis bersama. Akhirnya kita duduk satu bangku bersama sambil ngobrol-ngobrol kangen. Admin juga ga lupa minta Kontak FB ma FS si Doi (dulu masih baru-barunya FB dan lagi laku FS). Kita berdua akhirnya saling berkomunikasi dan bercanda-canda. Hingga suatu saat ada satu yang membuat Admin makin NGENES aja. 

Suatu Hari si Doi ngirim Chat FB ke Admin, dengan halus bilang:
"Ikubaru maaf boleh ga aku minta satu hal? Tapi kamu harus lakuin ya?" kata si Doi
"Apaan, Nda? Boleh aja kok buat kamu mah hehe" kata Admin
"Please kamu jangan Nge-like like status aku ya, TAKUT PACAR AKU MARAH, maap ya :)" kata si Doi
"Loh kok, kenapa?" Kata Admin
"Iya Takut Pacar aku marah, maap ya bal, kamu ga marah kan kalo aku ngomong gini" Kata si Doi
"Ok deh aku ga ngelike status lagi, sorry ya kalo ganggu" Kata Admin
"Kamu ga marah kan? Maap ya bal" Kata Si Doi

Di chat sih gitu, tapi dalem hati remuk bro, ngelike aja ga boleh. Terus iseng Admin liat profilnya ampe foto si Doi. Bener aja dia udah kaya mau tunangan ma si pacarnya. Si Doi sih denger-denger kuliah di Jurusan Perawat di Yogyakarta, dan lagi mau tungangan. Harapan Admin sedikit demi sedikit pupus, apalagi kita terpisah jarak yang jauh antara Bogor-Yogyakarta.

Capek ya baca cerita Admin yang panjang hehe.. Maklum lagi keingetan ma si Doi.


APA ADMIN HARUS GALAU?


Ini yang bikin galau seteleah ditolak terus pas ketemu si Doi udah mau tunangan, rasanya galau banget deh. Tapi Galau memang ada waktunya, kita ga boleh Galau berlarut-larut bahkan hingga mengganggu keidupan kita sendiri, seperti Males Makan, Gampang Tersinggung, Males ngapa-ngapain, Nelponin mantan ampe 12x sehari tapi ga diangkat-angkat, Males Mandi (itu sih yang bikin cewe pada kabur hehe, admin rajin mandi loh hehe)

Galau memang jadi masalah sendiri apalagi gara-gara si Doi. Ingat Galau itu ga boleh kelamaan, malah bisa jadi berbahaya, bisa saja orang yang Galau karena cinta bisa melakukan hal apa saja seperti Bunuh Diri, Depresi, Membunuh Pasangannya, dan lain-lain yang bnayak berujung pada tindakan pidana. Jika dipikir-pikir kenapa hanya karena cinta kita rela melakukan hal yang hina bagi diri kita dan orang disekitar kita?

Oya ini Dampak Psikologis akibat terlalu banyak GALAU:


GALAU JANGAN JADI HAMBATAN UNTUK MASA DEPAN


Cinta pada masa remaja bukanlah cinta yang sesungguhnya, makanya sering disebut sebagai Cinta Monyet karena hanya sekedar suka-sukaan semata, bukan untuk saling memiliki. Namun pada saat ini banyak remaja yang menganggap cinta itu untuk dimiliki, maka daripada itu banyak remaja pada saat ini jika putus cinta bisa Galau hingga berhari-hari.

Padahal jika dipertimbangkan masa depan mereka masih sangat luas, JANGAN HANYA CINTA SETITIK RUSAK MASA DEPAN SEBELANGA. Salah satu yang harus kita lakukan ialah kita harus berperestasi dalam bidang apapun. Kita buktikan bahwa dengan kesuksesan ga cuma materi yang menghampiri kita, bahkan cinta dan pasangan yang idela bisa saja menghampiri kita tanpa harus kita gombal-gombal ga jelas dan Galau berhari-hari bahkan sampai susah move on?

Ingat Mantanmu itu tak seberapa dibandingkan masa depanmu. Masa Depanmu itu jauh sangat berharga dan tidak bisa ditukar. Jangan lewatkan kesempatan berhargamu untuk sukses, fokuskan dirimu untuk sukes, cinta bisa dinomor berapakan lah! Jika kamu sudah sukses maka cinta akan datang dengan sendirinya.

Jadi intinya Galau jangan jadi hambatan kita untuk maju, masa depan kita masih luas sob, jangan hanya karena cinta kita akhirnya frustasi dan males berusaha. Kita buktikan kepada mantan kita atau Mantan Calon bahwa kita bisa sukses. Dengan sukses dan berprestasi, kita bisa dapat aja toh termasuk cinta yang Ideal :D

Urusan Jodoh biarkan Tuhan yang mengatur, jangan galau hanya karena cinta. Ok sob..!

Oya Admin ada lagu bagus nih buat kalian yang sudah Terlatih Sakit Hati dan Anti-Galau :D

Monday, December 8, 2014

MAU JADI PSIKOLOG, MASUK PRODI PSIKOLOGI

Ikubaru's Blogzia- Apa sobat tertarik dengan yang berhubungan dengan kejiwaan, perilaku manusia, ekspresi diri, atau tertarik membaca kepribadian seseorang melalui tandatangan, tulisan dan lain-lain. Jika iya, berarti sobat punya minat dalam dunia Psikologi.


Bagi sobat yang baru mau lulus dari SLTA dan ingin melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi, ga ada salahnya sobat memilih prodi Psikologi. Prodi Psikologi tersebar di hampir seluruh PTN di Indonesia. Untuk PTS sendiri sudah banyak yang menyelenggarakan prodi Psikologi ini, seperti di Jakarta ada Universitas Azzahra, Universitas Gunadarma, Universitas Pancasila, Universitas Trisakti, dan lain sebagainya.

Oya sebelumnya apa sih yang ada dibenak sobat ketika mendengar kata Psikologi sendiri. Hmm.. Mungkin terlintas Psikotest atau juga jadi Psikolog. Ternyata ga cuma sampai disitu saja loh. Mau tau lebih lanjut? Yuk kita bahas satu persatu.



APA SIH ILMU PSIKOLOGI ITU?

Sebelum membahas mengenai Jurusan Psikologi, kita wajib tau apa sih Ilmu Psikologi itu? Psikologi berasal dari bahasa Yunani dari kata Psyche yang berarti Jiwa dan Logia yang berarti Ilmu. Bisa dikatakan Psikologi merupakan ilmu yang mempelrajari tentang jiwa manusia. 

Dalam Ilmu Psikologi banyak hal yang dibahas seperti mental manusia dan kajian neurobiologis yang mendasari perilaku manusia. Selain itu psikologi juga banyak menyangkut keilmuan lain yang dapat mempengaruhi perilaku dan mental manusia, seperti Biologi, Neurologi, Sosiologi, Anthropologi, dan lain sebagainya.

Ilmu Psikologi juga tidak hanya berhubungan dengan praktek psikolog saja, namun jugapada bidang lainnya yang masih menyangkut dengan manusia, seperti pada HRD dalam perekrutan karyawan dan hubungan natra karyawan, BK pada sekolah yang bnayak menganalisis psikologi pelajar dan remaja, Konselor pada Penyuluhan Program, dan masih banyak lagi.



HAL YANG MENARIK DARI PSIKOLOGI

Hmm.. Admin punya beberapa postingan yang berhubungan dengan Psikotes, dan respon pengguna internet dalam searching begitu antusias. Hal ini dibuktikan dari mejeng-nya artikel tersebut di Page 1 Google dan mendapatngkan visitor yang sangat banyak. Hal ini tentu menunjukkan respon orang-orang terhadap Psikologi sangat tinggi.

Oya adapun artikel Ikubaru's Blogzia seperti dibawah ini:
Ikubaru's Blogzia: Apa itu "Cewek" dan "Cowok" Eksibisonis?
Ikubaru's Blogzia: Kebiasaan Mengigit Jari Bisa Bahaya Loh? 
Ikubaru's Blogzia: Narsis Bisa Bayaha Loh? Hati-Hati!
Ikubaru's Blogzia: Cara Membaca Karakter dari Gambar Manusia 
Ikubaru's Blogzia: Kepribadian Orang Bisa Ditebak dari Cara Tidur Loh
Ikubaru's Blogzia: Inilah Efek Jika Kartun Dilarang di Televisi
Ikubaru's Blogzia: Mastrubasi dan Remaja
Ikubaru's Blogzia: Kumpulan Artikel Motivasi 

Pada saat ini banyak orang mulai tertarik pada psikologi seperti cara membaca perilaku manusia dari tulisannya (Graphology), cara membaca karakter dai gambar, cara membaca karakter dari wajah atau tandatngannya, cara sukses Wartegg Test atau Psikotes, dan lain sebagainya. So pasti, Psikologi pada saat ini bukan ilmu yang asing lagi bagi masyarakat.



KONSENTRASI ILMU PSIKOLOGI

Unutk Konsentrasi Prodi Psikologi di Perguruan Tinggi (PT), masing-masing PT memiliki konsentrasi yang berbeda-beda. Namun pada umumnya Konsentrasi Prodi Psikologi terdiri dari:

  1. Psikologi Pendidikan
  2. Psikologi Klinis
  3. Psikologi Sosial
  4. Psikologi Perkembangan
  5. Psikologi Industri dan Organisasi
  6. Psikologi Perilaku (Behavioutistik)


PROSPEK KARIER PRODI PSIKOLOGI

Prospek Karier dari Prodi Psikologi yang sudah banyak dikenal ialah menajdi seorang Psikolog. Tpai tahukah sobat untuk menajdi Psikolog ternyata ga bisa cuma S1 saja, tapi harus lanjut ke S2 dengan ambil Magister Psikologi (M.Psi). Tapi S2 juga ternyata juga ga cukup, untuk menjadi Psikolog seseorang juga harus mempunyai izin praktek yang disebut SRIP (Surat Rekomendasi Izin Praktek).

Tapi tenang sob prospek karier Prodi Psikologi ternyata sangat luas loh, ga mesti S2 juga, Prospek karier lulusan S1 Psikologi seperti:
  1. HRD di Bebragai Perusahaan
  2. PNS bidang analis pekerja di berbagai kementrian
  3. Guru BP / BK
  4. Asisten Psikolog
  5. Konselor di LSM atau berbagai Badan Milik Negara maupun Swasta
  6. Peneliti Perilaku
  7. Asisten Dosen Program Sarjana Psikologi (Untuk menjadi Dosen harus lulus S2)
  8. Presenter acara Talkshow Curhat (Harus Memiliki Bakat Presnting dan Konunikasi Massa)
  9. Dan lain-lain
Lulusan S1 Psikologi akan dianugerhkan Gelar Akademik sebagai Sarjana Psikologi (S.Psi) dan bagi yang meneruskan ke jenjang Magister akan diangerahkan Gelar Magister Psikologi (M.Psi). Banyak selebriti kita yang merupakan lulusan dari Prodi Psikologi, seperti Deddy Corbuzier yang lulus S2 Psikologi dari salah satu Universitas di Inggris.



ADA DIMANA SAJA PRODI PSIKOLOGI

Prodi Psikologi tersebuar di hampir seluruh PTN dan berbagai PTS di Indonesia. Adpaun PTN yang menyelenggarakan Prodi Psikologi ialah seperti:
  1. Universitas Syiah Kuala
  2. Universitas Sumatra Utara (USU)
  3. Universitas Negeri Padang
  4. UIN Sultan Syarif Kasim
  5. Universitas Negeri Jakarta (UNJ)
  6. Universitas Indonesia (UI)
  7. UIN Syarif Hidayatullah
  8. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
  9. Universitas Padjadjaran (Unpad)
  10. Universitas Negeri Semarang (Unnes)
  11. Universitas Diponegoro (Undip)
  12. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  13. UIN Sunan Kalijaga
  14. Universitas Negeri Surabaya (Unesa)
  15. Universitas Airlangga (Unair)
  16. Universitas Trunojoyo
  17. IAIN Sunan Ampel
  18. Universitas Negeri Malang (UM)
  19. Universitas Brawijaya (UB)
  20. UIN Malang
  21. Universitas Udayana (Unud)
  22. Universitas Mulawarman (Unmul)
  23. Universitas Negeri Makassar (UNM)
  24. Universitas Negeri Manado
Prodi Psikologi juga tersebar di berbagai PTS di Indonesia dengan akreditasi yang baik dna memiliki output yang baik pula.


Bagimana dengan review Prodi Psikologi ini, semoga membantu ya. Oya bagi kakak-kakak yang sudah kuliah di Prodi Psikologi, mungkin dapat menambahkan apabila ada yang kurang dna mengkoreksi apabila ada yang salah.

Terimakasih telah menyimak

Friday, November 14, 2014

TIPS DAN CARA MENGATASI RASA MALAS

Ikubaru's Blogzia-Lagi negrasa males boss? Apa lagi hujan-hujan gini bisa bikin sobat semua menjadi malas melakukan aktivitas, ya badan rasanya berat dan pengen tidur. Memang Rasa malas bisa menghinggapi siapa aja dan ga pandang tempat dan waktu, mau lagi kerjaan banyak atau lagi senggang. Apa sih yang bikin kita malas? Hayoo.. Ada yang mau jawab!

Memang banyak hal yang bisa mengakibatkan kita menjadi malas, contohnya seperti diatas tadi atau juga karena badan terlalu lelah setelah beraktivitas seharian, atau juga bagi para pelajar atau yang ingin ikut SBMPTN bisa juga malas gara-gara baru lihat soal di buku. Tapi semua itu jangan jadi penyebab kita ga melakukan apa-apa karena malas. Ingat RASA MALAS ITU JANGAN DITURUTI TAPI HARUS DILAWAN, SETUJU SOB?

Nah kali ini Ikubaru's Blogzia akan membahas mengenai CARA MENGATASI RASA MALAS yang sering kita alami ketika sedang beraktivitas. Berikut Tips dan Cara Mengatasinya a la Ikubaru's Blogzia, Check This Out!!

  1. Disiplin Dalam Beribadah Tepat Waktu
    Beribadah? Apa Hubungannya? Ibadah merupakan rutinitas yang harus kita lakukan setiap hari, Bagi kita sebagai Umat Islam kita diwajibkan Shalat 5 waktu dalam sehari dan tepat waktu. Kenapa karena jika mengulur-ulur waktu untuk shalat maka kita akan merasa malas dan akan berakibat pada keseharian kita menjadi malas dalam beraktivitas loh! Jadi usahakan tepat waktu ya (Nasihat untuk Admin Juga)


  2. Cari Tahu Hal yang Membuat Malas
    Cari tahu apa sih yang mengakibatkan rasa malas, lihat pada diri kita sendiri, terkadang kita terlalu nyaman dalam aktivitas hingga mengakibatkan malas untuk melakukan aktivitas lain. Contoh yang simple Ketika Nonton TV kita akan malas beranjak dari tempat duduk karena sudah terlalu nyaman dan malas untuk belajar atau mengerjakan tugas.
  3. Olahraga Ringan Ketika ingin Beraktivitas
    Sempatkanlah beberapa menit untuk sekedar Olahraga Ringan sebelum beraktivitas, yang termudah ialah Tarik Nafas ketika baru bangun tidur atau ketika ingin berangkat menuju tempat aktivitas. Olahraga ringan sebelum aktivitas ini dapat membuat diri kita menjadi bugar dan bersemangat dalam aktivitas.
  4. Hindari Makan yang Berlebih
    Makan yang berlebih ternyata dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah dan mengantuk. Mungkin sobat sering mengalaminya ketika setelah makan  sobat akan mengantuk. Hal ini disebabkan Oksigen di kepala turun ke perut untuk membantu proses pencernaan, hal inilah yang menyebabkan menjadi ngantuk.


  5. Kerjakan Hal-hal yang Ringan dan Mudah Terlebih Dahulu
    Bagi yang sedang bekerja terkadang tugas dan kerjaan numpuk hingga kita merasa capek dan malas untuk mengerjakannya karena tugas yang begitu numpuk. Tapi jika terus dibiarkan maka akan menjadi lebih berat loh. Cobalah pilah mana yang ringan untuk dikerjakan terlebih dahulu sehingga tugas akan secepatnya diselesaikan.


  6. Istirahat dan Rileks Sebentar, Lalu Mulai Lagi
    Setelah beraktivitas seharian kita akan merasa lelah dan capek padahal masih ada aktivitas lain yang menunggu di waktu malam, seperti Belajar bagi anak sekolah atau Kuliah malam bagi Mahasiswa Eksekutif. Terkadang rasa malas menghinggapi kita hingga kita malas untuk beraktivitas. Salah satu solusinya ialah Kita isitirahat dan rileks sejenak, luangkan waktu beberapa jam (Tapi jangan tidur-tiduran-red), kita bisa luangkan waktu dengan mandi atau menonton televisi dulu, baru berangkat lagi.

Itulah beberapa Tips yang dapat sobat praktekan agar terhindar dari rasa malas, semoga bisa membantu sobat semua. Oya apabila Sobat punya Tips lainnya, Sobat bisa komen di Kotak KOMENTAR FACEBOOK dibawah.

Terimakasih telah menyimak, semoga bermanfaat!!

Monday, March 31, 2014

LIRIK THE WORLD IS OURS (SOUNDTRACK RESMI WORLD CUP 2014)

Ikubaru's Blogzia-Hallo Kawan tak terasa sudah memasuki tahun 2014, apa yang kalian pikirkan dengan tahun 2014 ini, Pemilu, ya sebentar lagi kita akan Pemilu. World Cup 2014, Sudah pasti nih. Gelaran World Cup tahun ini terasa lebih spesial karena digelar di Negeri Raksasa Sepakbola, yakni Brazil. Selain itu juga dalam gelaran World Cup 2014 ini juga akan menampilkan bintang-bintang baru yang lahir di negaranya masing-masing. Hayoo.. Kalian akan menjagokan siapa di World Cup 2014 ini?


Ngomong-ngomong tentang World Cup juga, tak ketinggalan Soundtrack Lagunya, dulu pada gelaran World Cup 2010 di Afrika Selatan, kita sangat akrab dengan Soundtrack lagunya yang berjudul Waka Waka yang dinyanmyikan oleh Shakira. Masih inget lagunya, Tsamina mina hehe wkwkwkwk ok.. Alahh Lupa liriknya, (Mangap!!). Ok balik ke taufik, maksudnya Topik, Pada WORLD CUP 2014 ini Soundtrack lagunya ialah (Jreng.. Jrengg. Jrengg!) The World is Our.

Lagu The World is Our ini dibawakan oleh David Correy dan Millane Fernandez. David Correy sendiri merupakan Artis Amerika yang memiliki darah Brazil, ia juga mulai dikenal sejak ia menjadi Finalis X-Factor USA tahun 2012 yang lalu. Penyanyi yang kediua ialah Millane Fernandez yang merupakan Artis pendatang baru. 

Dalam Soundtrack lagu ini ada yang spesial bagi kita nih sebagai masyarakat Indonesia. Lagu World is Ours ini rencananya akan dibuat versi Indonesia-nya dengan dipadukan alat musik khas Indonesia, seperti Angklung. Selain itu juga lagu ini akan diubah liriknya menjadi Bahasa Indonesia, yang nantinya akan berjudul Dunia Kita. Lagu"Dunia Kita" ini sendiri akan dinyanyikan oleh Millane Fernandez. 

Langsung saja yuk kita lihat lirik lagu "THE WORLD IS OURS", Chekidot!!
 
Run like you’re born to fly
Live like you’ll never die
Dare what you dare to dream
And everything in between


We are drawn by the rhythms
that beat through our hearts
When we all come together
Seven billion stars
The world is ours
Seven billion stars…
The world, the world, the world
The world is ours…


Light up the world 2x


Sing out your battle cry
Under the stadium sky
Oceans and land divide
United we feel inside


You can stand on my shoulders
And raise up your arms
When we all come together
We light up the dark


The world is ours…
Seven billion stars…
The world, the world, the world
The world is ours


Light up the world everybody
Light up the world todo mundo
Light up the world everybody
Pra barucar, pra batucar


The world is ours
Seven billion stars
The world, the world, the world
The world is ours



Bagi Kalian yang mau men-Download lagu ini, Kalian bisa klik link download dibawah ini

Download Button

Monday, February 24, 2014

PERAN KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PENGEMBANGAN DIRI

Ikubaru's Blogzia-Komunikasi merupakan suatu kegiatan yang sering kita lakukan sehari-hri. Komunikasi dapat dilakukan baik secara langsung dengan bertatapan muka ataupun melalui media seperti Handphone, Jejaring Sosial, maupun melalui perantara manusia (Juru bicara).

Komunikasi berasal dari kata Communis dalam Bahasa Latin yang berarti  Sama. Secara sederhana komunikasi dapat terjadi apabila ada kesamaan antara penyampaian pesan (Komunikator) dengan orang yang menerima pesan (Komunikan). Untuk itulah Komunikasi bergantung pada kemampuan kita dalam memahamu suatu dengan yang lainnya dan mampu menyesuaikan dengan pihak yang diajak berkomunikasi.
Pict by: itb.ac.id

Menurut Hermawan dalam Bukunya Komunikasi Pemasaran (2012:4), Komunikasi merupakan suatu proses penyampaian informasi (Pesan, Ide, Gagasan) dari satu pihak pada pihak lainnya agar terjadi saling mempengaruhi diatara keduanya. Proses interaksi untuk berhubungan antara satu dengan lainnya pada awalnya berlangsung sangat sederhana, dimulai dengan sejumlah ide-ide yang abstrak yang ada dalam pikiran seseorang untuk mencari data menyampaikan informasi, kemudian dikemas dalam bentujk pesan yang kemudian disampaikan secara langsung maupun tak langsung.
Selengkapnya mengenai Penganatr Komunikasi dapat dilihat pada Ikubaru's Blogzia: Dasar-Dasar Komunikasi.

Secara sederhana komunikasi dapat dikatakan efektif ketika seseorang yang menyampaikan pesan (Komunikator) berhasil menyampikan apa yang ingin disampaikan olehnya. Dalam keberhasilan Komunikasi ini, Komunikator menginginkan respon atas komunikasi tersebut, seperti pemahaman atas komunikasi, perubahan sikap, hubungan serta tindakan yang akan dilakukan setelah komunikasi.

Dalam proses komunikasi yang efektif seringkali juga terdapat hambatan akibat beberapa faktor, seperti:
  1. Faktor Sosio-Antro-Psikologi
    Hambatan Komunikasi yang terjadi ketika seorang komunikator tak mampu membaca situasi dari lawan bicara ketika komunikasi dilakukan. Akibatnya terjadi Mis-Persepsi (Salah Paham) diantara kedua pihak.
  2. Faktor Semantik / Bahasa
    Hambatan komunikasi yang terjadi dalam hal penafsiran bahasa dan makna pesan yang disampaikan, selain itu juga terdapat hambatan pada intonasi suara, diksi (pemilihan kata), serta persepsi yang logis. Misalnya seperti seseorang professor biologi yang berpidato secara ilmiah mengenai Pola hidup Vermes pada lingkungan tanah yang kurang dipahami kata-katanya oleh para Sarjana Ilmu Politik.
  3. Faktor Mekanis Media
    Hambatan komunikasi yang terjadi ketika media yang dipakai seperti handphone, jejaring sosial, dll terjadi gangguan dalam penerimaan sinyal. Contoh yang paling mudah ialah ketika kita menyampiakan pesan cinta pada seseorang, namun terjadi gangguan sinyal, kita pun kesal dengan menuliskan kata-kata kekesalan, namun yang terjadi malah terkirim pada seseorang, dan terjadilah salah paham.
  4. Faktor Ekologis
    Hambatan komunikasi yang terjadi pada tempat terjadinya komunikasi tersebut, seperti komunikasi terjadi di pinggir jalan raya yang penuh bising kendaraan yang lalu lalang. Pesan yang disampaikan pun tidak bisa diterima jelas oleh lawan bicara.
Dalam menwujudkan komunikasi yang efektif tentu perlu beberapa hal, yakni seperti yang dimuat pada Hukum Komunikasi Efektif (The 5 Inivitable Laws of Effective Communications), yakni:
  1. Respect, yakni adanya rasa hormat dan saling menghargai diantara kedua pihak.
  2. Emphaty, yakni adanya penempatan diri dalam kondisi yang dihadapi oleh orang lain.
  3. Audible, yakni dapat dimebgerti oleh lawna bicara
  4. Clearity, yakni adanya kejelasan dan keterbukaan
  5. Humble, yakni adanya kerendahan hati, tidak menyalahkan dan memojokkan lawan bicara

KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PENGEMBANGAN DIRI

Dalam pengembangan diri sangatlah diperlukan komunikasi yang efektif agar hasil dari komunikasi dapat berdampak bagi proses pengembangan diri, komunikasi efektif dalam pengemabngan diri ini bisa dilakukan pada proses pengarahan dan pengendalian dari sautu individu pada individu lainnya.

Tujuan dari pengembangan diri ini tentu adanya perubahan daridiri seseorang akibat efek dari komunikasi efektif. Komunikasi yang efektif ini bisa dilakukan ketika dapat menimalisir hambatan dalam berkomunikasi, contohnya pada seseorang konseling yang memberikan penyuluhan mengenai perilaku hidup sehat pada masyarakat. Dalam penyuluhan ini tidak semua audiens benar-benar paham, maka untuk emnyampaikan pesan bagi audiensnya, konselaing sebagai komunikator harus dapat menggunakan beberapa pendekatan yang mudah dipahami oleh masyarakat sebagai audiens.

Contoh lain ialah dalam acara Golden Ways, Mario Teguh memberikan Motivasi dalam rangka pengembangan diri para audiensnya baik di Studio, maupun yang menonton melalui layar kaca. Seringkali terjadi habatan bagi audiens yang menonton melalui layar kaca, seperti sinyal penerimaan yang kurang dapat ditangkap oleh antena dan parabola, serta faktor mekanis televisi. Selain itu juga Audiens di Studio, seperti faktor fisik akibat perjalanan jauh, faktor fokus Audiensi pada materi yang disampaikan, dan lain sebagainya. Untuk itulah Mario Teguh sebagai Komunikator menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dengan dibumbui oleh hal-hal yang segar agar pesan yang disampaikan dapat diterima secara sempurna.

Dari segi Komunikasi secara tidak langsung, Pesan dalam pengembangan diri juga dapat diterima melalui berbagai media, seperti halnya Jejaring Sosial. Dalam situs jejaring sosial banyak Fanspage atau Grup yang memberikan penyuluhan dalam rangka pengembangan diri, seperti Pengetahuan Ilmu Agama, Informasi Kesehatan, Motivasi Hidup, dan lain sebagainya. Selain itu juga banyak anggota dari Fanspage atau Grup yang saling berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam Fanspage atau Grup. Akan tetapi dalam menerima informasi dari jejaring sosial, perlu penyaringan informasi terlebih informasi yang ada di jejaring sosial bersifat satu arah.

CARA PENYAMPAIAN PESAN DALAM PENGEMBANGAN DIRI

Dalam menymapiakan pesan yang terkandung dalam Komunikasi Pengembangan Diri perlu dilakukan beberapa cara agar pesan dapat terlasurkan secara sempunrna, serta menimalisir hambatan dan kesalah pahaman:
  1. Menguasai ragam komunikasi, baik secara lisan maupun visual setrta mampu menguasai teknik mkomunikasi dalam menilai lawan bicara.
  2. Mampu bersikap empati. Pada kasus Mario Teguh, empati selau dikedepankan dalam proses pemecahan masalah audiensnya.
  3. Felksibel, yakni pembawaan komunikasi yang tidak kaku. Kembali pada Mario Teguh juga terkadang para audiensnya dapat lebih mengerti pesan yang disampaiakn ketika dengan dibumbui oleh humor yang segar.
  4. Pendengar yang baik. Dengarkan hal-hal yang disampaikan oleh lawan bicara secara sempurna ketika menajdi seorang Komunikan (Lawan Bicara).
  5. Konsisten dalam komunikasi serta pesan yang disampaikan ketika menjadi seorang Komunikator.
  6. Egaliter, yakni mampu bersikap adil atau netral terhadap masalah atau pesan yang diterima dari beberapa pihak. Untuk itu perlu beberapa pertimbangan untuk dapat kita terima pada diri kita.
  7. Terbuka, yakni siap dikoreksi ketika ada kesalahan dalam diri kita.
  8. Menggunakan kata-kata yang ringkas dan mudah dipahami lawan bicara.

Saturday, November 30, 2013

ANTARA BANGGA DAN SYUKUR

Ikubaru's Blogzia:Antara Bangga dan Syukur-Suatu kebanggaan merupakan sesuatu yang lumrah ketika seseorang telah mencapai sesuatu sesuai dengan apa yang diharapkannya. Suatu kebanggaan seringkali juga bisa menjadi motivasi baginya untuk berbuat seperti yang ia lakukan sebelumnya, bahkan lebih baik lagi. Sebuah kebanggaan bukan saja dimiliki oleh satu orang saja, akan tetapi juga bisa dirasakan oleh orang-orang disekitarnya juga.

Sebuah kebanggaan ini bisa berupa bangga terhadap hasil yang telah dicapai dengan sukses, atau juga bangga terhadap apa yang telah dimilikinya. Untuk sebuah kebanggaan terhadap barang yang telah dimiliki haruslah diarengi oleh rasa syukur. Tanpa rasa syukur sebuah kebanggan akan menjadi suatu bumerang karena akan bermuara pada kesombongan.

Rasa bangga yang dibarengi suatu kesombongan akan membuat seseorang meremehkan orang lain, karena bagi dirinya ia merasa lebih tinggi daripada orang lain. Rasa bangga yang berlebihan ini bisa berupa ketampanan atau kecantikan yang dimilikinya (Narsis), kesuksesan yang telah dicapai, maupun barang yang dimilikinya. Dengan adanya rasa kesombongan ini membuat rasa syukur seakan menjadi terlupakan, bahkan bias sama sekali. Tak dipungkiri sebuah kebanggaan dalam hal ini bisa saja bersifat semu dan singkat, karena suatu saat pasti akan berkurang bahkan hilang sama sekali.

Lain halnya dengan sebuah rasa kebanggan yang dibarengi oleh rasa syukur. Sebuah kebanggaan akan terasa lebih nikmat apabila bisa bermanfaat bagi sesamanya. Rasa kebanggaan ini akan saling bergerak lurus bersama rasa kerendahan hati. Dengan saling bermanfaat bagi sesama akan tentu akan mendatangkan sebuah motivasi bagi dirinya saja, akan tetapi juga bisa menginspirasi orang lain untuk berbuat seperti itu, bahkan lebih baik lagi.

Jika dilihat secara materi, sebuah kebanggaan yang dibarengi oleh rasa syukur akan membuat seseorang menjadi lebih dikenal karena inspirasinya yang bermanfaat bagi sesamanya. Lihat saja Jammes Watt yang menginspirasi banyak orang karena penemuannya, Mesin Uap. Dengan inspirasinya ini berkembanglah teknologi mesin lain hingga saat ini, bahkan banyak mesin yang otomatis karena pemrograman oleh komputer.


Sumber: Ikubaru's Blogzia

Friday, November 8, 2013

ULANG TAHUN BUKANLAH SEBUAH PERAYAAN

Ulang tahun memang sudah umum dirayakan di kalangan masyarakat Indonesia pada umumnya. Banyak masyarakat Indonesia yang merayakannya dengan cara mengadakan pesta ulang tahun, mulai dari kalangan masyarakat kebawah hingga masyakarat metropolis perkotaan. Seringkali perayaan ulang tahun ini dibuat se-meriah dan se-mewah mungkin agar  terlihat statusisasi seseorang dihadapan orang lain, dan bukannya tidak mungkin uang yang dikeluarkan pun sangatlah banyak. Hadiah-hadiah yang diebrikan pun bukan cuma formalitas belaka dengan hadiah yang sudah umum, akan tetapi hadiah yang dirasa sangat mewah.

Perayaan ulang tahun seperti diatas bisa dikatakan sebagai momen bahwa ulang tahun adalah suatu momen untuk bisa bersenang-senang dan wajib untuk dirayakan. Lalu, apa sebenarnya makna dari ulang tahun itu sendiri? Apakah hanya sekedar bersennag-senang belaka karena kita sedang berulang tahun dan mendapatkan hadiah-hadiah yang banyak dari keluarga, sahabat, ataupun kolega?


Terlalu sempit apabila ulang tahun hanya dijadikan momen untuk bersenang-senang belaka. Esensi dari ulang tahun ialah bagaimana kita dapat meresapi dan mengevaluasi kehidupan kita selama ini. Apakah kita sudah berbuat untuk kebaikan bersama? Apakah umur kita selama ini bisa bermanfaat bagi sesama? Apakah banyak kesalahan yang kita perbuat selama ini? Mungkin hanya kita yang bisa menjawabnya.


Yang terpenting dalam sebuah ulang tahun bukanlah banyaknya ucapan dari orang lain, akan tetapi yang terpenting ialah banyaknya doa yang diberikan untuk kebaikan kita.  Sebuah perhatian akan semakin indah apabila tidak hanya sebatas selamat dan ikut merayakan, tetapi juga saling menghargai dan mengerti diantara sesama.

“Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (HR. Muslim no. 4912)
Satu yang paling terpenting ialah dimanakah rasa syukur kita terhadap kehidupan yang diberikan Tuhan. Untuk apa umur kita selama ini? Banyak kah dosa dan perbuatan yang kita perbuat? Memang pada dasarnya manusia tidak lepas dari kekhilafan dan dosa. Maka dari momen ulang tahun inilah kita dapat mengevaluasi kehidupan kita selama ini dan bagaimana langkah kita untuk menghadapi masa depan.

Memang pada ajaran Agama saya tidak mengenal dengan ulang tahun, akan tetapi kita bisa menjadikan ulang tahun ini menjadi titik evaluasi apa yang telah kita perbuat dan titik tolak untuk menghadapi masa depan. Pada dasarnya kehidupan tidak terlepas dari masa lalu dan masa mendatang yang erta kaitannya dengan perenungan dan strategi agar keidupan ini bisa berjalan harmonis.

MOMEN UNTUK SALING BERBAGI ANTAR SESAMA DAN MENGERATKAN PERSAUDARAAN

Satu hal yang tidak kalah penting dalam ulang tahun ialah sebagai momen untuk berbagi antar sesama bagi yang membutuhkan. Mungkin kita sedang berlebih bisa membagikan apa yang kita punya pada orang yang membutuhkan. Ini bisa menjadi berkah dan doa bagi kita untuk bisa hidup secara harmonis dan berkah selalu.

Dari saling berbagi inilah kita dapat menjalin silahturahmi dan persaudaraan antar sesama, dan menghapus rasa perbedaan diantara sesama. Inilah salah satu ensensi penting dalam ulang tahun yang mungkin dapat diaplikasikan bagi kehidupan bersama.

MOMEN UNTUK MENGENANG JASA ORANG TUA

Orang tua memang sangat banyak berjasa bagi kehidupan kita, tak dipungkiri kesuksesan kita saat ini ada banyak campur tangan orang tua didalamnya. Mereka dapat mengarahkan anak-anak untuk dapat menjadi "orang" yang berguna bagi sesamanya. 


Saya teringat dengan ucapan guru Kimia saya di SMA dulu yang mengatakan bahwa ulang tahun memang tidak untuk dirayakan, tapi jadikan momen ulang tahun sebagai momen kita untuk berterimakasih pada orang tua. Kita dapat memberikan hadiah pada orang tua yang telah membesarkan kita, bukan orang tua yang memberikan hadiah pada kita. Ini bisa jadi pegangan saya, walaupun saya akui belum bisa kasih banyak untuk orang tua. Seringkali juga saya banyak salah pada orang tua dan terkadang suka membuat hati orang tua luka akibat perbuatan saya.

Sebuah perenungan menjelang ulang tahun bagi saya apakah yang telah saya perbuat dan bagaimana masa depan saya nanti. 

========================================================================












HAPPY BIRTHAY TO ME
HAPPY NOVEMBER 9th TO ME

ALHAMDULILLAH WA SYUKURILLAH, THANKS TO ALLAH SWT.
THANKS TO MY PARENT
THANKS TO MY TEACHER AND SENIOR
THANKS TO MY FRIENDS

Ryano Ikubaru Novryanto
9 November 1993-9 November 2013

Tuesday, October 22, 2013

KESUKSESAN ITU DARI PENDIDIKAN?

Menjadi seseorang yang sukses merupakan impian setiap orang tak terkecuali kita, ya ga sob? Kesuksesan bagi setiap orang itu berbeda-beda, ada yang ingin sukses dalam kariernya, sukses dalam pendidikan, atau juga sukses dalam kehidupannya. Tapi inget ya sob, kesuksesan utama kita ialah KESUKSESAN AKHIRAT ya!! 

Banyak orang yang melihat kesuksesan itu berasal dari tingkat pendidikan yang tinggi. Hmm.. Ternyata ga juga loh sob! Memang pada dasarnya orang sukses memiliki pendidikan yang mumpuni, tapi tahukah kalian bahwa hal utama yang membuat mereka sukses bukan dari pendidikan, tapi dari kemampuan mereka untuk maju. Mereka yang sukses biasanya memiliki sifat Naturalis dan Modernis pada dirinya. 


Mereka yang sukses, merekalah yang memiliki kemampuan dan kecerdasan yang jenius. Eitss.. Kecerdasan disini bukanlah sebatas kecerdasan intelegensia saja, akan tetapi kecerdasan-kecerdasan lain, seperti Kecerdasan dalam berbicara, olahraga, spiritual, maupun kecerdasan dalam mengkoordinir manusia. Masih banyak lagi kecerdasan-kecerdasan lainnya yang mendukung kita untuk mencapai sukses. Jadi, Kecerdasan ini timbul bukan karena kita mengecap pendidikan, tapi sudah ada dalam diri kita.

Kesuksesan bukan hanya dimiliki oleh mereka yang memiliki pendidikan tinggi, tapi banyak loh orang-orang yang sukses bahkan mereka tidak sekolah sekalipun. Nah, disini kuncinya ialah mereka mau berusaha dan berkarya dengan kemampuan mereka.

Walapun mereka tidak memiliki pendidikan tinggi, mereka mampu bersaing dan tak kenal menyerah, mereka melakukan apa yang bisa mereka lakukan, sekali lagi mereka bisa sukses karena KEMAMPUAN MEREKA UNTUK MAJU. 

JADI KALAU BEGITU SUKSES GA PERLU PENDIDIKAN DONK?

Kata siapa? Memang sukses bukan cuma ditentukan oleh pendidikan, tapi bukan berarti kita ga perlu pendidikan loh! Seringkali juga ada orang yang berkata "Ga Perlulah sekolah tinggi-tinggi, dia aja (orang sukses) ga sekolah aja bisa sukses!". Nah, disini kelirunya. Dengan berpikiran seperti ini sama aja kita cuma melihat orang-orang sukses dari luar saja.

Ingat, Kemampuan setiap orang itu berbeda-beda, misalnya mereka yang sukses tapi ga bersekolah memiliki kemampuan yang ga dimiliki oleh kita. Apakah kita sama dengan mereka? Belum tentu! Kita sangat perlu pendidikan sebagai alat kita untuk bisa sukses. 

Kesuksesan memang tidak ditentukan oleh pendidikan, tapi dengan berprinsip seperti ini, apakah membuat kita termotivasi untuk sukses. Pasti ga kan sob! Sukses itu tidak ada yang instant, tapi perlu pengorbanan dan waktu, bisa saja kita yang sedang belajar di sekolah atau perguruan tinggi berkorban demi untuk mencapai sukses.

Jadi, kesimpulannya kesuksesan tidak ditentukan oleh pendidikan, tapi juga dengan pendidikan kita bisa menggali potensi yang ada pada diri kita untuk sukses. Tapi ingat loh, kesuksesan itu berjalan sendiri tapi ada campur tangan Tuhan didalamnya.

Terimakasih telah membaca artikel ini, mohon maaf apabila ada kesalahan kata dan penulisan dalam artikel ini.

#Apabila ada yang mau saling bertukar pikiranmengenai artikel ini, silahkan berkomentar ya!!
#Apabila ada yang mau share, mohon sertakan sumbernya ya!!

Monday, October 21, 2013

KULIAH! BUAT APA?

Ikubaru's Blogzia-Udah lama rasanya ga nulis artikel di blog ini, jadi kangen. Kali ini Ikubaru's Blogzia akan membahas mengenai Apa sih guanya kuliah? dan Buat apa?. 

Mungkin Sebagian dari kita berpikir bahwa lulus SMA saja sudah cukup yang penting bisa langsung kerja, dan terkesan malas untuk melanjutkan studi. Padahal di Era Digital ini, lulusan SMA ternyata tidak cukup, loh! Seiring berkembangnya zaman daya saing dalam dunia kerja pun akan meningkat, untuk itu diperlukan Skill yang lebih untuk menghadapi era digital ini.


Daya Saing Kerja pada Era Digital ini ga hanya sebatas satu daerah atau nasional saja loh, tapi akan beranjak pada daya saing Regional. Apalagi menjelang ASEAN Community 2015, daya saing kerja akan lebih luas lagi. Orang dari Luar Negeri akan saling berebut untuk bekerja di ASEAN, termasuk Indonesia. Nah, kembali lagi kita harus mempersiapkan skill yang lebih untuk mempersiapkannya. Wahh.. Bisa jadi apa nanti? Ga mungkin kan kita hanya seperti ini terus.

Disini Perguruan Tingi bisa jadi "tambahan" skill bagi kita setelah lulus dari SMA. Skill yang didapat di Pergruan Tinggi ga cuma skill yang kita pelajari, tapi juga skill dalam berorganisasi. Tapi inget ya sobat, skill yang ada di Perguruan Tinggi bukanlah yang utama. Perguruan Tinggi hanya sebatas menggali apa yang ada diri kita. Skill yang utama ialah kemampuan kita ketika diluar Perguruan Tinggi itu (di masyarakat).


KITA MAU AJA SIH KULIAH, TAPI GA PUNYA DANA YANG CUKUP

Hmm.. ini mungkin yang sering jadi halangan kita, ga punya dana yang cukup bukan berarti kita ga bisa kuliah. Kita bisa aja kok dengan kerja dulu, kita kumpulkan dananya atau juga Kuliah Sambil Kerja. Untuk Lebih jelas mengenai Kuliah sambil Kerja, bisa lihat artikel yang ini > Ikubaru's Blogzia: Pilih Kerja Apa Kuliah?. Selain itu juga, kita bisa manfaatkan Beasiswa yang sering diberikan oleh perusahaan-perusahaan, semisal Sampoerna.

GUE KULIAH KULIAH AJA, KALO URUSAN SKILL ITU NOMOR SEKIAN

Wahh.. Bisa bahaya kalo kita punya pikiran seperti ini. Ada banyak data yang menyebutkan bahwa banyak Pengangguran Terdidik disebabkan karena kurangnya skill dan informasi yang mumpuni. Oleh karena itu janganlah punya pikiran seperti ini, yukk.. Kita ubah paradigma kita, utamakanlah kemampuan yang ada pada diri kita. Tapi inget juga sob Skill ga cuma sebatas di Perguruan Tinggi, tapi justru lebih banyak di masyarakat. :D

GUE BINGUNG MAU MILIH JURUSAN APA?

Kayanya banyak dari kita punya masalah seperti ini. Untuk memilih jurusan yang pas, pertma-tama kita harus banyak-banyak ngaca. Maksudnya? Maksudnya ialah kita harus banyak-banyak melihat kemampuan diri kita, sampai dimana kemampuan kita. Misalnya kita kita memiliki kemampuan membawakan acara, bisa kita masuk Jurusan Komunikasi spesisalisasi Komunikasi Massa. Atau juga kita seneng banget nih jualan sambil promosi, kita bisa masuk Jurusan Manajemen terus ambil spesialisasi Pemasaran. Selain itu, juga kita harus mempertimbangkan keuangan kita. 

GUE LULUSAN STM, CUMA GUE KERJA DULU, TAPI GUE MASUK FAKULTAS EKONOMI KARENA GUE BUTUH KENAIKAN DI PERUSAHAAN

Mungkin ada yang mengalami seperti ini. Banyak kok sob lulusan dari STM atau Sekolah Sains lain yang masuk jurusan-jurusan di Fakultas Ekonomi. Ga ada salahnya kan sob belajar dari awal lagi mengenai dasar-dasar materi di Fakultas Ekonomi. Cuma ada satu triknya ialah BERPIKIRLAH BAHWA MATA KULIAH DI FAKULTAS EKONOMI SANGAT DIBUTUHKAN DALAM INDUSTRI. Dengan berpikir seperti ini, maka  kita akan mudah memahami hal-hal yang diperlukan dalam Industri.

Mungkin masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut hal-hal Perkuliahan di Perguruan Tinggi seperti diatas. Pada intinya, dalam Perkuliahan di Perguruan Tinggi sesuaikan dengan kemampuan kita, baik itu kemampuan fisik, mental maupun finansial karena persaingan kerja dimasa mendatang akan lebih berat lagi.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dalam penulisan artikel ini. Semangat dalam menghadapi masa depan, kita harus bisa menjadi terdepan, berkat Rahmat Allah dan Usaha pasti kita Bisa..!!

#Apaila ada yang mau saling bertukar pikiranmengenai artikel ini, silahkan berkomentar ya!!
#Apabila ada yang mau share, mohon sertakan sumbernya ya!!


Saturday, August 31, 2013

KESUKSESAN ITU IBARAT GEDUNG

Kesuksesan ibarat gedung bertingkat, semakin tinggi gedungnya, maka semakin diperlukan usaha untuk mencapai lantai tertinggi. Pengibaratan ini bukan berarti bahwa kesuksesan hanya dimiliki oleh orang-orang yang bekerja dikantor. Kesuksesan bisa terjadi apabila kita mau berusaha dalam mencapainya, sama halnya dalam mencapai gedung tertinggi di dalam sebuah gedung bertingkat.

Seorang bisa dikatakan sukses apabila mampu mempunyai dua sifat untuk sukses, yakni Naturalis dan Modernis. Seseorang yang mempunyai sifat Naturalis dapat memahami hakikat hidupnya, untuk apa dia hidup?, dan untuk siapa dia hidup? Sifat Naturalis ini dapat membimbing dalam memahami prinsip-prinsip Ketuhanan. Sifat Naturalis juga dapat mendorong untuk saling bersimpati dan empati atas keadaan lingkungannya dan mau berbagi dengan sesamanya.

Sebagian besar orang sukses berasal dari menemukan hal-hal yang Naturalis, karena seseorang yang berawal dari Naturalis lebih banyak mempelajari hal yang sederhana kemudian mengembangkannya menjadi hal yang besar, seperti halnya orang-orang yang sukses yang berawal dari orang-orang yang dahulunya sulit dalam keadaanya, kemudian berjuang utnuk dapat memperbaiki kehidupannya dengan melakukan apa saja yang dapat mengundang Keridhaan Allah SWT. Dari hal inilah tentu akan mengembang menjadi pengalaman-pengalaman yang dapat mempermaju dirinya dikemudian hari.

Selain sifat Naturalis yang ada pada diri seseorang juga harus memiliki sifat Modernis. Sifat Modernis ini mendorong kita untuk berani berkompetisi dalam persaingan, tidak gampang menyerah, dan selalu mencari inovasi dan solusi apabila rencana awal yang disusun gagal. Modernis ini mengarahkan seseorang untuk merencanakan pribadi dan lingkungannya dimasa depan.Sifat Modernis ini membimbing seseorang untuk  memandang kedepan dalam kehidupannya.


Seseorang yang bisa dikatakan sukses ialah seseorang yang mampu menggabungkan sifat Naturalis dan Modernis pada dirinya. Seseorang ini mampu menggunakan Hati Nurani dan Logikanya untuk melakukan yang terbaik bagi pribadi dan lingkungannya. Ia mampu menggabungkan Dasar-dasar Ketuhanan dan Aplikasinya bagi pribadi dan lingkungannya. Ia juga mampu mengendalikan pribadinya untuk menggapai prestasi yang lebih besar, walau sebenarnya ia mengorbankan hal-hal yang diimpikannya.

Seperti halnya gedung bertingkat, Pribadi Naturalis dan Modernis ini tidaklah dicapai sekejap mata dalam waktu yang singkat. Diperlukan waktu setahap demi setahap untuk mencapai lantai tertinggi (kesuksesan puncak). Dan ketika mencapai di tingkat tertinggi tidaklah semudah yang dibayangkan, karena banyak angin-angin yang sering menggoyangkan untuk menjatuhkan. Untuk itu sebelum mencapai gedung teringgi, siapkan bekal yang cukup untuk mempersiapkan menuju tingkat atas.

Seorang Naturalis dan Modernis bukannya tidak pernah bertemu dengan kegagalan. Kegagalan ini menurutnya ialah bukan sesuatu yang ditangisi apalagi disesali. Dari kegagalan ini menjadi cambuk yang ampuh untuk melaju keatas. Mereka para Naturalis dan Modernis sangat berterima kasih dengan kegagalan. Dengan kegagalan ini membuat mereka bangkit dan maju dalam menggapai impian.

Mereka yang mampu menggapai lantai diatas harus tahu agar kesuksesan itu langgeng. Menurutnya, hal-hal utama yang membuat langgeng ialah selalu dekat dengan Allah SWT. dan selalu bisa bermanfaat bagi sesamanya, walaupun itu seekor semut sekalipun. Mereka enggang untuk kotor dan merugikan pribadi orang lain yang mendukungnya.

Sebuah Inspirasi Ikubaru's Blogzia dari Perkantoran di bilangan Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan bulan April 2012 lalu.

Wednesday, August 7, 2013

BERMAFAAN-MAAFAN TIDAK CUKUP SEKALI

Bermaaf-maafan atau memberi maaf pada keluarga, sahabat, maupun rekan pada saat Idul Fitri sudah jamak kita lakukan setiap tahunnya. Hari Raya Idul Fitri memang dijadikan sebagai ajang silahturahmi sekaligus sebagai ajang saling memberi maaf antar satu dengan yang lainnya. Dengan saling memberi maaf maka akan mempererat tali sillahturahmi yang telah lama terputus akibat permasalahan-permasalahan yang pernah timbul.

Seringkali seseorang hanya memberi maaf dikala lebaran saja sebagai ucapan yang jamak dikalangan masyarakat. Tentu saling memaafkan tidak hanya sebatas pada momen Hari Raya Idul Fitri saja, tapi memaafkan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja apabila kita telah berbuat kesalahan pada seseorang. Kesalahan yang telah kita perbuat walaupun kecil akan lebih terasa ringan apabila kita mengucapkannya langsung tanpa harus menunggu waktu lebaran tiba. 


Secara Psikologis, memaafkan dapat membuat seseorang dapat menghilangkan pikiran-pikiran negatif yang selama ini tertanam dalam pikirannya. Selain itu dengan memaafkan seseorang akan merasa damai dalam hidupnya dan terhindar dari stress yang diakibatkan oleh pikiran-pikiran yang buruk terhadap seseorang.

Dari sisi kesehatan memaafkan akan membuat seseorang terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi dan jantung. Selain itu, memberikan maaf akan mengakibatkan meningkatnya respon imunitas tubuh dan mengurangi kecemasan akibat terlalu banyak memendam permasalahan.

Indahnya bila kita saling memaafkan apabila kita melihat manfaat dari memaafkan diatas. Akan tetapi ada beberapa orang yang sulit untuk memaafkan orang lain akibat perbuatan dan ucapan yang pernah orang lain buat pada dirinya. Ada beberapa cara untuk mudah memaafkan seseorang yang semoga bisa membantu, yakni sebagai berikut:
  1. Hilangkan rasa egois diri sendiri akibat tidak mau memaafkan orang lain. Amarah akibat perbuatan orang lain dimasa lalu memang sulit untuk dilupakan, terlebih perbuatan itu sangat melukai perasaan diri. Cobalah sedikit demi sedikit untuk bisa memaafkan orang lain walau terkadang sulit. Jangan memiliki pikiran "takkan pernah" atau "tak ada maaf bagimu". Hal ini akan membuat kita makin terbelenggu permasalahan di masa lalu.
  2. Belajarlah untuk menerima keadaan yang ada. Keadaan di masa lalu takkan bisa diubah kembali, manusia tak ada yang sempurna.
  3. Alihkan masalah kepada hal-hal yang positif, misalnya banyak berdoa pada Allah untuk dapat ikhlas hati.
  4. Move on dari keadaan dan belajarlah lepaskan permasalahan itu. Melepas disini bukan berarti melupakan begitu saja, tapi tidak lagi menciptakan emosi yang sama di masa lalu.
Di kesempatan ini juga,  Ikubaru's Blogzia mengucapkan mohon maaf lahir dan bathin apabila dalam penyajian artikel dan informasi kurang berkenan di hati pengunjung semua.

Taqobaalahu Minna wa Minkum, Mohon Maaf Lahir Bathin
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1434 H
Semoga kita bisa jadi pemenang dalam Ramadhan tahun ini. Aamiin.

Referensi Tulisan:
Kaligrafi Unik
Doktersehat.com

Sumber Gambar:
http://alwathaniyah.wordpress.com/2009/10/

Wednesday, July 24, 2013

KEBIASAAN YANG MENGOKOHKAN POTENSI DIRI

Ibarat sebuah rumah, karakter merupakan penampilan rumah secara keseluruhan dan batu bata merupakan kebiasaan atau hal-hal yang sering dilakukan oleh seseorang Rumah yang kokoh pastinya tersusun oleh batu bata yang kokoh pula. Maka untuk membuat sebuah rumah yang baik, dibutuhkan batu bata yang sesuai dalam pembangunan rumah.


Karakter manusia pada dasarnya adalah gabungan dari kebiasaan yang dilakukan secara terus-menerus. Ada tujuh kebiasaan yang akan diuraikan dan merupakan kebiasaan yang dapat memberi hasil jangka panjang yang menguntungkan secara maksimum. Ketujuh kebiasaan ini memberikan pendekatan yang meningkat, berurutan dan sangat terpadu bagi perkembangan efektivitas sehingga dapat melejitkan potensi dan mengokohkan karakter seseorang.

Adapun tujuh kebiasaan tersebut adalah:

1. Bersikap Proaktif
Proaktif merupakan inisiatif dan rasa tanggung jawab untuk membuat segala sesuatunya terjadi. Orang yang proaktif bergerak berdasarkan nilai dan pilihan sadar sehingga tidak mudah kecewa dan dipengaruhi oleh kondisi di sekitarnya. Contohnya, ada seorang pelayan Rumah Makan Padang di Sukabirus. Pelayan tersebut melayani pembeli yang datang dengan ramah dan sopan. Akan tetapi, seringkali dia mendapatkan teguran dari para pembeli yang datang ke rumah makan tersebut karena pesanan yang terlalu lama dibuat, kesalahan dalam memberikan pesanan, dan sebagainya. Hal tersebut ternyata tidak membuat pelayan tadi merasa frustasi dan putus asa, melainkan justru menjadi cambukan baginya untuk melangkah lebih baik lagi. Pelayan tersebut berprinsip bahwa “bukan apa yang terjadi pada diri kita, melainkan respon kita terhadap apa yang terjadi pada diri kitalah yang menyakiti kita.” Oleh sebab itu, pelayan tersebut sama sekali tidak kecewa atas perlakuan yang dia terima dari pembeli. Dia tetap fokus terhadap nilai dan tanggung jawabnya dalam memberikan dan meningkatkan kualitas pelayanan terhadap para pembeli.

2. Mulai Dari Akhir
Mulai dari akhir merujuk pada pengertian yang jelas tentang tujuan utama dalam suatu kegiatan. Pada dasarnya manusia seringkali terjerembab dalam perangkap aktivitas dan kesibukan hidup. Manusia bekerja untuk terus bisa menaiki anak tangga keberhasilan, tetapi tak jarang mereka mengetahui bahwa ternyata mereka menaiki tangga yang salah. Dalam contoh kasus, ketika pihak kampus IT Telkom ingin membangun gedung laboratorium dan penelitian. Tentulah sebelum merealisasikannya, pihak kampus harus mengetahui dan membuat design dari gedung tersebut. Berapa lebar tanah yang digunakan untuk pembangunan gedung, berapa ruangan yang akan dibangun di dalam gedung, dan gambaran-gambaran yang jelas tentang perangkat tambahan bagi gedung. Setelah itu, pihak kampus akan mengomunikasikannya dengan pihak arsitektur dan pekerja bangunan. Inilah pentingnya mengetahui terlebih dahulu visi atau tujuan dalam memulai suatu pekerjaan. Untuk itu, kita semua harus mengetahui tujuan akhir yang jelas sehingga dapat mendeteksi dan mengetahui langkah-langkah yang diambil tetap berada pada arah yang benar dan sesuai dengan tujuan tersebut.

3. Dahulukan Yang Utama (Skala Prioritas)
Setiap orang pasti memiliki berbagai aktivitas dan kesibukan di dalam hidupnya. Sebagian besar sangat sulit untuk membagi dan mengatur waktu dalam melaksanakan aktivitas tersebut. Hal yang terbaik adalah organisir dan laksanakan menurut prioritasnya.
“Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.” ( QS Al Ashr :1-3)

Ada empat matriks manajemen waktu:
  1. Penting dan mendesak, yaitu kegiatan yang harus dilaksanakan secepat mungkin karena merupakan hal yang penting dan harus segera dilaksanakan. Dalam contoh kasus, ketika mahasiswa IT Telkom yang tergabung dalam suatu penelitian harus segera mengerjakan proyek laboratorium karena kegiatan tersebut sudah mendekati batas waktu.
  2. Penting dan tidak mendesak, yaitu kegiatan yang harus dilaksanakan, tetapi dapat ditunda terlebih dahulu karena kegiatan tersebut bukan merupakan kegiatan yang mendesak untuk dilaksanakan. Misalnya: Mahasiswa IT Telkom merencanakan untuk rekreasi ke Rancau Upas. Rekreasi merupakan hal yang cukup penting untuk mengakrabkan pertemanan dan solidaritas pada sesama anggota kelas. Rekreasi tersebut tidak harus langsung dilaksanakan. Mahasiswa dapat mendikusikannya terlebih dahulu dengan menentukan tanggal keberangkatan dengan memilih tanggal libur atau setelah UAS.
  3. Tidak penting dan mendesak, Yaitu kegiatan yang tidak penting tetapi membutuhkan perhatian sesegera mungkin karena bersifat mendesak. Misalnya: Seseorang berada di dalam sebuah rapat, tiba-tiba saja HP nya berdering dan merupakan panggilan dari teman lamanya. Kebanyakan orang tidak tahan bila melihat HP berdering begitu saja. HP yang berdering sifatnya mendesak karena membutuhkan perhatian segera untuk diangkat. Sementara berbicara dan menghabiskan waktu di telepon hanya untuk mengobrol dengan teman lama tersebut termasuk kegiatan yang tidak penting.
  4. Tidak penting dan tidak mendesak, yaitu kegiatan yang tidak menunjang misi hidup dan tidak memerlukan perhatian segera. Misalnya menggunakan fasilitas internet di warnet dengan bermain sepanjang waktu. Hal ini termasuk kegiatan yang tidak mendesak dan tidak penting karena selain sebagai kegiatan pemboros waktu juga merupakan pemboros biaya.

4. Berpikir Menang/Menang
Banyak orang berpikir bahwa dunia merupakan panggung sandiwara dengan segala persaingan yang terjadi. Persaing akan memberikan interupsi untuk selalu mengalahkan pihak yang lain dengan menonjolkan diri sebagai satu-satunya pemenang. Berpikir menang-menang merupakan kerangka pikiran dan hati yang terus mencari keuntungan bersama dalam semua interaksi manusia sebagai kemenangan yang tertinggi.

"Aku sesuai prasangka hamba-Ku kepada-Ku, dan Aku akan bersamanya selama ia mengingat-Ku. Jika ia mengingat-Ku dalam dirinya maka Aku akan mengingatnya dalam diri-Ku, jika ia mengingat-Ku dalam sekumpulan orang maka Aku akan mengingatnya dalam sekumpulan yang lebih baik dan lebih bagus darinya. Jika ia mendekat kepada-Ku satu jengkal maka Aku akan mendekat kepada-Nya satu hasta, jika ia mendekat kepada-Ku satu hasta maka Aku akan mendekat kepadanya satu depa, dan jika ia mendatangi-Ku dengan berjalan maka Aku akan mendatanginya dengan berlari.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

5. Mengerti Baru Dimengerti
Kebiasaan ini mengajarkan kepada setiap orang untuk mengerti apa yang dirasakan orang lain. Melalui kebiasaan tersebut, diharapkan setiap orang mampu melatih kematangan emosi dan dapat berfokus dalam pemberian dan pemecahan masalah orang lain. Seperti kata pepatah
“Lakukanlah orang lain seperti bagaimana engkau ingin diperlakukan oleh orang lain”.

6. Wujudkan Sinergi
Sinergi merupakan bentuk penyatuan hubungan atas bagian-bagian yang berbeda. Contohnya adalah sepasang suami istri yang hidup dalam suatu rumah tangga. Mereka berusaha untuk sinergi dalam menjalani rumah tangga tersebut dengan menghormati perbedaan, membangun kekuatan dan mengimbangi kelemahan pada pasangannya.

7. Asahlah Gergaji
Asah gergaji merupakan kebiasaan dimana setiap orang harus meluangkan waktu sejenak untuk mengasah dan meningkatkan kapasitas dirinya. Contoh: Asisten di laboratorium Analisis Perancangan Kerja IT Telkom sedang mengerjakan proyek untuk membuat kursi duduk nyaman untuk dosen. Mereka tidak langsung mengerjakan proyek tersebut dengan serta merta. Merek berhenti sejenak untuk mempelajari tentang pembuatan kursi yang ergonomis dan membaca buku terkait analisis ergonomi lainnya sehingga dapat meningkatkan kapasitas dan keprofesionalan mereka dalam membuat kursi duduk yang nyaman dan sesuai untuk dosen.

Sumber:
Fimadani.com
 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes