BREAKING NEWS

Monday, October 21, 2013

KULIAH! BUAT APA?

Ikubaru's Blogzia-Udah lama rasanya ga nulis artikel di blog ini, jadi kangen. Kali ini Ikubaru's Blogzia akan membahas mengenai Apa sih guanya kuliah? dan Buat apa?. 

Mungkin Sebagian dari kita berpikir bahwa lulus SMA saja sudah cukup yang penting bisa langsung kerja, dan terkesan malas untuk melanjutkan studi. Padahal di Era Digital ini, lulusan SMA ternyata tidak cukup, loh! Seiring berkembangnya zaman daya saing dalam dunia kerja pun akan meningkat, untuk itu diperlukan Skill yang lebih untuk menghadapi era digital ini.


Daya Saing Kerja pada Era Digital ini ga hanya sebatas satu daerah atau nasional saja loh, tapi akan beranjak pada daya saing Regional. Apalagi menjelang ASEAN Community 2015, daya saing kerja akan lebih luas lagi. Orang dari Luar Negeri akan saling berebut untuk bekerja di ASEAN, termasuk Indonesia. Nah, kembali lagi kita harus mempersiapkan skill yang lebih untuk mempersiapkannya. Wahh.. Bisa jadi apa nanti? Ga mungkin kan kita hanya seperti ini terus.

Disini Perguruan Tingi bisa jadi "tambahan" skill bagi kita setelah lulus dari SMA. Skill yang didapat di Pergruan Tinggi ga cuma skill yang kita pelajari, tapi juga skill dalam berorganisasi. Tapi inget ya sobat, skill yang ada di Perguruan Tinggi bukanlah yang utama. Perguruan Tinggi hanya sebatas menggali apa yang ada diri kita. Skill yang utama ialah kemampuan kita ketika diluar Perguruan Tinggi itu (di masyarakat).


KITA MAU AJA SIH KULIAH, TAPI GA PUNYA DANA YANG CUKUP

Hmm.. ini mungkin yang sering jadi halangan kita, ga punya dana yang cukup bukan berarti kita ga bisa kuliah. Kita bisa aja kok dengan kerja dulu, kita kumpulkan dananya atau juga Kuliah Sambil Kerja. Untuk Lebih jelas mengenai Kuliah sambil Kerja, bisa lihat artikel yang ini > Ikubaru's Blogzia: Pilih Kerja Apa Kuliah?. Selain itu juga, kita bisa manfaatkan Beasiswa yang sering diberikan oleh perusahaan-perusahaan, semisal Sampoerna.

GUE KULIAH KULIAH AJA, KALO URUSAN SKILL ITU NOMOR SEKIAN

Wahh.. Bisa bahaya kalo kita punya pikiran seperti ini. Ada banyak data yang menyebutkan bahwa banyak Pengangguran Terdidik disebabkan karena kurangnya skill dan informasi yang mumpuni. Oleh karena itu janganlah punya pikiran seperti ini, yukk.. Kita ubah paradigma kita, utamakanlah kemampuan yang ada pada diri kita. Tapi inget juga sob Skill ga cuma sebatas di Perguruan Tinggi, tapi justru lebih banyak di masyarakat. :D

GUE BINGUNG MAU MILIH JURUSAN APA?

Kayanya banyak dari kita punya masalah seperti ini. Untuk memilih jurusan yang pas, pertma-tama kita harus banyak-banyak ngaca. Maksudnya? Maksudnya ialah kita harus banyak-banyak melihat kemampuan diri kita, sampai dimana kemampuan kita. Misalnya kita kita memiliki kemampuan membawakan acara, bisa kita masuk Jurusan Komunikasi spesisalisasi Komunikasi Massa. Atau juga kita seneng banget nih jualan sambil promosi, kita bisa masuk Jurusan Manajemen terus ambil spesialisasi Pemasaran. Selain itu, juga kita harus mempertimbangkan keuangan kita. 

GUE LULUSAN STM, CUMA GUE KERJA DULU, TAPI GUE MASUK FAKULTAS EKONOMI KARENA GUE BUTUH KENAIKAN DI PERUSAHAAN

Mungkin ada yang mengalami seperti ini. Banyak kok sob lulusan dari STM atau Sekolah Sains lain yang masuk jurusan-jurusan di Fakultas Ekonomi. Ga ada salahnya kan sob belajar dari awal lagi mengenai dasar-dasar materi di Fakultas Ekonomi. Cuma ada satu triknya ialah BERPIKIRLAH BAHWA MATA KULIAH DI FAKULTAS EKONOMI SANGAT DIBUTUHKAN DALAM INDUSTRI. Dengan berpikir seperti ini, maka  kita akan mudah memahami hal-hal yang diperlukan dalam Industri.

Mungkin masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang menyangkut hal-hal Perkuliahan di Perguruan Tinggi seperti diatas. Pada intinya, dalam Perkuliahan di Perguruan Tinggi sesuaikan dengan kemampuan kita, baik itu kemampuan fisik, mental maupun finansial karena persaingan kerja dimasa mendatang akan lebih berat lagi.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan dalam penulisan artikel ini. Semangat dalam menghadapi masa depan, kita harus bisa menjadi terdepan, berkat Rahmat Allah dan Usaha pasti kita Bisa..!!

#Apaila ada yang mau saling bertukar pikiranmengenai artikel ini, silahkan berkomentar ya!!
#Apabila ada yang mau share, mohon sertakan sumbernya ya!!


Share this:

8 comments :

  1. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat, terus dishare ya..

    ReplyDelete
  2. Untuk cari teman pastinya

    ReplyDelete
  3. yah cari title gan :D
    - salam damai -

    ReplyDelete
  4. lanjut bang share bermanfaatnya...

    ReplyDelete
  5. informasi yang bermanfaat gan, jangan kan sebelum kuliah mikir gitu, udh semester terakhir pun mikir, sebenarnya kuliah itu apaan? untuk apa? hehehehh

    thank infonya gan..

    ReplyDelete
  6. Kalau saya pengen kuliah sambil kerja :D
    folback ya

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes