BREAKING NEWS

Friday, April 19, 2013

PILIH KERJA APA KULIAH ?!

Ikubaru's Blogzia-Pernah ga sih kita kepikiran abis lulus SMA/SMK mau kemana? Kerja atau kuliah? Pasti pernah toh? Bagi yang cukup dalam finansial serta ditambah dukungan dari orang tua ga jadi masalah untuk kuliah di kampus mentereng, bahkan sampai Luar Negeri. Tapi sekarang masalahnya bagaimana dengan yang masih kurang dalam segi finansial? Mau ga mau harus kerja dulu untuk menambah modal kuliah.

Setelah bekerja di suatu perusahaan terkadang kepikiran juga males buat nerusin studi di perguruan tinggi dan terkadang berpikiran " Buat apa kuliah, gue dah bisa dapet duit gini, tempat kerja enak lagi, dll." Hmm.. Jangan salah loh ada beberapa orang malah nyesel gara-gara hal ini, "Kenapa ya gue ga dari dulu ya kuliah udah kenenakan ma duit kali yee..hehe" Nah loh?!

Menurut data yang diperoleh mayoritas yang ada sekrang memilih merekrut karyawan yang berlatar belakang D3 atau S1 untuk menduduki posisi yang startegis di perusahaannya. Lulusan SMA menurut perusahaan dinilai belum mencukupi skill yang dibutuhkan di perusahaannya.

Berarti kita harus kuliah dulu donk?! Ga juga ahh!! Bisa aja kita kuliah sambil kerja loh. Sekarang udah banyak Perguruan Tinggi yang buka Kelas Ekstensi yang dikhususkan untuk para karyawan. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh kita para lulusan SMA/SMK yang ingin bekerja tapi juga mau sekalian kuliah juga. Ini bisa dimanfaatkan juga loh untuk peningkatan karier kita di perusahaan.

Ada beberapa hal yang harus "mungkin" diperhatikan dalam memilih Kelas Ekstensi di Perguruan Tinggi, ini dia:
  1. Pilih Jurusan yang sesuai dengan Minat dan Bakat kita. Jangan cuma kepingin doank masuk jurusan ini, tapi harus sesuai dengan kemampuan kita.
  2. Tidak mesti orang sukses itu berasal dari Kampus yang besar. Jangan berkecil hati kuliah di kampus kecil, malah banyak loh orang yang sukses yang berasal dari  kampus kecil.
  3. Pilih waktu yang tidak mengganggu waktu kerja kita. Di berbagai Perguruan Tinggi banyak pilihan waktu perkuliahannya, misalnya perkuliahan malam dari Senin-Jum'at atau juga Perkulaihan Weekend Sabtu-Minggu. Pilihlah sesuai pilihan kita dan janagn sampai mengganggu waktu kerja.
  4. Untuk perkuliahan malam, kita harus siapkan fisik kita agar tidak mudah nge-drop karena rutinitas kerja di siang hari.
  5. Carilah Perguruan Tinggi yang menerapkan pemabayaran perkuliahan bulanan. Hal ini tentu membuat kita ringan, karena biaya kuliah dicicil bulanan, sehingga ketika kita gajian bisi langsung ter-budget utnuk pembayaran kuliah.
  6. Biasanya utnuk kelas ekstensi materi kuliah dibuat sepadat mungkin, maka untuk dapat mengejar ketinggalan materi kita harus aktif dalam materi tambahan yang telah diterangakan oleh dosen. Pada dasarnya perkuliahan di Perguruan Tinggi, mahasiswa harus dituntut untuk aktif.
  7. Lihat juga kualitas pendidikan kampus, jarak kampsu ke rumah taua ke tempat kerja manakah yang lebih dekat, serta akses jalannya.
  8. Selain itu yang ga kalah penting timbulkan juga sugesti dari diri kita bahwa kita bisa kerja sambil kuliah. Selain itu juga mohon do'a restu dari Orang tua, karena tanpa restunya kita takkan bisa. Dengan hal ini maka akan menjadi motivasi bagi kita untuk maju.
Sumber dan referensi:
Diolah dari berbagai sumber

    Share this:

    7 comments :

    1. Nice post gan
      sangat bermanfaat

      ReplyDelete
    2. Kalo ane mah kerja sambil kuliah bro, jadi pagi kerja , sore kuliah. hahaha okey gan beres. Jempol gan

      ReplyDelete
      Replies
      1. bagus gan klao gitu, yang penting bisa ngatur waktu'a aja :D

        Delete
    3. nice artikel gan, kalo pengen jelas lagi silahkan visit http://pusat-sekolah.blogspot.com/2013/10/menentukan-langsung-kerja-atau-langsung.html

      ReplyDelete
    4. Kalau saya sih jelas pilih kerja dulu baru kuliah gan xD udah bosen sekolah pengen langsung kerja aja.. Nyari duit > kuliah pakai uang sendiri..

      ReplyDelete
    5. Aku sih pengennya kerja dulu, gajinya ditabung buat kuliah

      ReplyDelete

    Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

    NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
    NO LINK AKTIF
    NO SARA

    CATATAN:
    Komentar yang hanya berisi:
    -Makasih gan
    -Sipp
    -Nice Info, gan makasih
    -Bagus gan artikelnya

    TAKKAN KAMI TAMPILKAN




    Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

     
    Back To Top
    Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes