BREAKING NEWS

Tuesday, December 31, 2013

PRODI ILMU POLITIK ITU MENGKAJI APA?

Ikubaru's Blogzia-Bingung lulus kuliah mau ambil jurusan apa? Banyak jurusan atau prodi yang memang menjanjikan peluang karier yang mantap dimasa depan. Terkadang kita bingung mau ambil jurusan apa, bahkan terkadang juga kita bingung dan cuma asal-asalan ambil jurusan. Bisa saja efeknya malas kuliah dan malah kuliah tebengkalai karena tidak sesuai dengan kemampuan dan bakat kita. Untuk itulah dalam memilih prodi haruslah didasari oleh kemampuan, minat dan bakat kita, agar prodi yang kita pilih tidak salah pilih.

Setiap orang memiliki kemampuan dan bakat yang berbeda-beda. Bakat seseorang itu tersembunyi dalam dirinya. Terkadang bakat seseorang dapat terlihat dari bagaimana seseorang tersebut mengamati, bertindak dan berperilaku. Misalkan kita mempunyai kebiasaan dalam mengamati pemberitaan mengenai perkembangan politik dan pemilu yang sedang hangat menghiasai layar kaca dan kritis dalam mengamatinya, mungkin kita mempunyai bakat dalam bidang perpolitikan.


Dunia Politik Indonesia memang sekarang menjadi sorotan mengingat banyaknya Pilkada dan semakin dekatnya Pemilu 2014. Hal yang paling menonjol dalam berita politik ialah persiapan setiap partai dalam mengusung kadernya untuk menjadi Capres di Pemilu 2014. Selain itu juga banyaknya persiapan para Caleg dalam mendapatkan hati pemilih juga banyak disorot. Tentu bagi seorang yang minat dunia politik akan terlihat menarik.

Kajian politik diatas banyak dikaji dalam Prodi Ilmu Politik di Perguruan Tinggi. Prodi Ilmu Politik merupakan salah satu program studi yang bernaung dibawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Prodi ini banyak mencetak para pelaku politik, baik Legislatif maupun Eksekutif. Prodi memberikan peluang bagi para lulusan SMA atau SMK untuk mengembangkan pemikirannya mengenai politik di Indonesia dan fenomenanya. Gelar Akademik yang diberikan oleh Prodi Ilmu Politik ialah Sarjana Ilmu Politik (S.IP).

Banyak Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan perkuliahan Ilmu Politik hingga jenjang Doktoral (S3). Untuk jenjang S2 (Magister), kajian Ilmu Politik akan memfokuskan pada perumusan cara penyelesaian isu-isu perpolitikan dan analisanya baik mikro maupun makro, serta mampu memecahkannya secara konseptual. Gelar Akademik yang akan diberikan pada lulusan S2-Ilmu Politik ialah Magister Sains (M.Si).

Ilmu Politik merupakan salah satu prodi yang banyak diminati dalam SBMPTN. Hampir semua PTN menjadikan Prodi Ilmu Politik menjadi prodi teratas yang banyak diminati dalam kelompok Sosial Humainora (Soshum).

Prodi Ilmu Politik mempunyai prospek karier yang luas dalam pemerintahan. Prospek yang ditawarkan oleh Prodi Ilmu Politik ialah sebagai berikut:
  1. Pengamat Politik Indonesia
  2. Politisi
  3. Negarawan
  4. Anggota Legislatif
  5. Menteri
  6. Duta Besar
  7. Birokrasi Pemerintahan
  8. Staff Ahli bidang Politik
  9. Konsultan Partai Politik
  10. Staff Pengajar bidang Politik

KONSENTRASI ILMU POLITIK


Dalam mengembangkan ilmu dan pengetahuan mahasiswanya mengenai Ilmu Politik, Prodi Ilmu Politik mempunyai beberapa konsentrasi utama, yakni sebagai berikut:
  1. Politik Indonesia
    Konsentrasi ini akan membekali peminatnya dalam wawasan perpolitikan dan sistem pemerintahan Indonesia, budaya politik, sosiologi politik, strategi dan administrasi pembangunan sosial ekonomi, kebijakan politik, dan sistem administrasi Indonesia. Sehingga para peminatnya dapat memahami gejala dan fenomena perpolitikan di Indonesia.
  2. Perbandingan Politik
    Konsentrasi ini akan membekali peminatnya dalam memahami politik inetrnasional, perbandingan perpolitikan di luar negeri, hak asasi manusia, organisasi dan administrasi inetrnasional, serta hubungan diplomatik antar negara sahabat. Peminat Konsentrasi ini diharapkan dapat memahami dan mengembangkan, serta menganalisis gejala dan fenomena politik luar negeri dan pengaruhnya bagi dunia politik di Indonesia.
Pict by:


Share this:

1 comment :

  1. Sepertinya makin banyak anak muda yang ingin terjun di dunia Politik.

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes