BREAKING NEWS

Monday, December 30, 2013

PRODI TEKNIK MESIN ITU KEREN LOH

Ikubaru's Blogzia-Memilih Jurusan yang tepat di Perguruan Tinggi memang bukan hal yang mudah dan terkadang malah bisa bikin GALAU. Karena banyak harus diperhatikan, misalnya kemampuan finansial orang tua kita, kemampuan kita menyesuaikan perkuliahan, dan juga minat dan bakat yang kita miliki. Untuk itulah, memilih jurusan atau prodi tidak bisa sembarangan. Iya ga sob?


Khusus Minat dan Bakat, setiap orang memiliki minat dan bakat yang berbeda-beda. Minat dan Bakat ini bisa terihat dari hal-hal yang paling disukai oleh sobat atau juga dari hobi sobat. Misalnya sobat hobi ngoprek mesin dan sobat juga punya bakat dalam reparasi mesin, didukung sobat lulusan SMK Teknik jurusan Permesinan. Untuk menambah kemampuan sobat dalam bidang mesin, sobat bisa memilih prodi Teknik Mesin.

Pada Prodi Teknik Mesin banyak yang akan sobat pelajari dan tidak hanya sebatas pada mesin saja. Di Prodi ini Sobat akan mempelajari mengenai energi dan pemanfaatannya, rekayasa dan inovasi teknologi mesin, inovasi dan pemanfaatan energi alternatif, dan inovasi konstruksi mesin ramah lingkungan. Dalam medukung perkuliahan Prodi Teknik Mesin menggunakan Software, seperti AutoCAD dan lain-lain. 

Peminat Prodi Teknik Mesin tidak harus dari yang berlatar belakang sains seperti IPA dan Permesinan,tapi ternyata bisa juga dari yang berlatar belakang IPS atau Keagamaan. So, Jurusan atau Prodi mana yang cocok bagi anak IPS, Teknik Mesin juga bisa cocok bagi lulusan IPS asalkan cukup dengan minat dan potensi akademik yang memadai.

Prodi Teknik Mesin merupakan salah satu Prodi yang ada di Fakultas Teknik. Untuk beberapa Perguruan Tinggi, Prodi ini juga digabungkan kedalam Fakultas Teknik dan Sains bersama prodi-prodi MIPA (Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam). Peminat Prodi Teknik Mesin merupakan salah satu prodi yang banyak diminati di PTN, seperti di salah satu PTN di Pulau Jawa, Prodi Teknik Mesin menjadi prodi unggulan dan menempati urutan teratas peminatnya dalam kelompok Saintek.

Prodi Teknik Mesin mempunyai prospek karier yang sangat menjanjikan, hal ini karena pada saat ini banyak industri yang mengandalkan mesin canggih dalam proses produksi produknya. Banyak lulusan Prodi Teknik Mesin yang menduduki posisi sebagai tenaga ahli di berbagai sektor industri. Selain itu juga, banyak lulusan Prodi Teknik Mesin yang bekerja sebagai peneliti di berbagai lembaga penelitian dan juga sebagai pengajar di berbagai Perguruan Tinggi baik Negeri maupun Swasta.

KONSENTRASI PRODI TEKNIK MESIN

 Konsentrasi Prodi Teknik Mesin banyak yang mendukung keahlian peminatnya di dunia kerja loh. Berikut ini adalah Konsentrasi Prodi Teknik Mesin pada umumnya:
  1. Konstruksi Mesin
    Konsentrasi ini akan membimbing peminatnya dalam memahami konstruksi mekanis dari suatu mesin. Peminat konsentrasi ini juga akan dibekali pembuatan mesin yang beroreintasi pada efisiensi energi dan kekuatan konstruksi mesin tersebut, sehingga para peminatnya dirharapkan dapat membuat dan mengembangkan mesin yang hemat energi.
  2. Konversi Energi
    Peminat Konsentrasi ini akan dibekali pengetahuan dan pemahaman mengenai konversi energi dengan mempelajari teori motor bakar, pengubahan energi dan aplikasinya. Peminat konsentrasi ini diharapkan dapat mengembangkan sumber-sumber energi yang dapat dihasilkan, seperti pembangkit listrik.
  3. Industri Manufaktur
    Konsentrasi ini akan membekali peminatnya dengan pemahaman mengenai struktur mesin dalam industri manufaktur, perangkat pendukung manufaktur, sistem pengelolaan modern yang berbasis pada efisiensi energi dari suatu perangkat mesin industri.


Share this:

1 comment :

  1. wahh, boleh juga nie teknik mesin,
    tapi saya smk-nya di teknik otomotif sob,.

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes