KREATIVITAS DAN INOVASI



Sering kita mendengar kata “kreatif” dalam perbincangan sehari-hari. Banyak orang yang menyebut orang itu kreatif karena karya yang telah dia buatnya. Dari seseorang yang kreatif akan timbul sebuah kreatifitas. Timbul sebuah pertanyaan “apa yang dimaksud dengan kreatif dan kreativitas?” 

Kreatifitas ialah sikap atau kemampuan yang dimiliki seseorang untuk dapat melahirkan sesuatu yang baru, baik itu dalam bentuk yang nyata maupun bentuk yang tak nyata (berupa perilaku). kreatifitas merujuk pada kemampuan yang dimiliki oleh seseorang tersebut, sedangkan kreatif merujuk pada orang  yang memiliki sifat kreatifitas. 

Setiap orang memiliki potensi untuk dapat menciptakan sesuatu. Potensi tersebut harus dikembangkan agar mampu menunjukkan hasil yang nyata. Selain itu, potensi kreativitas yang dimiliki setiap individu juga harus ditunjang dengan pengetahuan yang cukup. Seseorang dapat dikatakan kreatif apabila :



  1. Mempunyai banyak pengalaman
  2. Mampu memandang sesuatu dari sudut yang berbeda
  3.  Tekun dan ulet dalam berusaha
  4.  Berani menanggung resiko yang mungkin akan ditimbulkan
  5. Percaya diri
  6. Menerima sesuatu yang berbeda dan tak umum
  7. Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi

Dari sebuah kreatifitas akan timbul sebuah penemuan baru yang tidak disangka sebelumnya. Dengan adanya sebuah penemuan baru, tentu akan mempermudah pekerjaan manusia. Sebagai contoh penemuan mesin uap yang ditemukan oleh James Watt dapat mengubah dunia yang berakibat pada Revolusi Industri di Inggris. Dengan ditemukannya mesin uap, dunia memasuki era baru dalam menyelesaikan pekerjaan manusia yang sebelumnya menggunakan peralatan feudal (kuno) dan diselesaikan oleh tenaga manusia kini bergeser pada tenaga mesin. Dengan ditemukan mesin uap ini pula mendorong inovasi-inovasi lain sehingga pekerjaan manusia dapat lebih mudah lagi, seperti dikembangkan menjadi penggerak kereta api lokomotif pada awal tahun 1800an. 


HUBUNGAN KREATIVITAS DAN INOVASI

Kreativitas yang dimiliki seseorang dapat menimbulkan penemuan-penemuan baru (Invention) yang belum ada sebelumnya. Dari sebuah penemuan baru kemudian berkembang kembali menjadi penemuan baru yang lainnya. Hal ini didorong oleh inovasi-inovasi baru yang dilakukan oleh seseorang untuk dapat memenuhi kebutuhan pada masanya. Jadi, suatu kreativitas dapat mendorong suatu inovasi baru.

Pada dasarnya sebuah inovasi didorong oleh suatu kebutuhan dan akan terus berkembang mengikuti perkembangan kebutuhan. Sebagai contoh pada tahun 90’an, handphone digunakan hanya untuk berkomunikasi secara lisan saja, tetapi pada awal tahun 2000’an muncul fasilitas SMS yang mempermudah pengguna handphone berkomunikasi dengan mengirim pesan singkat. Selain itu, hanphone pada saat ini berkembang tidak hanya sebagai alat komunikasi belaka, tetapi sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti kamera, MMS, BBM, dan fasilitas lainnya. 


KREATIVITAS DAN INOVASI SEBAGAI SYARAT DALAM BERWIRAUSAHA

Kreatifitas dan inovasi merupakan syarat yang penting yang harus dimilki oleh seorang wirausaha. Salah satu faktor produksi yang penting dan sangat dibutuhkan dalam menghasilkan suatu jenis barang ialah keahlian dalam berwirausaha (Entrepreneurship). Keahlian berwirausaha merupakan keahlian yang dimiliki seorang pengusaha untuk mendirikan dan mengembangkan berbagai kegiatan usaha. Keahlian berwirausaha  meliputi keahlian pengusaha untuk dapat merencanakan (Planning) langkah yang akan diambilnya, Mengorganisir (Organizating) pekerjaan-pekerjaan, mengarahkan (Actuacting) pekerja dan bawahannya agar sesuai dengan yang diharapkan dan mengontrol (Controlling) pekerjaan yang sebelumnya telah dilakukan. 

Referensi Rujukkan:

  1. Yamin, Mohammad. 2004. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan.
  2. Hasibuan, Malayu. 2011. Manajemen Dasar, Pengertian, Masalah.
0 Komentar untuk "KREATIVITAS DAN INOVASI"

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

Back To Top