BREAKING NEWS

Wednesday, December 25, 2013

PRODI TEKNIK FISIKA ITU KAYA GIMANA


Ikubau's Blogzia-Pemilihan jurusan di perguruan tinggi merupakan hal yang paling membingungkan ketika kita ingin mendaftar perguruan tinggi. Banyak yang harus dipertimbangkan didalamnya, yakni seperti harus sesuai dengan kemampuan kita, baik mental maupun finansial yang besar. Selain itu juga dalam memilih jurusan juga harus didasarkan pada minat dan bakat yang kita miliki, bukan paksaan dari orangtua. Untuk itulah kita harus mempertimbangkan secara matang sebelum benar-benar memilih suatu jurusan atau prodi.


Pada kesempatan ini, Ikubaru's Blogzia akan membahas mengenai salah satu prodi yang memiliki prospek karier yang menjanjikan dimasa mendatang. Prodi yang akan review kali ini ialah Prodi Teknik Fisika. Mendengar kata Fisika, pastinya kita sudah banyak mengenal bagaimana dan apa saja yang akan dipelajari. Bagi lulusan SMA IPA atau SMK Teknik, pelajaran fisika ini sudah tidak asing lagi karena pelajaran menjadi fokus utama di jurusan tersebut.

Prodi Teknik Fisika merupakan salah satu prodi yang tergabung dalam Fakultas Teknik bersama prodi teknik lainnya. Terkadang ada beberapa Perguruan Tinggi yang menggabungkan dalam Fakultas Teknik dan Sains, bersama prodi-prodi MIPA (Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, dll). Pada PTN, Prodi Teknik Fisika hanya baru ada di ITS, ITB dan UGM. Teknik Fisika juga ada di berbagai Perguruan Tinggi Swasta terkemuka.

Lulusan dari Prodi ini banyak menempati posisi sebagai tenaga ahli dengan gelar yang diberikan ialah Sarjana Teknik (ST). Posisi Tenaga Ahli lulusan Teknik Fisika tersebar di berbagai industri, seperti industri manufaktur, industri dirgantara, industri perkapalan, industri instrumentasi, industri kimia, dan industri lainnya. Selain itu lulusan Prodi Teknik Fisika ini juga banyak berkiprah di bidang pendidikan dan penelitian, seperti LIPI, Kemenristek, dan Pengajar di Perguruan Tinggi.


KONSENTRASI PRODI TEKNIK FISIKA

Dalam mendukung prospek karier mahasiswanya, Prodi Teknik Fisika memiliki beberapa konsentrasi keilmuan, yakni:
  1. Rekayasa Instrumetasi
    Konsentrasi ini memfokuskan peminatnya dalam perancangan, pembuatan, dan pemakaian instrumentasi, otomatisasi, sistem kontrol, dan robotics dalam berbagai industri seperti industri kimia, manufaktur, peleburan logam, dan riset teknologi.
  2. Rekayasa Akustik Audio dan Pencahayaan
    Konsentrasi ini memfokuskan peminatnya dalam mempelajari tingkat kebisingan lingkungan dan pengendaliannya. Dalam Konsentrasi ini juga peminatnya akan dibekali dengan pemahaman sistem Tata suara dan Audio Visual, pengukuran dan pemrosesan Sinyal dan Gelombang Ultrasonik serta Akustik Hidro. Selain itu juga, peminatnya akan dibekali dengan ilmu sistem pencahayaan yang akan diterapkan dalam sistem penerangan alami di berbagai sektor.
  3. Rekayasa Material
    Konsentrasi ini memfokuskan peminatnya dalam mempelajari metode pengembangan material baru, seperti teknologi sensor, semi konduktor, magnetik, teknik lapisan tipis, dan material keramik. Selain itu juga konsentrasi ini juga akan memfokuskan dalam pemahaman fisika nuklir. Peminat Konsentrasi ini diharapkan dapat mengembangkan ilmunya dalam bidang Konstruksi Bangunan, Pemanfaatan Bahan Komposit, Industri Digantara dan Otomotif.
  4. Rekayasa Fotonika
    Konsentrasi ini memfokuskan peminatnya dalam mempelajari insrumentasi optik, seperti pengolahan Sinyal Optik dan Sistem Deteksi (Teknik Laser), Sistem Komunikasi Serat Optik, Image Processing, dan Teknik Pembangkitan Cahaya.
  5. Rekayasa Energi
    Konsentrasi ini memfokuskan peminatnya dalam mempelajari konversi energi dan manajemen enegi. Selain itu konsentrasi ini juga akan memfokuskan dalam pemahaman Sistem Pendingin dan Tata Udara suatu bangunan, Perancangan Kilang Pertambangan Migas, Perancangan Ventilasi, Sistem Tata Udara, Clean Room and Cryogenics Engineering.

Share this:

1 comment :

  1. Kalau saya sih kurang berminat soalnya dulu lulus smk, terus lulusan pendidikan kewarganegaraan, jadinya kurang dasar dalam soal fisika.

    Tapi makasih infonya mas.

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes