BREAKING NEWS

Monday, August 19, 2013

KEBIASAAN MENGIGIT JARI BISA BAHAYA LOH!

Pernahkah kalian ketika masih bayi mengigit jari.. Pasti pernah toh.. Tapi bagaimana kalo kita sudah besar masih kebiasaan mengigit Jari? hayooo.. Pasti ada beberapa orang yang kebiasaan mengigit jari sampai gede. Secara refleks tanpa sadar kita mnegigit jari. Tapi tahukah kalian bahwa mengigit jari itu bisa bikin bahaya. Hah.. Masa? 

Dari sisi kesehatan, kebiasaan mengigit jari bisa menyebabkan berbagai penyakit yang diakibatkan oleh virus dan bakteri, seperti Influenza, Typhus, dan penyakit lainnya. Tapi bukan ini yang akan dibahas didalam artikel ini. 

Tenyata, kebiasaan mengigit jari ini bisa saja menunjukkan bahwa awal orang terkena gangguan kecemasan. Para ahli dari American Psychiatric Association’s Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders mengkategorikan kebiasaan mengigit jari sebagai indikator seseorang mengalami gangguan Obsesif Kompulsi (OCD)


Gangguan Obsesif dan Kompulsif atau Obsessive Compulsive Disorder (OCD) merupakan salah satu gangguan kecemasan dimana seseorang melakukan kegiatan yang berulang-ulang untuk meredam kecemasannya. Penderita OCD biasanya melakukan kebiasaan-kebiasaan yang mengakibatkan dirinya stress. Untuk menghilangkan stress, biasanya mereka melakukan kegiatan secara berulang-ulang. Sebagai contoh, biasanya penderita OCD mencuci tangannya hingga beberapa kali hingga dirinya merasa tangannya tidak kotor lagi, atau juga selalu merapihkan sepatunya agar tidak terlihat jelek. Gangguan ini menyebabkan seseorang harus melakukan kegiatan se-deatil dan se-sempurna mungkin.

Dalam kasus kebiasaan mengigit jari secara obsesif, faktor penyebab seseorang  melakukan kegiatan  berulang-ulang karena bukan masalah pada kukunya, akan tetapi ada tekanan dari otak untuk melakukan kegiatan secara berulang-ulang, selain itu faktor lain yang menyebabkan seseorang memiliki kebiasaan mengigit jari  ialah stress pada kegiatan sehari-harinya.

Untuk menghindari kebiasaan mengemut jari, cobalah untuk menghindari penyebab yang pemicu kebiasaan tersebut. Sibukkan diri dengan hal-hal yang bermanfaat agar kita terhindar dari kecemasan dan stress. Selain itu, juga kita sibukkan tangan dan mulut kita, supaya tidak terus menerus mengigit jari. Dari segi kesehatan, Potonglah pendek kuku secara rapih.

Referensi: Doktersehat.com

Share this:

17 comments :

  1. jiah ane sering kayak gitu -_-
    komen back :3
    http://imanyusufbidin.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. wah baru tau gan :o jadi ngeri nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang aja gan, kalo misalnya kita nahan ga gigit jari 5 menit aja, terus ngerasa ga enak ditambah lagi ada tekanan stress nah itu yg musti diwaspadai

      Delete
  3. Waowww , ane sering bangett sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. setiap orang pasti ga sengaja begitu gan, tapi yg harus diperhatikan kalo misalnya udah ada perasaan kalo ga gigit jari rasanya ga enak baru itu yang harus diwaspadai

      Delete
  4. ngeri nih
    makasih infonya :D
    komen back http://ridhonaufaal.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. untung udah berenti gigit jarinya. soalnya udah gak enak. hoho
    makasih atas infonya gan. sangat bermanfaat.
    komen balik ya
    http://yadomifuruya.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. thx gan udah berkunjung disini, jangan bosen" ya mampir kesini lagi :D

      Delete
  6. untung ane ga pernah hahahaa
    mampir balik ya sob

    ReplyDelete
  7. Nggak suka gigit jari. -_-
    sukanya gigit bibir cewek. :D

    hahahahaha..

    ReplyDelete
  8. Waduh, kebetulan saya salah satu pengidap kebiasaan ini. Karena saya sering berfikir dengan konsentrasi penuh sambil menggigit jari, karena menjadi kebiasaan, kemampuan berpikir saya pun menjadi terkompensasi dengan cara menggigit jari ..

    tetapi yang dikatakan Bung Penulis Artikel ini benar sekali, bahwa saya juga baru sadar ternyata mengidap gangguan OCD :D

    Nice artikel gan
    darkflash21.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok gan makasih, beneran kawan menderita OCD juga??

      Delete
  9. Kemana" mending bawa donat saja yak daripada gigit jari mending gigit donat saja efect sampingnya bahaya gitu sih :D

    ReplyDelete
  10. Ternyata ada efek secara psikologis juga yah..menimbulkan stimulasi aneh..

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes