BREAKING NEWS

Friday, November 8, 2013

HUBUNGAN ILMU MANAJEMEN DENGAN ILMU LAINNYA



Ikubaru's Blogzia-Ilmu Manajemen merupakan ilmu yang mempelajari mengenai proses pengaturan yang berdasarkan fungsi-fungsi manajemen dan bagaimana proses dalam mewujudkan tujuan yang ingin dicapai. Manajemen dapat dikatakan sebagai suatu ilmu karena telah tersusun secara sistematis, diolah berdasarkan fakta, dapat dipelajari dan diajarkan, bersifat objektif dan rasional, serta diperoleh menggunakan metode-metode ilmiah.


Dari syarat ini maka manajemen berkembang menjadi Science Management dan Scientific Management. Penjelasan mengenai Science Management dan Scientific Management dapat dilihat disini. Sebagai Ilmu yang dapat berdiri sendiri, Ilmu Manajemen memiliki hubungan dengan Ilmu lainnya, yakni sebagai berikut:

  1. Ilmu Manajemen dengan Ilmu Psikologi
    Ilmu Manajemen menganalisa hal-hal yang berkenaan dengan psikologi karyawan disuatu karyawan. Bidang yang dikaji ialah Motivasi Kerja, Stress Pekerjaan, dan Lingkungan Karyawan dalam Perusahaan terhadap Produktivitas Kerja Karyawan itu sendiri. Selain itu, Keterkaitan ini juga termasuk dalam hal perekrutran kerja.

    Dalam menganalisanya diperlukan teori-teori Psikologi yang mendukung dalam menjelaskan gejala-gejala dalam suatu perusahaan. Hubungan antara Ilmu Manajemen dengan Ilmu Psikologi akan banyak dikaji dalam Manajemen SDM atau Personalia.
  2. Ilmu Manajemen dengan Ilmu Hukum
    Dalam Perjanian Bisnis diperlukan dasar hukum yang kuat agar perjanjian yang dibuat dapat berjalan dengan lancar. Dalam hal ini terdapat kajian Manajerial terhadap aspkek-aspek hokum dalam kegiatan manajerial perusahaan.

  3. Ilmu Manajemen dengan Ilmu Komunikasi
    Komunikasi sangatlah penting dalam kegiatan manajerial yang terjadi disuatu perusahaan. Ilmu Manajemen sangatlah berkaitan dengan Ilmu Komunikasi dalam bidang Kehumasan Perusahaan, Surat menyurat Bisnis, serta Pemasaran Produk.
  4. Ilmu Manajemen dengan Ilmu Sistem Informasi
    Sistem Informasi Manajemen dibutuhkan dalam mengelola informasi yang telah diterima dalam rangka pengambilan keputusan oleh manajer.  Ilmu Sistem Informasi  dalam kegiatan manajerial mendasari konektivitas dan  pengelolaan data dan informasi . Konektivitas ini berjalan dari Pembuat, Operator, dan Pengguna Sistem Informasi Manajemen itu sendiri.

  5. Ilmu Manajemen dengan Ilmu Statistika
    Statistika berperan dalam menganalisa data manajerial yang berbentuk angka-angka (kuantitatif) dan menyusunnya secara sistematis. Analisis Manajerial ini bisa berupa analisa proababilitas, maupun analisa statistikal murni. Statistika banyak digunakan dalam analisis pembuatan penelitian karya tulis dibidang manajemen.

Share this:

6 comments :

  1. serasa kuliah nih baca ini.. terus dihapalin paginya kuis hehe

    ReplyDelete
  2. Bermanfaat sekali :D ilmu dasar buat kuliah nanti ini

    ReplyDelete
  3. Sip gan sebagai pembelajaran dan motivasi untuk saya dan orang banyak

    ReplyDelete
  4. Sip gan sebagai bekal untuk motivasi saya

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes