CARA MUDAH MEMPELAJARI STATISTIKA DASAR


Statistik?? Hah.. denger nama statistik udah bikin pusing, isinya rumus-rumus yang ajibb ribet bener. Mungkin itu yang pernah ane dan sobat semua pikirkan pas ketemu pelajaran STATISTIKA. Memang statistika itu penuh dengan angka dan rumus, tapi eitss.. tunggu dulu coba ilangin deh pikiran kaya gitu. Semakin sobat berpikir seperti itu, semakin statistika terasa sangat sulit. 

Statistika sangat berguna loh sob, misalnya dalam menghitung jumlah perolehan suara dalam pemilu, tingkat penjualan dalam bisnis, menghitung indeks harga, menghitung hubungan antara variable bebas dan terikat dalam  penelitian, dan lain-lain.  :D

Ada beberapa tips yang berhasil ane kumpulin dan Alhamdulillah berhasil mengahapus pikiran buruk tentang statistika. Mudah-mudahan bisa membantu sobat semua dalam memahami Stastistika. CEKIDOT NYOOKK!!



  1. Jangan sekali-kali menghapalkan rumus, tapi pahami rumusnya.  Karena apabila kita menghapalkan rumus justru membuat kita menjadi beban dalam memperlajari materi tersebut.
  2. Pahami simbol-simbol yang ada dalam rumus. Dalam statistika pahamilah bagaimana simbol yang akan dipakai, seperti simbol  ∑ (Sigma) yang menandakan jumlah data atau frekuensi. Selain itu, ada juga simbol  ∑F yang berarti jumlah frekuensi kumulatif. Dari sini kita dapat membedakan simbol yang ada dan dapat mengaplikasikannya.
  3. Jangan liat rumus dulu. Ketika kita melihat rumus dulu pasti berpikir bagaimana cara menghitungnya, dari mana kita memulainya. Hilangkan cara seperti itu, coba ubah dengan memahami darimana angka-angka itu berasal dan bagaimana jalannya.
  4. Pahami data yang ada. Dengan memahami data yang ada, kita dapat mengetahui langkah-langkah perhitungannya, misalnya pada mencari tepi bawah kelas. Kita dapat mencarinya dengan mengurangi 0,5 dari data yang terkecil, contoh dalam data terdapat kelas 10-29, maka tepi bawah kelasnya ialah 10-0,5 = 9,5 karena 10 merupakan kelas terkecil dari data tersebut.
  5. Jadikan Tantangan itu bukan sebagai penghalang, tapi jadikan motivasi untuk dapat bisa. Sama dengan statistik, mungkin statistik banyak rumus yang ngejlimet, tapi jangan jadikan kita untuk bilang tak mampu. Pada dasarnya sebuah niat yang didasari ketidakmampuan, maka seterusnya akan sulit untuk mengembangkannya. So, bilang pada hati kita bahwa KITA BISA MELAKUKANNYA,  I CAN DO IT, GANBANTTE..
  6. Rumus Median, Kuartil, Desil, dan Presentil itu sama loh. Coba liat rumus Median, Kuartil, Desil, dan Presentil mungkin akan terlihat sama, hanya saja yang membedakannya ialah dalam mencari letak Median dengan dibagi 2 dari jumlah data (1n/2), dalam mencari letak Kuartil dengan kuartil keberapa (i) dibagi 4 (in/4), letak desil ialah desil keberapa (i=1 sampai 9) dibagi 10 (in/10), dan letak presentil ialah presentil keberapa (i=10 sampai 99) dibagi 100 (in/100).

Itulah sedikit tips yang dapat diaplikasikan bagi sobat semua, mungkin ada yang mau menambahkan tipsnya. Semoga bermanfaat.

Bagi yang mau nge-kopi silahkan aja, asal cantumin juga ya alamat asalnya dari http://ikubarunovryan.blogspot.com

Terima kasih atas kunjungannya, semoga bisa menjadi referensi bagi sobat semua.
1 Komentar untuk "CARA MUDAH MEMPELAJARI STATISTIKA DASAR"

punya kumpulan simbol statistik beserta penjelasannya g gan?? tlg dong di share.

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

Back To Top