BREAKING NEWS

Friday, May 2, 2014

SAKIT GIGI? LIHAT NIH CARA MENYEMBUHKANYA!

Ikubaru's Blogzia-Pernahkah sobat merasakan sakit gigi yang amat sangat sampai guling-guling menahan rasa sakitnya.Uhh.. Tak terbayang sakitnya ya seperti apa. Dalam keadaan sakit gigi ini pasti kita akan terasa panik, mau makan ga bisa, dengar suara keras saja rasanya ingin marah. Hayoo.. Siapa yang pernah ngalamin seperti ini sampe bikin orang disekitarnya jadi ikutan ngamuk.. hehe #Bukan Saya.

Sakit Gigi diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti Gigi Berlubang, Karies Gigi, Gigi Retak, Abrasi Gigi, dan lain sebagainya. Seringkali kita melakukan kebiasaan yang dapat menagkibatkan gigi menjadi rusak, dan akhirnya menjadi Sakit Gigi. Pada umumnya sakit gigi disebabkan oleh kebiasaan kita makan makanan yang manis dan lupa membersihkannya. Selain itu perilaku yang terlalu keras pada gigi, seperti menggigit benda-benda keras (Es Batu, Membuka Kemasan dengan Gigi, dan Makan Keripik) dapat mengakibatkan gigi menjadi cepat aus, sehingga peranan fisik gigi akan terganggu. Penyebab lain dari Sakit Gigi ialah akibat dari Gingivitis atau Gusi Berdarah

Selengkapnya Mengenai Informasi Gusi Berdarah dapat dilihat di Artikel Ikubaru's Blogzia: Gosok Gigi Tiba-Tiba Ada Darah, Apa Itu?

Tahukah Sobat Sakit gigi juga dapat mengakibatkan penyakit lainnya juga loh, seperti Penyakit Jantung, Abses Otak, Leukimia (Akibat Gusi Berdarah), dan lain sebagainya. Jika Sakit Gigi sudah sampai level Kronis bisa mengakibatkan Kematian. Untuk itulah pentingnya kita dalam merawat gigi kita terhindar dari Sakit Gigi, karena didalam strukur gigi terdapat syaraf dan pembuluh darah halus yang dapat menjalar ke otak dan seluruh tubuh.


CARA MENYEMBUHKAN SAKIT GIGI

Apa yang sering kalian lakukan ketika sedang Sakit Gigi? Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan ketika sedang merasakan sakit gigi, yakni seperti:
  1. Kumur dengan Air Teh Tawar
    Zat Tanin yang ada di dalam daun Teh dipercaya dapat meredakan nyeri akibat sakit gigi. Selain itu juga Teh mengandung  Zat Antibakteri yang ampuh membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Langkah Pertama yang kita lakukan ialah Kumur dengan Air Teh tawar, bila perlu tempelkan kantung teh pada gigi yang sakit. Perlu diingat nih, gunakan air teh yang tawar saja, jangan pakai gula atau madu, karena dapat merusak gigi.
  2. Kunyah Bawang Putih
    Zat Antiseptik pada Bawang Putih dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab gigi berlubang. Caranya ialah pipihkan bawang putih hingga keluar minyaknya, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.
  3. Balurkan Cabe Rawit pada Gigi yang sakit
    Bagi pecinta pedas ga ada salahnya mencoba obat sakit gigi yang satu ini, caranya ialah potong ujung Cabe Rawit lalu panaskan hingga panas, lalu tempelkan pada gigi yang sakit, atau juga kita dapat larutkan pada air, istilahnya kita buat makanan yang pedas seperti Mie Instant.
  4. Makan Sayur Bayam
    Bayam mengandung Zat Besi yang tinggi dan Kalsium yang dapat meredakan nyeri akibat sakit gigi. Caranya makanlah Sayur Bayam yang segar, tidak terlalu matang, karena nutrisi yang terkandung dalam Bayam akan hilang apabila kita sajikan terlalu matang.

  5. Oleskan Getah Jarak pada Gigi yang Sakit
    Cara ini merupakan cara tradisional yang banyak dilakukan oleh banyak orang, caranya ialah Potong tangkai pohon jarak hingga mengeluarkan getahnya, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.
Apabila sakit Masih berlanjut dan semakin parah ada baiknya kita periksa ke Dokter Gigi terdekat untuk lebih jelasnya.

Untuk mencegah sakit gigi ada beberapa hal yang dapat kita lakukan, yakni:
  1. Gosoklah gigi 2 kali sehari ketika ABIS MAKAN dan SEBELUM TIDUR. BUKAN PAS MANDI PAGI DAN SORE. Itu kata dokter gigi.
  2. Jangan Gunakanlah pasta gigi  sepanjang sikat. Karena terlalu belebihan memakai pasta gigi tidak baik untuk gigi. Ingat segala yang berlebihan itu ga boleh. ^-^. Guinakan saja odol (pasta gigi) seujung sikat.
  3. Coba perhatikan arah sikat gigi sobat apakah sobat menggosok gigi secara horizontal (mendatar)? Nah, menyikat gigi secara horizontal akan menyebabkan abrasi gigi sehingga bagian gigi tertutup gusi akan terlihat.
  4. Yang paling terpenting periksa gigi 6 bulan sekali ke dokter gigi. Dengan memeriksakan gigi, kesehatan gigi sobat akan tertangani oleh dokter gigi.
Semoga Bermanfaat ya!!

Share this:

14 comments :

  1. ngunyah bawang putih memang sangat manjur buat ngilangin rasa sakit gigi gan, tapi terkadang baunya itu lho yang cetar membahana

    ReplyDelete
  2. hahahaha, gambarnya lucu abizzz,,,,

    ReplyDelete
  3. widih liat gambar nya ngeri :D Haha ...
    btw cara yg ini Balurkan Cabe Rawit pada Gigi yang sakit itu mah emang gak sakit lagi tapi yang ada jadi kepedasan :D Ada2 ajh ..

    ReplyDelete
  4. izin bookmark gan :v kebetulan kluarga ada yg sering sakit gigi ahahaha

    ReplyDelete
  5. +febri tri:
    haha cara'a memang gitu gan, kalo biar ga terlalu kepedessan mending smabiol bikin mie gan, kan jadi nikmat tuh :D

    ReplyDelete
  6. Informatif dan solutif... tipsnya sangat membantu memahami soal gigi... dan perawatannya itu point paling penting.... :)

    ReplyDelete
  7. tips nya bermanfaat banget, bagi yg sakit gigi monggo dicoba nih
    ane pengen nyoba tapi sayang lagi ga sakit gigi :D wkwk

    ReplyDelete
  8. Emang Benar Dengan Oleskan Getah Jarak pada Gigi yang Sakit Bisa Sembuh , Btw Itu Foto Bener
    Pengobatan Sakit Gigi ?

    ReplyDelete
  9. kalau saya mending minum es biar tambah mantep,karna sakit itu hrus di lawan

    ReplyDelete
  10. caranya sih sering ane pake,..
    tapi gambar nya itu lho gan.. ngakak abis.. :D

    ReplyDelete
  11. widih liat gambar nya ngeri :D Haha ...
    btw cara yg ini Balurkan Cabe Rawit pada Gigi yang sakit itu mah emang gak sakit lagi tapi yang ada jadi kepedasan :D Ada2 ajh ..

    ReplyDelete
  12. Gambarnya itu lho yang bikin saya ngakak, thx banget gan artikelnya sangat sangat bermanfaat bagi gue :v

    ReplyDelete
  13. hahaha itu gambarnya lucu banget gan...
    kalo ane sih, sakit gigi biasanya maenin lidah...yaa lidahnya ke gigi yg sakit, semacam kaya di congkel gitu :D

    makasih info nya gan, suatu saat kalo ane sakit gigi ane baca lagi nih artikel :)

    ReplyDelete
  14. Baru tau Cabe bisa untuk penyembuhan sakit gigi..jadi nambah pengetahuan nih..thanks bro..

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes