BREAKING NEWS

Thursday, May 1, 2014

REALITA PENDIDIKAN DI MASYARAKAT

Ikubaru's Blogzia-Pendidikan merupakan hak bagi seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali. Melalui Pendidikan seorang individu dapat mengangkat derajat diri, kelaurga, dan lingkungannya menjadi lebih baik. Dalam Agama Tuhan akan mengangkat derajat orang yang berilmu beberapa derajat, oleh sebab itu orang yang berilmu akan lebih dihormati dan dipercaya untuk berperan aktif dalam permasalahan kemasyarakatan.



Pendidikan akan semakin berperan dalam hal membangun kemampuan diri seseorang. Dengan pendidikan seseorang akan menghasilkanpemikiran-pemikiran baru dan inovasi terbaru dalam memberi solusi atas segala permasalahan yang timbul. Dengan pendidikan pula Skill seseorang akan timbul dan terasah serta siap dalam persaingan yang semakin hari semakin ketat.

Namun, seringkali seseorang lupa akan pentingnya pendidikan dalam pengembangan dirinya dan sebagai bekal di dunia kerja. Seringkali juga seseorang terlena akan penghailan yang didapat dan mengacuhkan pendidikan, sehingga angka Indeks Pembangunan Manusia Indonesia menjadi rendah dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura.

Realita di dunia kerja sebuah Formalitas Pendidikan akan senagat penting pernanannya dalam peningkatan karier seseorang. Walaupun seseorang memiliki skill yang mumpuni, akan tetapi tanpa didukung oleh Formalitas Pendidikan yangh cukup akan sulit rasanya dalam peningkatan karier.



ANGGAPAN SALAH MENGENAI PENDIDIKAN DAN KESUKSESAN


Pada masyarakat umum banyak terjadi salah persepsi mengenai pandangan sukses dan hubungannya dengan pendidikan, misalnya kita sering dengar:
Bill Gates aja bisa sukses walau tanpa Pendidikan
atau
Bob Sadino aja yang lulusan SD bisa jadi Pengusaha Hebat

Memang terkadang kata-kata tersebut bisa jadi motivasi, namun seringkali juga kata-kata tersebut malah jadi bumerang bagi kita yang hanya mau yang simple-nya saja. Seringkali juga kata-kata diatas jadi tameng bagi sebagian orang yang hanya berpikiran pendek dan beranggapan pendidikan itu tidak penting, karena yang pendidikannya kurang bisa sukses.

Mereka yang hanya berpatokan pendidikan itu tidak penting hanya melihat bagaimana luarnya saja, tanpa tahu makna dibalik proses kesuksesan tokoh diatas. Bill Gates dan Bob Sadino memang bukan sukses dari faktor pendidikan, namun karena didalam dirinya terdapat Kemampuan Superior yang jarang dimiliki oleh yang menganggap remeh pendidikan. Oleh sebab itu, apakah kita yang sering menganggap Pendidikan tidak penting bisa seperti mereka tanpa skill yang cukup, maka dari pada itu kita sangat memerlukan Pendidikan sebagai Fasilitator Kemampuan diri kita.
 
Selengkapnya mengenai Kesuksesan dan Pendidikan dapat Anda simak di Ikubaru's Blogzia: Kesuksesan Itu Dari Pendidikan? 




ANGGAPAN PENDIDIKAN MINIMAL DALAM SUATU PRASYARAT



Banyak orang menganggap bahwa Pendidikan Menengah Atas sudah cukup sebagai bekal dalam karier karena merupakan minimal kerja dan tidak berfikir lagi untuk melanjutkan studi ke Jenjang Perguruan Tinggi. Padahal pada 2015 ASEAN COMMUNITY, tingkat persaingan kerja akan semakin ketat dan kebutuhan tenaga ahli akan banyak dibutuhkan, tanpa skill yang mumpuni dan Formalitas Pendidikan yang cukup sulit untuk dapat memenangkan persaingan karier. Untuk itulah maka usahakan kita harus bisa melanjutkan ke Jenjang yang lebih tinggi tanpa harus meninggalkan karier kita.


Bagi para Karyawan dan Pekerja yang tidak punya banyak waktu dapat melanjutkan pendidikannya ke Perguruan Tinggi dengan cara mengambil Kelas Karyawan atau Ekstensi. Pada saat ini mulai banyak Perguruan Tinggi yang menyelenggarakan Kelas Karyawan dengan biaya pendidikan yang bervariasi dan kualitasnya yang tidak kalah dengan Perkuliahan Kelas Reguler. 





HAMBATAN PENDIDIKAN DI WILAYAH TERPENCIL


Tak dipungkiri yang menjadi hambatan pendidikan di daerah terpencil ialah akses informasi mengenai pendidikan dan program beasiswa yang ada. Selain itu aspek Geografis juga turut andil dalam permasalahan pendidikan di wilayah terpencil. Solusi permasalahan ini memang diperlukan kepedulian bukan hanya pemerintah namun juga semua elemen masyarakat. Belum lama ini Rektor Universitas Paramadina, Anis Baswedan memiliki program "Indonesia Mengajar" yang diharapkan dapat pendidikan merata bagi seluruh rakyat Indonesia. Selain itu daerah terpencil juga harus memiliki akses inetrnet dan listrik yang memadai agar Pelaksanaan Program E-Learning dapat berjalan maskimal.





PENDIDIKAN SEBAGAI PEMBANGKIT JIWA KEWIRAUSAHAAN

Kewirausahaan memang lahir dari diri seseorang, namun banyak orang yang tidak menyadari kemampuan mereka dalam berwiarusaha. Untuk dapat menggali dan melatih kemampuan berwirausaha tak jarang diperlukan sebuah pendidikan dan pelatihan bagi individu-individu yang diharapkan menjadi Wirausaha yang sukses.

Pendidikan dalam berwiarusaha tidak hanya terbatas pada kemampuan dan penggalian potensi wiarusaha, namun juga didasarka pada pelatihan dan penggalian skill yang menunjang kewirausahaan, seperti Kemampuan mengoperasikan mesin industri, Pembuatan Produk dan Jasa yang berkualitas, serta Riset mengenai kulaitas produk. Dari Pendidikan ini lah muncul tindakan Kreativitas dan Inovasi mengenai Produk.

Selengkapnya mengenai Kerativitas dan Inovasi dapat Anda lihat di Ikubaru's Blogzia: Kreativitas dan Inovasi




KEACUHAN LINGKUNGAN PADA PENDIDIKAN 



Hal ini banyak terjadi di masyarakat ketika secara keuangan dan fisik sudah mencukupi, namun minat dan kesdaran pendidikan sangat minim. Banyak yang kita lihat di beberapa daerah tidak hanya daerah terpencil, namun juga didaerah perkotaan. Realita yang terjadi pernah suatu ketika orang tua yang dirasa cukup dalam finansial dan fisik tidak memperbolehkan anaknya untuk bersekolah ke jenjang yang lebih tinggi, hal ini didasarkan pada keacuhan dan feodalisme pemikiran akan pendidikan, sehingga timbul sebuah perspsi bahwa Pendidikan itu Tidak Penting. Lalu Bagaimana kita bersaing di Era Digital ini sedangkan Keacuhan Masyarakat seperti ini banyak terjadi.

Demikian Artikel ini semoga kita dapat meresapi makna Pendidikan dan mengambil Hikmah mengenai pendidikan. Mohon Maaf apabila ada kesalahan kata dalam penulisan artikel ini.


SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL, 2 MEI

Share this:

4 comments :

  1. Bener Mas :3 , Dan Pemerintah Pun Harus Nya Lebih Membantu Para anak2 Yang Tidak bisa sekolah karena biaya
    Dan Harusnya membangun sekolah2 Di Daerah terpencil Karena masih banyak Anak2 Yang Tidak Sekolah :D

    ReplyDelete
  2. ane sutuju banget gan, kita harus melihat orang yag berada dibawah kita

    ReplyDelete
  3. gmna pendapat anda tentang pendidikan otodidak gan

    ReplyDelete
  4. Barometer:
    Suatu keahlian otodidak bermula dari kemampuan seseorang untuk mau belajar dan berkeinginan tinggi untuk bisa melakukan sesuatu. Memang otodidak tidak berawal dari pendidikan, namun jika seseorang yang memiliki keahlian tinggi dikolaborasikan dengan pendidikan, maka akan semakin tinggi ilmu yg didapatnya. Misalkan dalam berbisnis, banyak orang yang jago berbisnis, akan tetapi dengan dikolaborasikan dengan pendidikan akan menambah kualitas keahliannya :D

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes