BREAKING NEWS

Wednesday, May 8, 2013

GOSOK GIGI TIBA-TIBA ADA DARAH?! APA ITU?

Pernakah sobat ketika sedang sikat gigi tiba-tiba ada darah yang keluar?! Mungkin sebagian orang pernah mengalami masalah ini termasuk saya juga pernah mengalaminya hingga membuat jengkel. Kenapa bisa begitu ya? Itu adalah Gusi berdarah. Kali ini Ikubaru Blogzia akan membahas mengenai gusi berdarah dan penyebabnya.

Sobat harus tau nih apa sih penyebab gusi berdarah? Gusi berdarah berdarah biasanya disebabkan oleh menumpuknya plak dan karang gigi (kalkulus) di leher gigi. Munculnya plak disebabkan oleh lapisan transparan gigi (pellicle) dikolonisasi oleh bakteri. Nah, apabila tidak segera dibersihkan maka akan terjadi pengerasan dan jadilah karang gigi.

Dari tumpukkan bakteri yang ada di karang gigi bisa mengakibatkan radang gusi loh atau gingivitis. Apabila dibiarkan terus menerus bisa menimbulkan kantung gusi, dan akan menyebabkan pendarahan pada gusi. Apabila sudah parah akan menyebabkan gigi cepat goyang dan akan copot (periodontitis). Wahh.. serem banget ya!!

Selain itu juga gusi berdarah bisa diakibatkan oleh perilaku buruk kita saat gosok gigi loh, misalnya seperti terlalu kasar dalam gosok gigi. Atau juga bisa saja kita kekurangan vitamin C. Khusus untuk kekurangan vitamin C biasanya gusi akan mengalami pembengkakan yang dinamakan Scurvy

Oya, satu lagi mengenai penyebab gusi berdarah, yang ini lebih serius. Gusi berdarah bisa diakibatkan oleh penyakit kelainan darah, seperti Leukimia dan Trombositopenia. Penyebab gusi berdarah akibat penyakit Leukimia biasanya terjadi karena gusi terserang oleh sel leukosit (sel darah putih) yang ganas, sehingga menyebabkan gusi menjadi bengkak. Selain itu, gusi berdarah juga disebabkan oleh Trombositopenia. pada penderita Trombositopenia, gusi yang berdarah akan sulit untuk membeku.


Terus bagaimana cara pencegahannya? Ok.. Ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya gusi berdarah. Yukk kita lihat cara-caranya!
  1. Gosoklah gigi 2 kali sehari ketika ABIS MAKAN dan SEBELUM TIDUR. BUKAN PAS MANDI PAGI DAN SORE. Itu kata dokter gigi.
  2. Jangan Gunakanlah pasta gigi  sepanjang sikat. Karena terlalu belebihan memakai pasta gigi tidak baik untuk gigi. Ingat segala yang berlebihan itu ga boleh. ^-^. Guinakan saja odol (pasta gigi) seujung sikat.
  3. Coba perhatikan arah sikat gigi sobat apakah sobat menggosok gigi secara horizontal (mendatar)? Nah, menyikat gigi secara horizontal akan menyebabkan abrasi gigi sehingga bagian gigi tertutup gusi akan terlihat.
  4. Yang paling terpenting periksa gigi 6 bulan sekali ke dokter gigi. Dengan memeriksakan gigi, kesehatan gigi sobat akan tertangani oleh dokter gigi.

Referensi Artikel:

Share this:

4 comments :

  1. thanks gan artikelnya menarik , membantu agar gigi sehat
    Visit back
    http://pusat-sekolah.blogspot.com/2013/09/materi-fisika-usaha-dan-daya-dengan.html

    ReplyDelete
  2. ntar ane kasih tau sama keponakan ane yang suka makan permen.
    nice gan! :D

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes