BREAKING NEWS

Thursday, May 9, 2013

CARA MENGATASI MATA MINUS

Hallo sobat ketemu lagi nih di blog ini, kali ini Ikubaru Blogzia  akan membahas tentang cara mengatasi mata minus. Mata minus memang jadi problem tersendiri bagi penderitanya, ga bisa liat jauh dan harus dibantu sama kacamata buat ngeliat jauh. Tapi ada juga yang pake softlens untuk bisa melihat jauh. Saya juga termasuk yang memakai kacamata, bahkan belom lama ini minus mata saya naik -0,5 jadi -2,0. Wahh repot nih..!! 0,0"

Kemaren pas pemeriksaan mata di salah satu rumah sakit di Kota Bogor, si dokter berpesan bahwa untuk umur 0-20 tahun mata masih perlu untuk menyesuaikan untuk melihat fokus (si dokter bilang masih perlu belajar untuk melihat), nah untuk itu perlu kacamata untuk bisa mebiasakan melihat fokus. Tapi mungkin ada beberapa orang yang udah cape pake kacamata mulu, maka dari pada itu ada juga menggantinya dengan softlens. 


Softlens atau Lensa kontak pada saat ini banyak digunakan untuk menggantikan fungsi kacamata. Penggunaan softlense ini memang terkesan simple karena tidak bikin kuping cape akibat kejepit gagang kacamata. Tapi bagaimana dengan perawatan softlense? Disini harus banyak diperhatikan loh! Orang yang menggunakan softlense haruslah orang yang apik, karena perawatan softlense ini sangat ribet yakni harus dicuci setiap selesai dipakai. Belom lagi apabila kita secara ga sengaja lewat ditempat berdebu, wah pasti bisa bikin kelilipan, dan ga sengaja kita ngucek mata.

Terus gimana donk?! Tenang ada beberapa terapi untuk mengatasi mata minus. Menurut dr. Bates ada beberapa terapi yang disarankan untuk menangani mata minus:
  1. Terapi pertama ialah relaksasi mata dengan cara menutup mata dengan bantal. Caranya ialah taruhlah  bantal sejajar dengan mata. Terus taruh siku tangan kita di atas bantal lalu tutup rapat kedua mata dengan telapak tangan. Lanjutkan dengan bernapas secara perlahan, rileks, dan bayangkan Anda berada dalam kegelapan. Lakukan latihan ini selama 10 menit sebanyak  2 – 3 kali sehari.
  2. Terapi kedua ialah dengan sesekali mengalihkan pandangan dari layar komputer. menatap komputer secara terus-terusan bisa bikin mata menjadi minus, oleh karena itu alihkan beberapa saat pada benda yang ada disekeliling kita. 
  3. Terapi Ketiga ialah dengan memejamkan mata sambil menatap matahari. Caranya ialah pejamkan mata sambil menatap matahari. Kemudian gerakkan kepala kekiri dan kekanan sampai hampir menyentuh pundak. Gerakkanlah selama 3-5 menit.
  4. Terapi ketiga ialah dengan menggerakan bola mata. Caranya Lakukan gerakkan ini dengan berdiri dan fokus menatap titik yang letaknya jauh dari Anda. Lalu gerakkan bola mata dari kanan ke kiri sambil berkedip 100 kali setiap harinya. Berkedip berfungsi untuk melumasi dan membersihkan mata.


Referensi:
Doktersehat.com





Share this:

Post a Comment

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes