BREAKING NEWS

Monday, February 10, 2014

PRODI TEKNIK TELEKOMUNIKASI BAGUS GA SIH?

Ikubaru's Blogzia-Perkembangan zaman yang semakin pesat mendorong pula pada perkembangan komunikasi manusia. Dahulu komunikasi hanya dilakukan melalui mulut ke mulut atau menggunakan surat menyurat, akan tetapi pada saat ini komunikasi telah berkembang dengan penggunaan media telekomunikasi, seperti Handphone, Smartphone, dan Internet.


Perkembangan telekomunikasi tak telepas kaitannya dengan Provider atau Operator Telekomunikasi sebagai penyedia layanan jaringan telekomunikasi. Persaingan dalam penyediaan layanan telekomunikasi bagi masyarakat mendorong pula pada kualitas jaringan telekomunikasi, untuk itulah maka banyak dibutuhkan tenaga ahli dalam bidang Telekomunikasi. Disinilah Sarjana Teknik Telekomunikasi banyak dibutuhkan dalam dunia kerja.

Kali ini Ikubaru's Blogzia akan membahas mengenai review Prodi Teknik Telekomunikasi di Perguruan Tinggi. Prodi Teknik Telekomunikasi merupakan salah satu prodi yang tergabung dalam Fakultas Teknik bersama prodi Teknik lainnya. Pada beberapa Perguruan Tinggi, Teknik Telekomunikasi tergabung bersama Prodi Ilmu Komputer dengan naungan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika.

Dalam Teknik Telekomunikasi banyak mengkaji mengenai pengembangan teknologi komunikasi seperti sistem GSM, CDMA, dan 3G or 4G. Dalam Teknik Telekomunikasi juga banyak mempelajari rekayasa trafik, broadband telecommunication, Komunikasi Fiber Optik, dan Wireless Communication. Di PTN, Teknik Telekomunikasi sendiri dijadikan konsentrasi Prodi Teknik Elektronika. Untuk di beberapa Perguruan Tinggi, ada yang menyelenggarakan Prodi Teknik Telekomunikasi secara tersendiri.

Lulusan Prodi Teknik Telekomunikasi akan dianugerahkan gelar akademik Sarjana Teknik (S.T). Para lulusan Prodi Teknik Telekomunikasi banyak menduduki posisi strategis diperusahaan operator telekomunikasi, stasiun televisi atau radio, perbankan, perusahaan internet, dan penerbangan. Lulusan Prodi Telekomunikasi berpeluang dalam bidang perawatan dan rekaysa jaringan telekomunikasi, serta menjadi konsultan telekomunikasi. Dalam bidang pendidikan, lulusan Teknik elekomunikasi juga dapat menjadi staff pengajar di Perguruan Tinggi dalam bidang Telekomunikasi.

KONSENTRASI TEKNIK TELEKOMUNIKASI

  1. Sistem Komunikasi
    Peminat Konsentrasi ini akan dibekali oleh kemampuan dalam mendesain perangkat telekomunikasi secara terintegrasi, seperti sistem seluler (GSM atau CDMA), sistem komunikasi frekuensi tinggi (microwave, milimeterwave, terahertzwave). Selain itu peminat konsentrasi ini akan dibekali pengetahuan dalam pengolahan sinyal, teknik kompresi data, dan perancangan filter lanjut.
  2. Jaringan Telekomunikasi
    Peminat Konsentrasi ini akan dibekali oleh kemampuan dalam desain, implementasi, troubleshooting, maintenance, dan optimalisasi jaringan telekomunikasi (Hardware dan Software), seperti LANM, MAN, NGN, dan broadband. Selain itu peminat konsentrasi ini dibekali pemrograman, aplikasi berbasis program, rekayasa perangkat lunak dalam kajian Telekomunikasi.
Pict by:
Universetoday.com



Share this:

Post a Comment

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes