BREAKING NEWS

Wednesday, February 12, 2014

PRODI SOSIOLOGI, PRODINYA ANAK SOSIAL?

Ikubaru's Blogzia-Bagi anak Sosial pelajaran Sosiologi bukan lagi pelajaran yang asing lagi. Pelajaran Sosiologi merupakan salah satu pelajaran inti dari jurusan IPS di SMA. Dalam Ilmu Sosiologi banyak mempelajari hubungan seorang individu dengan individu lain dan kelompok. Dalam Ilmu Sosiologi banyak membantu dalam penyelesaian masalah-masalah kemasyrakatan dan lingkungan sosial lainnya. Untuk lebih jelas mengenai Ilmu Sosiologi dapat dilihat di Ikubaru's Blogzia : Sosiologi.


Bagi anak-anak yang duduk dikelas XII masalah yang dihadapi ialah bagaimana setelah lulus nanti, apakah mau Kuliah atau Bekerja. Khusus untuk yang ingin berkuliah, pasti akan dihadapkan lagi pada jurusan apa dan perguruan tinggi mana, apakah mau di PTN atau di PTS. Memang banyak yang harus dipertimbangkan ketika ingin berkuliah, tapi semua ini haruslah didasarkan pada minat dan bakat kita, serta kemampuan antara kita dan orang tua.

Kali ini Ikubaru's Blogzia akan membahas mengenai salah satu prodi yang banyak diminati anak sosial, yakni Prodi Sosiologi. Prodi Sosiologi memang merupakan salah satu prodi yang tergabung dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politi (FISIP), bersama Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, Administrasi Negara dan lain-lain. Pada dasarnya mayoritas peminat prodi Sosiologi ialah berasal dari lulusan IPS di SMA, namun tak menutup kemungkinan Prodi Sosiologi juga diminati lulusan lain seperti IPA dan SMK.

Pada PTN, prodi Sosiologi cukup banyak diminati seperti halnya di Universitas Indonesia yang menjadi pelopor ilmu Sosiologi di Indonesia dan banyak melahirkan Sosiolog penting di Indonesia, seperti Koentjaningrat, Soerjono Soekanto, dan lain-lain. Sosiologi di UI menduduki Prodi yang cukup diminati dalam kelompok FISIP. Selain itu di Universitas Gadjah Mada Prodi Sosiologi juga menduduki prodi FISIP yang cukup diminati. Namun, di Universitas Udayana Prodi Sosiologi termasuk prodi yang kurang diminati.


GELAR AKADEMIK DAN PROSPEK KARIER PRODI SOSIOLOGI

Lulusan Prodi Sosiologi akan dianugerahkan gelar akademik sebagai Sarjana Sosial / Sarjana Sosiologi (S.Sos). Para lulusan Prodi Sosiologi banyak berkarier diberbagai bidang baik di perusahaan, media, maupun di lembaga penelitian. Adapun prospek karier Prodi Sosiologi ialah sebagai berikut:
  1. Sosiolog Perburuhan
  2. Sosiolog Hukum
  3. Sosiolog Pendidikan
  4. Pegawai CSR pada perusahaan
  5. Sinematograf
  6. Jurnalis
  7. Analis Sosial 
  8. Staff Pengajar baik di Perguruan Tinggi maupun di Sekolah Menengah.

Share this:

Post a Comment

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes