BREAKING NEWS

Saturday, November 23, 2013

PRODI ILMU KOMUNIKASI ITU SEPERTI APA?


Menjelang lulus SMA kalian mulai bingung mau melanjutkan ke Prodi apa di Perguruan Tinggi. Kalian ingin banget masuk prodi itu, bingung sama prospek masa depannya. Mau masuk prodi ini orang tua ga mendukung. Memang rasanya serba salah mau masuk prodi yang menurut kita enak tapi orang tua belum tentu mendukung.

Daripada bingung, Kali ini Ikubaru’s Blogzia akan membahas salah satu prodi yang banyak diminati dan memiliki prospek kerja yang bagus nantinya. Tertarik? Ok Kali ini kita akan membahas mengenai Prodi Ilmu Komunikasi. Ilmu Komunikasi merupakan salah satu prodi yang tergabung dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), tapi ada beberapa Perguruan Tinggi yang memasukkannya dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB).

Peminat Ilmu Komunikasi di berbagai Perguruan Tinggi sangatlah tinggi, baik di PTN maupun di PTS. Untuk di IPB, Prodi Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat menjadi 5 besar Prodi tertinggi peminatnya. Sedangkan di UNPAD, Prodi Ilmu Komunikasi menjadi Prodi tertinggi peminatnya di kelompok Sosial Humaniora. Selain dari PTN tadi, Ilmu Komunikasi juga sangat banyak diminati diberbagai PTS di Jakarta maupun di daerah. Gelar Akademik untuk Prodi Ilmu Komunikasi ialah S.Sos (Sarjana Sosial). Ada beberapa Perguruan Tinggi yang memberikan gelar akademik untuk Prodi Ilmu Komunikasi yakni S.I.Kom (Sarjana Ilmu Komunikasi).

Tingginya peminat Ilmu Komunikasi dimungkinkan oleh kebutuhan karir yang sangat dibutuhkan dalam bidang komunikasi massa, serta peluang karir yang luas. Peluang karir dari prodi Ilmu Komunikasi ialah:
  1.  Jurnalis
  2.  Penyiar
  3.  Reporter
  4. Copy Writer dalam produksi berita
  5. Media Planner
  6. Public Relation di berbagai perusahaan swasta maupun Negara, serta instansi pemerintahan
  7. Marketing
  8. Presenter
  9. Event Organizer dan MC
  10. Desainer Iklan
  11. Media Research
  12. Staff Pengajar di bidang Komunikasi

KONSENTRASI ILMU KOMUNIKASI

Kalian sering kan nonton televisi, apa yang sering kalian tonton, FTV-kah, Sinetron, atau Berita, atau juga iklan.. hehe Sering nonton iklan juga kan? Selain itu kalian pernah melihat bahkan menjadi HUMAS di suatu event atau organisasi. Nah, Iklan dan HUMAS juga akan dibahas dalam Ilmu Komunikasi.  

Menurut pandangan kalian Ilmu Komunikasi itu seperti apa? Pasti yang terlintas tentang jurnalistik kan. Ternyata Ilmu Komunikasi tidak sebatas pada komunikasi saja, akan tetapi banyak bidang cangkupannya. Di Prodi Ilmu Komunikasi ada 4 Konsentrasi, yakni:
  1. Jurnalistik
    Konsentrasi Jurnalistik memang banyak diburu oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi karena banyak membahas mengenai kegiatan pertelevisian dan media massa lainnya. Di Konsentrasi Jurnalistik akan membekali pemintanya dengan kemampuan reportase, manajemen dan penyajian berita, manajemen media massa, teknik pencarian dan pengolahan berita, produksi siaran radio, fotografi, dan lain sebagainya.

  2. Periklanan
    Konsentrasi Periklanan membekali peminatnya dengan berbagai kemampuan periklanan, seperti manajemen periklanan, komunikasi grafis periklanan, komunikasi bisnis dan pemasaran, analisis perilaku konsumen terhadap produk, fotografi, produksi media cetak, teknik pembuatan iklan, dan lain sebagainya.
  3. Hubungan Masyarakat (Humas)
    Konsentrasi Hubungan Masyarakat merupakan salah satu konsentrasi yang banyak dibutuhkan dalam suatu perusahaan yakni dalam memberi informasi kepada masyarakat terhadap kegiatan perusahaan tersebut. Konsentrasi  Humas membekali para peminatnya dengan berbagai kemampuan, yakni keprotokolan, pemasaran jasa Humas, media Humas, komunikasi grafis kehumasan, praktek humas, dan lain sebagainya.

Sumber Gambar:
www.phonotheque.org


Share this:

10 comments :

  1. Owhh Seperti Itu :/ , Makasih Infonya!

    ReplyDelete
  2. wow, keren infonya, saya jadi ingin periklanan

    ReplyDelete
  3. wkwkwkwkw .. aseek infonya ! makasih dah share min. makasih juga buat nambah wawasan ane

    ReplyDelete
  4. baru tau saya gan, lumayan buat bekal besok di kuliah

    ReplyDelete
  5. klo lwt SNMPTN cuma buat jurusan ips ya ?

    ReplyDelete
  6. @r9: Untuk Prodi Ilmu Komunikasi memang termasuk kedalam Kelompok Soshum, akan tetapi bukan berarti prodi Ilmkom cuma buat anak IPS aja, anak STM juga bisa kok..

    Jika kamu anak IPA atau STM, kamu bisa ambil Kelompok IPC (Campuran).

    Ini berlaku juga untuk SNMPTN atau SBMPTN :D

    ReplyDelete
  7. saya tertarik mengambil prodi ilmu komunikasi. terimakasih bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  8. Komunikasi yg ada periklanan ada di ptn mana saja?

    ReplyDelete
  9. terimakasih infonya, sangat bermanfaat..
    semakin menambah keyakinan saya untuk masuk jurusan komunilasi nanti :)

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes