BREAKING NEWS

Monday, November 25, 2013

PRODI HUBUNGAN INTERNASIONAL ITU SEPERTI APA

Ikubaru's Blogzia-Masa-masa akhir di Sekolah Menengah Atas memang masa-masa yang paling membingungkan, karena biasanya anak-anak SMA kelas XII mulai berpikir bagaimana masa depan mereka, apakah mereka akan bekerja atau kuliah. Bagi yang mau berkuliah, mereka mulai mempertimbangkan prodi mana yang paling terbaik bagi mereka. Pemilihan Prodi ini haruslah didasarkan pada minat dan bakat mereka.


Berbicara minat dan bakat, ada beberapa dari mereka yang memiliki minat dan bakat dalam memperhatikan fenomena yang terjadi di masyakarat tak terkecuali fenomena hubungan antar negara. Pasang surutnya hubungan antar negara memang menjadikan fenomena yang paling menarik untuk dipahami, terlebih fenomena yang belakangan ini sedang intens ialah hubungan Indonesia-Australia yang terganggu akibat isu penyadapan. Hubungan antara Indonesia dan Australia ini yang menjadikan objek kajian di prodi Hubungan Internasional.

Prodi Hubungan Internasional merupakan salah satu prodi yang tergabung dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Didalam Prodi Hubungan Internasional, para mahasiswa akan mempelajari isu-isu internasional dalam lingkup politik, hukum, ekonomi, dan budaya internasional. Para mahasiswa akan dibekali dengan dimensi politik internasional dan diplomasi antar negara dalam menganalisis isu-isu internasional seperti HAM, lingkungan hidup, demokratisasi, dan hubungan media dengan negara internasional.

Prodi Hubungan Internasional memiliki prospek karir yang sangat menjanjikan bagi para peminatnya. Prospek karir Prodi Hubungan Internasional ialah sebagai berikut:
  1. Duta Besar
  2. Diplomat
  3. Staff Kedutaan 
  4. Atase diberbagai bidang di Kedutaan
  5. Jurnalis 
  6. Pengamat Hubungan Internasional
  7. Praktisi Bisnis Internasional
  8. Staff pengajar di bidang Hubungan Internasional
Dari karir yang ditawarkan oleh Prodi Hubungan Internasional, maka Prodi Hubungan Internasional banyak diminati oleh calon mahasiswanya baik di PTN maupun PTS. Untuk di salah satu PTN di Jawa Barat, Prodi Hubungan Internasional menempati 5 besar Prodi yang paling diminati. Untuk beberapa PTS, Prodi Hubungan Internasional juga banyak diminati. 

KONSENTRASI PRODI HUBUNGAN INTERNASIONAL

Prodi Hubungan Internasional memiliki beberapa konsentrasi yang dapat mendukung karir masa depan peminatnya. Secara umum Konsentrasi Prodi Hubungan Internasional ialah sebagai berikut:
  1. Politik Internasional
    Para peminat konsentrasi Politik Internasional akan dibekali dalam pemahaman manajemen dan resolusi konflik internasional, HAM, Politik Kelautan, dan Hukum Laut Internasional sehingga peminat konsentrasi ini diharapkan mampu dalam menganalisis fenomena politik internasional.
  2. Ekonomi Politik Internasional
    Para peninat konsentrasi Ekonomi Politik Internasional akan dibekali dalam mendalami pemahaman dalam hal sistem moneter dan perdagangan inetrnasional, politik bisnis internasional, studi perusahaan multinasional, serta globalisasi ekonomi.

Sumber Gambar:


Share this:

3 comments :

  1. Sangat cocok dijadikan rujukan untuk siswa SMA tingkat akhir ya :)

    ReplyDelete
  2. trimakasih mas infonya ttg hubungan internasional..
    saya lebih suka memperdalam pengetahuan ttg kewarganegaraan dan sejarah ditimbang MM dan Fiska.
    lihat anak jaman sekarang, gatau seluk beluk negaranya sendiri, gatau pejabat bahkan pahlawan dan sejarah² yg sbetulnya harus ttp kt jaga.
    -keep blogging-

    ReplyDelete
  3. keren gan informasinya

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes