BREAKING NEWS

Thursday, December 5, 2013

NELSON MANDELA DAN BATIK INDONESIA

Selamat Pagi, Sebelumnya Ikubaru's Blogzia ingin mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya Nelson Rohlihlahla Mandela atau yang lebih kita kenal dengan nama Nelson Mandela. Nelson Mandela merupakan seorang aktivis yang gencar menolak politik Apartheid di Afrika Selatan. Beliau pernah tergabung dalam African National Congress pada tahun 1942. Dalam  African National Congress (ANC), Nelson Mandela gencar menyuarakan Anti-Apartheid dinegaranya. Tindakannya inilah yang membuat dirinya harus merasakan jeruji penjara selama 27 tahun lamanya. 


Berkat pengorbanannya dalam membela kaum kulit hitam di Afrika Selatan, Nelson Mandela mendapatkan Nobel Perdamaian pada tahun 1993. Nelson Mandela pun kemudian terpilih menjadi Presiden Afrika Selatan pada bulan Mei 1994 hingga Juni 1999 setelah memenangi pemilu dan menjadikannya sebagai Presiden Kulit Hitam pertama di Afrika Selatan.


NELSON MANDELA DAN BATIK INDONESIA

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa Nelson Mandela sangat suka memakai pakaian batik pada acara-acara penting, baik kenegaraan maupun acara penting lainnya, bahkan Pakaian Batik yang dipakai oleh Nelson Mandela juga dikenal dengan sebutan Madiba Shirt. Nelson Mandela mulai mengenal pakaian batik pada lawatannya ke Indonesia pada tahun 1990 setelah ia dibebaskan dari penjara. Ia diberi pakaian batik oleh Presiden Soeharto pada waktu itu. 

Menurut Duta Besar Indonesia untuk Afrika Selatan pada saat itu, Sugeng Rahardjo, batik mencerminkan kesabaran pembuatnya dan keharmonisan dalam menentukan corak warnanya. Inilah yang mencerminkan kepribadian Nelson Mandela yang bersabar menanti hingga 27 tahun lamanya. Menurutnya penantian ini bisa saja luntur apabila tidak ada rasa sabar pada diri Nelson Mandela.

Nelson Mnadela ketika selalu mengenakan pakaian batik yang sudah menjadi kebanggaannya. Ini terbukti pada momen APEC di Bogor pada tahun 1994. Selain itu, Nelson Mandela pernah membuat Presiden Soeharto terkejuta akan lawatannya pada tahun 1997 lalu. Nelson Mandela mengenakan Batik kebanggaanya, sedangkan Presiden Soeharto mengenakan jas lengkap.

Selain acara kenegaraan, Nelson Mandela juga selalu mengenakan pakaian batiknya apapun acaranya, ini terlihat pada pesta gelaran Piala Dunia di Afrika Selatan 2010 lalu.

 
Dengan batik yang dikenakannya, Pamor Batik Indonesia pun terangkat di Afrika Selatan. Menurut Duta Besar Afrika Selatan untuk Indonesia, Noel N. Lehoko, batik Indonesia sangatlah tenar dan banyak diburu oleh masyarakat disana. Batik juga menginspirasi perancang lokal disana untuk membuat motif batik baru kemabli. Bahkan, ketika delegasi Afrika Selatan berkunjung ke Indonesia banyak memburu batik untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. 

Share this:

13 comments :

  1. Perjuangan yang sangat tangguh 27 tahun di penjara demi memperjuangkan Anti-Apartheid,, 1000 salut Buat eyang Nelson Mandela

    ReplyDelete
  2. NELSON MANDELA aja menjunjung batik kita ya.. Selamat jalan NELSON MANDELA :)

    ReplyDelete
  3. Respect Buat Nelson Mandela ^_^ (y) Nice post bro

    ReplyDelete
  4. Benar benar orang yang berjasa bagi dunia, sayangnya mungkin hanya 1 dari 10 orang yang mengenalnya, terutama di negara ini

    ReplyDelete
  5. Semoga batik Indonesia tetap tumbuh, dan selamat jalan Pak Nelson Mandela :)

    ReplyDelete
  6. Turut berduka cita atas meninggalnya nelson mandela :'( nice post mas ryan.

    ReplyDelete
  7. RIP Nelson Mandela
    seorang activis HAM yang di segani dunia
    membawa salah satu ciri khas Indonesia ( BATIK )

    ReplyDelete
  8. Nelson Mandela itu berjasa bagi jutaan orang didunia, sayangnya di Indonesia kok kayak kurang dikenal ya? :'(

    ReplyDelete
  9. Nelson Mandela seneng banget pakai baju batik walaupun saat acara kenegaraan, sedangkan presiden kita sepertinya jarang sekali pakai baju batik.... Kebudayaan Indonesia sedikit demi sedikit telah dulupakan oleh masyarakat Indonesia ;(

    ReplyDelete
  10. WOW ..
    Jadi bangga ane ... :)
    -IstakimID-

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes