BREAKING NEWS

Tuesday, May 12, 2015

APA SIH ITU DATABASE SERVER DAN CARA MENGGUNAKANNYA

Ikubaru's Blogzia-Database berfungsi sebagai media penyimpanan data-data ataupun informasi penting. Pada web server yang kompleks, biasanya diperlukan adanya Database server sebagai media penyimpanan datanya. Database server ini bisa kita gunakan terpisah ataupun bersamaan dengan web server itu sendiri. Aplikasi untuk database server sendiri sudah begitu banyak, diantaranya yang paling terkenal adalah MySQL, PostgreSQL, dan MsSQL.



Lalu bagaimana cara menggunakan MySQL dalam pembuatan Database Server ini, berikut beberapa tahap yang dapat sobat coba, yakni:






INSTALASI


Dalam installasi disarankan untuk menggunakan MySQL versi 5 sebagai Database server, dikarenakan kemampuanya yang sudah terkenal stabil. Install aplikasi MySQL, kemudian isi password untuk user default root pada MySQL tersebut.
debian-server:/home/pudja# apt-get install mysql-server


KONFIGURASI


Sebetulnya secara otomatis, ketika selesai menginstall MySQL, database server sudah langsung dapat kita gunakan. Namun jika ingin merubah konfigurasi, misalnya merubah Port default MySQL, ataupun mengkonfigurasi agar MySQL server dapat dikunjungi melalui computer lain selain dari localhost. Tinggal edit file berikut:
debian-server:/home/pudja# vim /etc/mysql/my.conf
Setelah selesai mengkonfigurasi, pastikan untuk merestart daemon MySQL tersebut.
debian-server:/home/pudja# /etc/init.d/mysql restart
Stopping MySQL database server: mysqld.
Starting MySQL database server: mysqld.
Checking for corrupt, not cleanly closed and upgrade
needing tables..


PENGUJIAN


Pengujian Database server ini dapat kita lakukan melalui dua cara, yakni Pertama bisa melalui terminal/shell, tapi agak sedikit membingungkan karna kita harus menghafal syntax-syntax yang ada. Dan pilihan Kedua bisa menggunakan PHPMyAdmin untuk pengolahan Database server melalui web browser.


Pengujian via Terminal
Pada jendela console terminal, gunakan perintah berikut ini:
debian-server:/home/pudja# mysql –u root –p
Enter password: ****
Welcome to the MySQL monitor. Commands end with ; or \g.
Your MySQL connection id is 28
Server version: 5.0.51a-24 (Debian)
Type 'help;' or '\h' for help. Type '\c' to clear the
buffer.
mysql>
Berikut perintah-perintah yang sering digunakan pada MySQL server:
  1. Melihat Database,
    mysql > show databases;
  2. Membuat Database,
    mysql > create database namadatabase;
  3. Membuka Database,
    mysql > use namadatabase;
  4. Menghapus Database,
    mysql > drop database namadatabase;


Pengujian via Web GUI

MySQL Server ini sudah dapat diintegrasikan pengoperasianya melalui Web Browser, yaitu menggunakan aplikasi web tambahan yang bernama PhpMyAdmin. Dengan aplikasi ini, kita tidak perlu repot-repot menghafal semua perintah-perintah dasar dari MySQL, karena kita akan disuguhkan dengan tampilan yang begitu user friendly. Pada server Debian, install aplikasi phpmyadmin. Namun perlu kita ketahui, bahwa sebelumnya server Debian harus sudah terinstall Web Server (Apache2) dan PHP5 terlebih dahulu, agar aplikasi ini dapat diakses.
debian-server:/home/pudja# apt-get install apache2 php5
debian-server:/home/pudja# apt-get install phpmyadmin
Setelah diinstall, VirtualHost untuk PhpMyAdmin akan secara otomatis dibuat. Jika ingin mengkonfigurasinya, edit file berikut.
debian-server:/home/pudja# vim
/etc/phpmyadmin/apache.conf
Pengujian bisa kita lakukan melalui Web Browser ke alamat DNS debian, baik melalui server localhost ataupun dari sisi client. Pada address bar, pergi ke [ALAMAT INI].



Jika muncul tampilan LogIn seperti diatas, masukan user root dan password ketika anda menginstall mysql-server tadi. Setelah login, kita bisa langsung mengkonfigurasi dabtabase melalui web browser. Kurang lebih tampilanya seperti berikut ini.


Bagaimana sudah work sob? Jika belum coba cek lagi ada kesalahan dimana. Cara ini bisa sobat lakukan untuk sekedar latihan. Selamat mencoba, semoga sukses

Keyword:
MySQL 5.0, Cara membuat Database Server dengan MySQL 5.0, Cara membut Database Server, Tutorial membuat Database Server, phpMyAdmin, Cara membuat Server Database, How to make a Server Database, Ikubaru's Blogzia: Tekno, cara root pada database server MySQL, Cara Install MySQL, Turotial menggunakan MySQL, cara menggunakan MySQL

Share this:

1 comment :

  1. soal server ini emang rumit ya masbro, gue maenannya di blog aja ah yg entengan

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes