BREAKING NEWS

Friday, April 5, 2013

COWOK BABYFACE: TANDA KEKURANGAN HORMON SEKSUAL




Memiliki muka Babyface merupakan impian setiap orang tak termasuk para kaum adam. Dengan muka babyface seseorang akan terlihat manis dan tampan. Banyak orang yang berani mengubah mukanya hanya karena ini bermuka babyface. Tapi tahukah kita bahwa babyface ini merupakan pertanda dari rendahnya hormon testoteron didalam tubuhnya.

Hormon Testoteron memiliki fungsi yang sangat berperan peting bagi tubuh pria, yakni sebagai penghasil energi tubuh, peningkat libido, dan memelihara tulang. Pada anak usia remaja, Hormon Testoteron berfungsi sebagai pembentuk dan pematangan organ reproduksi. Hormon ini juga dapat membentuk karakterisitk seksualitas sekunder pada remaja, seperti membuat suara memberat dan memacu pertumbuhan rambut kemaluan.

Ada banyak hal yang bisa mengacu pada ketidakseimbangan level testosteron, yang dapat mempengaruhi kelelakian kita. Salah satunya adalah hipogonadisme. Hipogonadisme merupakan jenis gangguan yang terkait dengan kurangnya produksi testosteron. Secara medis, hipogonadisme merupakan kondisi penurunan kadar hormon laki-laki atau testosteron yang terjadi karena adanya gangguan interaksi hormonal, meliputi androgen dan testosteron.

Para penderita hipogonadisme atau penurunan kadar hormon testosteron umumnya merasakan beberapa keluhan, di antaranya menurunnya libido, terjadi disfungsi ereksi, berkurangnya kekuatan otot, dan meningkatnya massa lemak tubuh.Selain itu, para penderita tidak jarang mengalami penurunan densitas tulang, penurunan vitalitas, serta gangguan mood.


Hipogonadisme juga dapat mengubah arakteristik fisik maskulin tertentu dan merusak fungsi reproduksi, seperti infertilitas dan rambut menipis. Menurut Prof. Dr. Johan S Masjhur, SpPD-KEMD, dokter spesialis penyakit dalam di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta, Hipogonadisme dapat menyebabkan perubahan mental dan emosional, misalnya kelelahan, penurunan gairah seksual, dan kesulitan berkonsentrasi. Fakta yang mengejutkan, hipogonadisme kemungkinan dapat menimbulkan masalah psikologis pada diri Anda sehingga tidak mampu memuaskan pasangan ketika berhubungan intim.


TANDA GANGGUAN


Salah satu gejala yang menunjukkan adanya gangguan ini ialah tidak sempurnanya ukuran testis atau terganggunya pertumbuhan penis dan testis. Jadi bila Anda merasa ukuran testis Anda tidak normal, cobalah periksakan ke dokter.

Menurut salah satu anggota  Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), Dr. Em Yunir, SpPD-KEMD, Ukuran testis orang dewasa kurang lebih seperti telur puyuh. Setiap usia memiliki ukuran testis yang berbeda-beda. Ukuran ini bisa saja lebih besar ataupun lebih kecil daripada standar yang telah ditetapkan.

Meski tidak selalu terkait langsung, ukuran testis yang tidak normal bisa mempengaruhi produksi testosteron dan proses spermatogenesis atau pembentukan sperma. Jika testis terlalu kecil, produksi sperma biasanya lebih rendah, baik dari segi jumlah maupun kualitas.

Apabila gangguan pada pertumbuhan testis terbukti berhubungan dengan hipogonadisme, maka dampaknya bisa lebih luas lagi. Menurut Dr. Em Yunir, hipogonadisme juga bisa menyebabkan perubahan mental dan emosional, misalnya kelelahan, penurunan gairah seks, dan disfungsi ereksi.

Selain ukuran testis yang tidak normal, menurut ahli dari Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI, seorang pria yang memiliki wajah babyface atau awet muda juga disinyalir cenderung rentan terhadap hipogonadisme.

Apabila anak sudah 15 hingga 17 tahun, tapi secara fisik belum terlihat kumis atau rambut halus di bagian tubuh tertentu, seperti di ketiak atau sekitar alat kelamin, penis tidak berkembang, tidak mengalami perubahan suara, tidak ada jerawat pada wajah, atau tidak ada tanda-tanda pertumbuhan dan perkembangan seksual lainnya, maka perlu diwaspadai terjadinya hipogonadisme.



Referensi Tulisan:
Ghiboo.com

Share this:

Post a Comment

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes