BREAKING NEWS

Tuesday, April 8, 2014

SPERMA YANG SEHAT ITU SEPERTI APA?

Ikubaru's Blogzia-Sel Sperma merupakan sel yang paling penting dalam proses perkembangbiakan manusia. Sel yang dimiliki oleh Pria ini dapat membentuk zygot akibat dari proses pembuahan dengan sel ovum yang dimiliki oleh wanita. Pada umunya sel sperma memiliki ukuran berkisar 53 µm yakni terdiri dari kepala berukuran 5µm dan ekor yang berukuran 50 µm.

Sebelumnya kita harus tahu terlebih dahulu bagaimana Sperma dapat berkembang dalam organ reproduksi pria. Sperma atau Spermatozoa diproduksi pada organ Testis dalam waktu 2-3 minggu. Perkembangan sperma ini sering juga disebut Spermatogenesis. Proses Spermatogenesis ini dimulai dari proses spermatogonium (membelah 2), spermatosit pertama (membelah 2), spermatosit kedua (membelah 2), spermatid dan tumbuh menjadi spermatozoa (sperma). Pematangan Sel Sperma terjadi pada Organ Epididimis lalu Sperma akan ditampung di Organ Vas Deferens. Sebelum keluar, Sperma akan bercampur dengan Cairan Cowper atau Cairan Precum. Cairan Precum ini berfungsi sebagai pengatur pH sel sperma dan juga sebagai cairan yang membantu sperma untuk berenang. Kadar Cairan Precum ini lebih banyak dibandingkan sel sperma.

Selengkapnya mengenai Cairan  Precum dapat dilihat di: 
Ikubaru's Blogzia-Apa sih Cairan Precum itu?

Sel Sperma setiap orang berbeda-beda bergantung pada tingkat kesuburan dan pola hidup seorang pria. Banyak hal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan sel sperma dalam organ reproduksi pria, mari kita lihat pembahasan-pembahasan berikut ini:

CIRI AIR MANI YANG SEHAT

Maaf Gambar ini hanya sebatas Edukasi semata, dan tidak bermaksud Pornografi
(Picture By: Pensilpintar.blogspot.com)

Ketika Ejakulasi (Sperma Keluar) air mani akan mengandung sekitar 40-600 juta sel sperma. Banyaknya sel sperma yang dikeluarkan bergantung pada lama atau tidaknya ejakulasi itu terjadi. Volume air mani yang dikeluarkan juga bervariasi antara 2-5 ml. secara kasat mata Air mani yang normal dapat kita ketahui dari :
  1. Tampilan air mani berwarna putih awan dan sedikit keabu-abuan dan sedikit kenatl seperti jelly atau lendir hidung (ingus). Dalam waktu 30 menit air mani akan mencair dan semakin bening.
  2. Bau air mani seperti bau tepung dan sedikit anyir atau juga seperti bau klorin.
  3. Dari segi rasa air mani memiliki rasa yang manis dan asin. Rasa manis berasla dari kandungan fruktosa dalam sel sperma dan rasa asin berasal dari cairan cowper atau precum. Akan tetapi rasa ini dapat berubah bergantung pada apa yang telah dikonsumsi oleh orang tersebut. (Doktersehat.com)
Baca Juga, bagi yang suka NGE-FAP:
Ikubaru's Blogzia: Ini Dia Cara Ngocok yang asik

MINUMAN YANG DAPAT MENURUNKAN KUALITAS SPERMA


Pada zaman modern ini tak dipungkiri banyak tersedia makanan yang lezat mulai dari minuman tradisional hingga junkfood. Tak dipungkiri juga dari minuman tersebut yang dapat mempengaruhi kualitas sperma. Mari kita lihat apa saja minuman yang dapat mempengaruhi kualitas sperma:
  1. Kopi
    Mungkin banyak yang belum tahu bahwa kopi juga dapat menurunkan kualitas sperma dalam tubuh pria. Sebenarnya konsumsi kopi yang normal tidak berpengaruh, akan tetapi konsumsi yang berlebihan akan dapat menurunkan kualitas sperma.Zat Phytotestrogen dalam kopi dapat berakibat buruk bagi sel sperma.
  2. Minuman Bersoda
    Minuman Soda sudah tak bisa dihindarkan dalam kehidupan sehari-hari. Kandungan Bisphenol dalam plastik dan botol kaleng dapat mengakibatkan menurunnya produksi sel sperma. Selain itu soda juga dapat mengakibatkan kerusakan organ lain apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.
  3. Teh Mint
    Tak disangka teh mint juga berpengaruh dalam penurunan kualitas sperma. Teh mint dapat berpengaruh dalam produksi Hormon Androgen dan Kadar Hormon Testoteron dalam reproduksi pria, seperti yang diketahui Hormon Androgen dan Testoteron sangat berpengaruh dalam produksi sel sperma.
  4. Minuman Beralkohol
    Minuman Beralkohol tidak hanya dapat merusak organ hati dan jantung, akan tetapi juga dapat merusak organ reproduksi. Minuman Beralkohol dapat mengurangi intensitas produksi sel sperma secara signifikan dan juga dapat mengakibatkan kelainan struktur sel sperma.
Baca Juga bagi yang sudah lebat seperti rimba:
Ikubaru's Blogzia: Ini Dia Seputar Pertanyaan Bulu Kemaluan

KEBIASAAN YANG DAPAT MENURUNKAN PRODUKSI SPERMA



Banyak kegiatan yang mungkin sering kita lakukan namun hal ini berbahaya bagi proses produksi sel sperma dalam tubuh, yakni seperti:
  1. Sering melakukan Mastrubasi (Onani)
    Bagi para remaja mastrubasi atau onani sering dilakukan akibat dari pelampiasan fantasi seks yang berlebih. Tak jarang mastrubasi dilakukan setiap hari, bahkan dalam beberapa kasus dilakukan 3x sehari. Matrubasi dapat mengakibatkan air mani menjadi lebih encer dan trasnparan, hal ini menandakan bahwa kualitas sperma menurun. Selain itu, terlalu sering mastrubasi dapat mengakibatkan terjadinya ejakulasi dini akibat mastrubasi dilakukan secara cepat dan terburu-buru.
  2. Terlalu Ketat Memakai Celana
    Kebiasaan ini mungkin sering kita lakukan ketika kita ingin berpergian. Kita seringkali memakai celana dalam yang terlalu ketat ditambah pula dengan celana boxer, dan juga tak ketinggalan celana panjang apabila sedang berpergian. Hal ini dapat mengakibatkan organ reproduksi menjadi hangat dan lembab. Sel Sperma tak dapat berproduksi dan hidup dalam kondisi suhu yang terlalu hangat dalam waktu yang lama. Untuk itulah dalam mensiasatinya ialah ketika berpergian jangan memakai celana yang terlalu ketat dan ketika tidur disarankan tidak memakai celana dalam agar suhu disekitar oragn reproduksi dapat seimbang dan panas.
  3. Sering menaruh Handphone pada Saku Celana
    Handphone merupakan barang yang paling penting bagi kita dalam berkomunikasi, namun tak disangka radiasi handphone dapat mempengaruhi reproduksi pria ketika handphone diletakkan di saku celana. Efek radiasi hanphone dapat mengakibatkan sel sperma menjadi abnormal dan juga dapat mempengaruhi kualitas berenang sperma dalam vagina atau reproduksi wanita. Selain itu juga dengan menaruh handphone di saku celana dapat mengakibatkan berkurangnya konesnetrasi sel sperma pada air mani.
  4. Sering Meminum Minuman Beralkohol
    Seperti yang dijelaskan diatas mengenai Minuman Alkohol, dengan kebiasaan meminum minuman beralkohol dapat mengakibatkan berkurangnya intensitas sel sperma secara siginifikan.
Baca Juga bagi yang sering kencing berdiri sambil loncat:
Ikubaru's Blogzia: Cowo Kencing Jongkok? Ga Gentle?

TIPS MENINGKATKAN KUALITAS SPERMA

Banyak hal yang dapat kita lakukan dalam meningkatkan kualitas sperma, yakni sebagai berikut:
  1. Hindari Kebiasaan dan Minuman yang telah dijelaskan diatas
    Dengan menghindari kebiasaan dan minuman yang telah dijelaskan diatas, maka akan meningkatkan kualitas sel sperma. Seperti misalnya menghindari suhu panas pada area reproduksi ketika melakukan aktivitas dengan memakai celana yang tidak menyebabkan panas dan ketika tidur jangan memakai celana dalam agar suhu disekitar organ reproduksi menjadi sejuk.
  2. Kurangi Mastrubasi
    Seperti yang dijelaskan diatas Matrubasi dapat mengakibatkan Mani menjadi lebih encer dan juga dapat mengakibatkan Ejakulasi Dini. Cara yang dapat mengalihkan kebiasan Mastrubasi ialah dengan melakukan kegiatan lain yang dapat menyita waktu. Jangan biarkan pikiran teralihkan dengan berfantasi sex sehingga dapat memunculkan kebiasaan Mastrubasi.
  3. Cobalah Makan Makanan yang Tepat
    Pilihlah makanan yang tepat dalam meningkatkan kualitas sperma seperti makanan yang rendah lemak dan berprotein tinggi, sayur-sayuran, dan padi-padian. Pilihlah makanan yang mengandung L-Argenine, Selenium, dan Vitamin E seperti yang terkadung dalam kacang-kacangan, telur, daging dan wijen. Vitamin E dan Selenium dapat memperbaiki kecepatan berenang dan konsentrasi sperma. Selain itu perbanyak minum susu, karena susu memiliki kandungan zat gizi yang lengkap. Selain uitu juga pilihlah daging merah karena mengandung L-Carnitine yang dapat memperbaiki kualitas sperma.
  4. Berhenti Merokok
    Menurut Penelitian Jumlah Sperma orang yang merokok akan lebih kecil dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Kandungan racun dalam roko dpaat mempengaruhi produksi serta kualitas sperma yang dihasilkan.
Baca Juga bagi yang sering "Kegatelan"
Ikubaru's Blogzia: Mengapa Daerah Kemaluan Sering Gatal?


Referensi Penulisan:

Share this:

15 comments :

  1. Pengetahuan baru sob, :-) moga2 punyaku jg sehat..

    ReplyDelete
  2. olahraga teratur juga dapat meningkatkan kualitas sperma gan,disamping juga jangan sampai stress karena itu juga mempengaruhi kadar sperma

    ReplyDelete
  3. haha IYKWIM...

    alhamdulillah punya ane masih sehat gan.. :D

    ReplyDelete
  4. itu mani siapa sob ?? :v
    mantap juga ni artikelnya , jadi makin tau , makasih :)

    ReplyDelete
  5. hhmm nambah nih pengetahuan nice artikel :)

    ReplyDelete
  6. waaah., thanks banget nh gan infonya :) ane jadi mengerti, ternyata kualitas sperma juga ada :)

    ReplyDelete
  7. wow, nice info sob. jadi nambah ilmu ni :)

    ReplyDelete
  8. bahaya nih yang sering CL wkwkwk

    ReplyDelete
  9. Alhamdulilah ane maniak kopi and smoke,tp punya ane sehat banget tuh bro..wkekeke

    ReplyDelete
  10. Makasih mas telah berbagi info nya
    saya lebih faham sekarang :D

    ReplyDelete
  11. Mungkin sekilas artikelnya jorok, tapi isinya sangat bermanfaat,,siapa lagi yang akan menjaga kesehatan kita kalau bukan diri kita sendiri

    ReplyDelete
  12. wkwkwkw punya ku masih sehat kok

    ReplyDelete
  13. Insya alloh punya ane sehat..udah ada buktinya ,udah punya junior..:-D, ditunggu mampir baliknya gan..

    ReplyDelete
  14. sperma yang sehat sangat dibutuhkan untuk membuahi ovum yang mana diperlukan aagar terjadi pembuahan pada ovum. semakin sehat sperma lelaki maka semakin besar kemungkinan untuk membuahi ovum. maka dari itu biasakanlah hidup sehat dan menghindari pola hidup yang menurunkan kadar sperma. oya setahu ane stress juga bisa membuat menurunnya kualitas sperma.

    ReplyDelete
  15. Wah thanks infonya gan,..
    Bermanfaat sekali bagi ane soalnya di SMK gak ada bioogi hehe
    Ngomong2 itu sperma lo sob?hehe becanda

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes