BREAKING NEWS

Friday, March 8, 2013

DASAR-DASAR ILMU POLITIK




Politik berasal dari Bahasa Yunani yakni Polites yang berarti warga Negara  kemudian berkembang menjadi Politikos yang berarti kemahiran politik. Adapun konsep-konsep dalam ilmu politik senantiasa berkutat dalam masalah:

  1. Kekuasaan, Sumber Kekuasaan, Pengaruh, Pembuat dan pelaksanaan kebijakan
  2. Kewenangan, Kekuasaan berdasarkan legitimasi
  3. Konflik dan konsensus
  4. Pengambilan keputusan dan cara mendistribusikan kekuasaan


Menurut Prof. Deliar Noer, politik ialah segala aktivitas atau sikap yang berhubungan dengan kekuasaan dan yang dimaksud untuk mempengaruhi dengan jalan mengubah atau mempertahankan suatu bentuk susunan masyarakat.

Selain tiu, menurut Gambte, politik ialah kumpulan dari suatu wilayah kehidupan social seperti, gender, ras, dan kelas social, sehingga politik diartikan sebagai aspek dari keseluruhan kehidupan social, dan tidak hanya terpusat pada lembaga-lembaga pemerintah.

Menurut David E Apter ada beberapa pendekatan dalam Ilmu Politik yang berkembang yakni:
1.      Pendekatan Kelembagaan / Institusional
2.      Pendekatan Tingkah Laku (Behaviouralism)
3.      Pendekatan Kemajemukan
4.      Pendekatan Struktural
5.      Pendekatan Developmentalis atau Pembangunan

BIDANG KAJIAN ILMU POLITIK

  • Teori Politik berdasarkan moral dan menentukan norma-norma politik. Teori politik adalah generalisasi dari fenomena politik. Dalam teori politik mempelajari tujuan politik, cara mencapai tujuan politik tersebut, kemungkinan dan kebutuhan untuk cara tersebut, dan kewajiban dalam mencapai kebutuhan tersebut. 
Secara teoritis Ilmu politik terbagi menjadi Valuational, yakni ilmu politik yang berdasarkan moral dan norma politik. Dan Non Valuational, yakni limu politik hanya sekedar menggambarkan dan mengkomparasikan satu peristiwa dengan peristiwa lain tanpa mengaitkannya dengan moral dan norma
  • Filsafat politik dimana terdapat usaha-usaha mencari kebenaran berdasarkan rasional tentang apa, bagaimana sifat dan hakikat kehidupan manusia, contoh: Etika Politik, keadilan, dan lain sebagainya.
  • Teori Politik Sistematis dengan menerapkan norma-norma dalam kehidupan politik, sehingga membahas fenomena dan fakta politik.
  • Lembaga Politik konstitusi dan partai politik
  • Hubungan Internasional antar Negara.


HUBUNGAN ILMU POLITIK DENGAN ILMU LAINNYA
  • Ilmu Politik dengan Sosiologi
Sosiologi banyak memberikan kontribusi terhadap ilmu politik dalam penajaman analisis. Ilmu Sosiologi membantu ilmu politik dalam memahami latar belakang struktur pola kehidupan social terutama kaitannya dengan pemgambilan keputusan, pengendalian social serta pola pengorganisasian secara politis.
  • Ilmu Politik dengan Ilmu Sejarah
Mempelajari peristiwa masa lampau baik menyangkut sebab-sebab serta hubungannya antar peristiwa. Membantu ilmu politik dalam memprediksi masa depan yakni mengapa peristiwa terjadi, bagaimana suatu peristiwa terjadi serta akibat-akibat yang ditimbulkannya.
  • Ilmu Politik dengan Antroplogi Budaya
Fokus utamanya menyelidiki aspek kultural dari setiap masyarakat. Membatu ilmu politik dalam memahami kondisi masyarakat terutama di Negara-negara berkembang yang mengalami perubahan terkait konsep modernisasi, demokritisasi, kolonialisme, hubungan elite dengan massa, nasionalisme, dan pengembangan metode penelitian Partizipant Observer.
  • Ilmu Politik dengan Filsafat
Mengkaji secara sistematis dan rasional dalam mencari jawaban atas perosalan yang menyangkut alam dan kehidupan manusia. Membantu Ilmu Politik menyangkut hakikat manusia, nilai-nilai ideal bagi kehidupan Negara atau pemerintah. Membantu ilmu politik menyangkut moral dan etika.
  • Ilmu Politik dengan Psikologi Sosial
Psikologi social menbantu ilmu politik dalam menjelaskan gejala poltik dan motif-motif politik yang menjadi dasar setiap proses politik. Dalam menganalisis tentang siapa yang paling berkuasa dalam proses politik. Selain itu juga untuk mengetahui sikap masyakarat terhadap hal-hal yang baru dan bagaimana situasi yang ada.
  •  Ilmu Politik dengan Ilmu Hukum
Ilmu Politik dengan Ilmu Hukum pada dasarnya sama-sama menganalisis Negara dan komponennya, hanya saja Ilmu Politik dapat dibantu dalam memahamnya secara normatif.
  • Ilmu Politik dengan Ilmu Ekonomi 
Menelaah sesuatu yang berkaitan dengan factor kelangkaan sehingga berorientasi pada kebijakan Makroekonomi secara rasional. Membantu ilmu politik dalam mengambil keputusan terutama menyangkut pembangunan ekonomi nasional.

Share this:

2 comments :

  1. ilmu politik dengan kekuatan cinta ada gak gan ? hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada politik hati nama'a, jadi gelut"an weh ngerebut cwe.. hhee

      Delete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes