BREAKING NEWS

Saturday, August 17, 2013

DIBALIK ANGKA 17 DALAM 17 AGUSTUS 1945

Tepat tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya dan terbebas dari penjajahan bangsa asing yang ingin menguasai Tanah Air Indonesia. Kemerdekaan Bangsa Indonesia ini juga berdekatan pada berakhirnya Perang Dunia II di kawasan Asia Timur Raya yang ditandai dengan menyerahnya Jepang ditangan Sekutu pada 15 Agustus 1945.

Kekalahan Jepang ditangan Sekutu ini sangat dimanfaatkan oleh para Golongan Muda untuk secepatnya melaksanakan kemerdekaan Indonesia.Golongan Muda inilah banyak melakukan tindakan-tindakan untuk mempersiapkan kemerdekaan salah satunya ialah membujuk Bung Karno dan Bung Hatta untuk secepatnya melaksanakan Kemerdekaan Indonesia.


Dalam suatu kesempatan ketika Bung Karno dan Bung Hatta pulang dari Dalat, Viet Nam. Golongan Muda sangat berambisi untuk secepatnya melaksanakan kemerdekaan Indonesia. Menurut Golongan Muda, Kemerdekaan Indonesia tidaklah harus menunggu sidang PPKI yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 1945. Untuk menghindari pengaruh dan tekanan dari Jepang, Bung Karno pun dibawa oleh Golongan Muda ke Kewedanaan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang untuk memikirkan Kemerdekaan Indonesia. 

Dalam memikirkan waktu yang tepat untuk melaksanakan kemerdekaan Indonesia, Bung Karno berpendapat bahwa Kemerdekaan akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 1945. Tanggal 17 ini diambil mengingat bahwa:
  1. Pada tanggal 17 Ramadhan Al-Qur'an, Kitab Suci Umat Islam diturunkan
  2. Pada tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari Jum'at
  3. Angka 17 merupakan jumlah raka'at Shalat dalam sehari
  4. Dan, pada 17 Agustus 1945 merupakan bulan Ramadhan
Dalam waktu yang singkat ini, akhirnya Bung Karno, Bung Hatta dan Golongan Muda secepatnya merumuskan naskah proklamasi. Untuk dapat perlindungan dari pengaruh Jepang di Jakarta, perumusan teks proklamasi dilaksanakan di rumah Laksamana Tadashi Maeda di Jalan Nassau Boulevard (Sekarang Jalan Imam Bonjol No. 1). Dan tepat pada jam 10.00 WIB tanggal 17 Agustus 1945, teks proklamasi dibacakan oleh Bung Karno di Jalan Pegangaan Timur No. 50.

Share this:

5 comments :

  1. Wahh banyak juga ya

    http://tkj-komunitas-indonesia.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. saya bangga jadi orang indonesia :)
    nice blog :D

    ReplyDelete
  3. keren min visit juga...

    ost-share.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. wah, ternyata begitu ya...
    baru tau ane, nice info gan...

    http://miqbal20.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. keren bgt bro!! :v
    bisa pas 17 semuanya o_o

    http://4crazy-guy.blogspot.com/

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes