BREAKING NEWS

Monday, September 23, 2013

DASAR-DASAR MIKROEKONOMI

Menurut P.A. Samuelson dalam Sukirno (2005:9), Ilmu ekonomi adalah studi mengenai individu-individu dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa menggunakan uang, dengan menggunakan sumber-sumber daya yang terbatas akan tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk kebutuhan konsumsi sekarang maupun masa mendatang kepada berbagai individu dan golongan masyarakat.

Dari pengertian diatas, Ilmu Ekonomi mempelajari mengenai pilihan individu atau masyarakat dengan atau tanpa menggunakan uang. Selain itu Ilmu Ekonomi mempelajari bagaimana cara menggunakan sumberdaya yang terbatas untuk menghasilkan produk dan mendistribusikannya. Selain itu juga, Ilmu Ekonomi mempelajari mengenai pemenuhan kebutuhan untuk masa sekarang maupun mendatang.


Dalam konteks pengertian ini, Ilmu Ekonomi terbagi menjadi dua jenis menurut bidang cangkupannya, yakni Mikroekonomi dan Makroekonomi. Mikroekonomi mempelajari mengenai perilaku konsumen, penentuan harga pasaran barang dan jasa, serta kuantitas faktor input dan output barang. Sedangkan Makroekonomi mempelajari keseluruhan aktivitas perekonomian didalam suatu wilayah dengan adanya keterlibatan pajak dalam aktivitas perekonomian.

Kali ini, Ikubaru's Blogzia akan membahas mengenai Ilmu Ekonomi mikro atau Mikroekonomi. Mikroekonomi adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari aktivitas perekonomian secara mikro, yang terdiri dari aktivitas:
  1. Produksi-Distribusi-Konsumsi barang dan jasa
  2. Maksimalisasi faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa
  3. Pemenuhan kebutuhan terhadap barang dan jasa
  4. Keputusan pembelian individu terhadap barang dan jasa
 Merumuskan tujuan mikroekonomi dapat dirujuk dari permasalahan yang dikaji dalam mikroekonomi, yakni permasalahan produksi barang dan jasa, cara memproduksinya, dan sasaran produksinya. Untuk itu maka tujuan mikroekonomi ialah:
  1. Menciptakan barang dan jasa baru dengan inovasi dan terobosan manajerial, serta pencarian faktor-faktor produksi baru dalam menciptakan alternatif dalam proses produksi.
  2. Menganalisa pasar dan mekanismenya untuk membentuk harga, serta alokasi penggunaan alternatif terhadap barang dan jasa.
  3. Menciptakan efisiensi dan efektifitas produksi serta menanggulangi permasalahan pengangguran (unemployement).
  4. Menganalisa faktor-faktor kegagalan penjualan barang dan jasa di pasar, serta menganalisa kondisi-kondisi yang mempengaruhinya.
  5. Membuat peta pemerataan konsumsi barang dan jasa, serta mempersempit kesenjangan distribusi barang dan jasa.
Dalam merumuskan dan memecahkan permasalahan dalam mikroekonomi diperlukan sistem yang mampu memecahkannya. Sistem ini meliputi beberapa elemen, yakni (Agung, 2012: 5) :
  1. Supplier, supplier merupakan pihak yang berperan sebagai pemasok segala sesuatu yang dibutuhkan oleh perusahaan. Semakin banyak supplier, maka semakin besar peluang perusahaan mendapatkan sumberdaya yang berkualitas.
  2. Input, input terdiri dari faktor-faktor produksi yang akan diproses menjadi suatu barang dan jasa. Faktor-faktor produksi ini bisa terdiri dari Sumberdaya Alam, Sumberdaya Manusia, dan Sumberdaya Modal.
  3. Process, proses produksi merupakan hal yang prinsip dalam menciptakan nilai tambah terhadap barang dan jasa. Dalam proses produksi ini terjadi perubahan dari barang mentah/ setengah jadi menjadi barang jadi.
  4. Output, produk merupakan hasil dari produksi dalam suatu perusahaan baik itu berupa barang maupun jasa.
  5. Customer, pelanggan merupakan objek perusahaan yang senantiasa diusahakan agar mendapatkan kepuasan yang maksimum dari apa yang telah diproduksi oleh perusahaan.
  6. Objectives, objective berhubungan dengan penentuan visi dan misi perusahaan, tujuan jangka panjang dan jangka pendek, serta rencana aksi.
  7. Measurment, measurment merupakan instrumen yang dipakai dalam mengukur kualitas output-nya. Measurment ini bisa berupa perangkat analisa statistika untuk pengujian laba-rugi produksi, maupun pengujian laboratorium untuk menguji kualitas produk.

Referensi:
R. Abdul, Agung, dkk. 2012. Ekonomi Mikro.
Sukirno, Sadono. 2012. Mikro Ekonomi Teori Pengantar Edisi Ketiga.

Share this:

4 comments :

  1. Thanks Informasinya sob...., Sangat Bermanfaat

    ReplyDelete
  2. nice share gan, jadi lebih tau dasar dari mikro ekonomi
    thankss yaa.. ^_^

    ReplyDelete
  3. mantap gan ceritanya
    hehehe
    mampir
    http://info-pcware.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. gan ni infonya bermanfaat thanks ya gan

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes