BREAKING NEWS

Thursday, September 19, 2013

PERANCANGAN SISTEM: ENTITY RELATIONSHIP DIAGRAM (ERD)

Entity Relationship Diagram (ERD) adalah suatu model sistem yang terdiri dari objek data atau Entitas dan saling berhubungan antar entitas-entitas lainnya dalam suatu basis data. Entity Relationship Diagram (ERD) terdiri dari Entitas (objek data), Relasi (Hubungan antar Entitas), dan Atribut (Bagian dari Entitas). 

Menurut Fatyansyah, 1999:30, Entitas merupakan suatu objek yang dapat menjelaskan sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dengan objek lainnya. Entitas dapat berbentuk data store yang ada di Data Flow Diagram. Entitas disimbolkan dengan bentuk Peregi Panjang.

Komponen lain dari Entity Relationship Diagram (ERD) adalah Relasi (Relationship). Relasi dapat menghubungkan antar entitas satu dengan entitas lainnya. Relasi digunakan dalam menyimpan data transaksi yang terjadi dalam suatu sistem. Relasi dapat disimbolkan dengan Bentuk Belah Ketupat.

Komponen terakhir dari  Entity Relationship Diagram (ERD) ialah Atribut. Atribut merupakan bagian atau elemen penyusun dari Entitas. Atribut biasanya berisi mengenai spesifikasi informasi dari Entitasnya. Atribut dapat disimbolkan dengan bentuk Elips.

Untuk memperjelas simbol-simbol yang dipakai. Berikut ini merupakan Simbol-simbol yang dipakai dalam Entity Relationship Diagram (ERD):


Hubungan antar Entitas dapat berbeda-beda dalam suatu basis data. Hubungan antara Entitas satu dengan yang lainnya dapat dikelompokkan menjadi 3 hubungan, yakni:
  1. One to One (Satu ke Satu)
    One to One (Satu ke Satu) ialah Hubungan relasi antara satu himpunan entitas dengan satu himpunan entitas lainnya. Misalnya Satu Entitas X dengan Satu Entitas B.
  2. One to Many (Satu ke Banyak)
    One to Many (Satu ke Banyak) ialah Hubungan relasi antara satu himpunan entitas X dengan banyak himpunan Entitas Y.
  3. Many to Many (Banyak ke Banyak)
    Many to Many (Banyak ke Banyak) ialah Hubungan rekasi antara banyak himpunan Entitas dengan banyak Himpunan Entitas lainnya.

Share this:

5 comments :

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes