BREAKING NEWS

Tuesday, November 5, 2013

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF BLACKBERRY


Kemajuan teknologi yang disebabkan oleh meningkatnya kebutuhan akan arus informasi membuat semakin banyak digunakannya teknologi komunikasi. Handphone merupakan salah satu dari teknologi komunikasi yang membantu manusia untuk mendapatkan informasi dan menyebarkannya secara cepat, sehingga dengan berkembangnya kemajuan teknologi komunikasi, berkembang pula penggunaan handphone. 



Dalam kehidupan sehari-harinya, manusia pasti melakukan komunikasi, dan seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi ini, maka muncul pula cara-cara baru untuk berkomunikasi. Perkembangan teknologi juga telah memunculkan komunikasi baru dalam bentuk Computer Mediated Communication (CMC). Mulai dari fasilitas pesan pendek, atau komunikasi melalui telepon selular, dan handphone. 





Fenomena yang belakangan ini mulai menarik terkait dengan penggunaan handphone adalah dengan inovasi dari beberapa perusahaan-perusahaan besar untuk melahirkan sebuah handphone yang smart. Smartphone yang mengerti kebutuhan-kebutuhan manusia. Blackberry merupakan salah satu smartphone yang dewasa ini mulai mencuat di kalangan pengguna handphone. Fitur-fitur yang menarik disertai dengan kemudahan untuk mengakses informasi yang cepat serta fitur-fitur tertentu yang hanya dimiliki oleh handphone ini menyebabkan masyarakat mulai tertarik untuk menggunakannya, tidak terkecuali Pelajar.

  

Penggunaan Blackberry Messanger yang semakin berkembang di kalangan pelajar ini menimbulkan berbagai macam perubahan sikap dan perilaku di kalangan mahasiswa itu sendiri. Pelajar lebih memilih untuk berkomunikasi dengan teman-teman yang berada di dalam satu Blackberry Messanger dengannya daripada berkomunikasi dengan teman yang ada disebelahnya. Beberapa kalangan berpendapat bahwa Blackberry Messanger ini “menjadikan teman yang jauh menjadi dekat dan teman yang dekat menjadi jauh”. 





DAMPAK BLACKBERRY BAGI PELAJAR

Penggunaan Blackberry di kalangan Pelajar saat ini cukup banyak. Para Pelajar memiliki kecenderungan menyukai fitur-fitur yang ada di dalam handphone Blackberry. Salah satu fitur yang menarik bagi Pelajar adalah adanya fitur Blackberry Messenger yang memiliki perbedaan dengan fitur di handphone jenis lain. Dalam hal ini banyak dari Pelajar yang tidak luput dari penggunaan Blackberry Messenger ini.


DAMPAK POSITIF


Blackberry mempunyai peranan positif bagi pelajar:

  1. Mempermudah komunikasi. 
    Seseorang siswa dapat berkomunikasi kepada temannya, baik menggunakan BBM (Blackberry Messenger) maupun melalui SMS atau telepon. Misalnya, siswa dapat berkomunikasi dengan temannya mengenai materi apa yang telah dipelajari dan tugas apa yang telah diberikan oleh guru.
  2. Menambah pengetahuan tentang perkembangan teknologi.
    Seorang pelajar dapat menambah pengetahuan mengenai berbagai hal, seperti teknologi,olahraga,maupun materi-materi pelajaran bagi sisawa tersebut.melalui mobile internet.
  3.  Memperluas jaringan persahabatan.
    Melalui blackberry para siswa dapat memperluas jaringan persahabatan kepada siswa yang lainmelalui layanan BBM(blackberry Messengger)atau kepada orang lain melalui pertukaran PIN blackberry.




DAMPAK NEGATIF


  1. Mengganggu Perkembangan Anak

Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di blackberry (BB) seperti : kamera, permainan (games), dan BBM akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah? Tidak jarang mereka disibukkan dengan menerima panggilan, BBM, dan panggilan lainnya  dari teman mereka bahkan dari keluarga mereka sendiri. Lebih parah lagi ada yang menggunakan HP untuk mencontek (curang) dalam ulangan. Bermain game saat guru menjelaskan pelajaran dan sebagainya. Kalau hal tersebut dibiarkan, maka generasi yang kita harapkan akan menjadi budak teknologi.



  1.  Efek radiasi 
    Selain berbagai kontroversi di seputar dampak negatif penggunaannya,. penggunaan blackberry juga berakibat buruk terhadap kesehatan, ada baiknya siswa lebih hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan atau memilih HP, khususnya bagi pelajar anak-anak. Jika memang tidak terlalu diperlukan, sebaiknya anak-anak jangan dulu diberi kesempatan menggunakan blackberry.
  2. Rawan terhadap tindak kejahatan.
    Blackberry rawan mejadi objek kejahatan, hal ini banyak terjadi kasus pencurian Blackberry dikalangan remaja. Selain itu, blackberry  menghasilkan suara-suara dering yang dapat memancing tindak kejahatan di fasilitas umum. Akan tetapi, blackberry juga dapat menolong penggunanya untuk melacak jaringan pencurian Blackberry melalui PIN Blackberry Messenger, cara melacaknya ialah dengan chatting melalui Blackberry Messenger menggunakan Blackberry orang lain, mengingat bahwa PIN Blackberry hanya bisa digunakan di Blackberry yang sama. Dengan cara itu, maka hal ini dapat meminimalisir tindak pencurian Blackberry.
  3. Sangat berpotensi mempengaruhi sikap dan perilaku siswa. Jika tidak ada kontrol dari guru dan orang tua, blackberry  bisa digunakan untuk menyebarkan gambar-gambar yang mengandung unsur porno dan sebagainya yang sama sekali tidak layak dilihat seorang pelajar.
  4. Pemborosan 
    Dengan mempunyai blackberry maka pengeluaran kita akan bertambah, apalagi kalau blackberry hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat maka hanya akan menjadi pemborosan

Sumber:

Makalah Penelitian Filsafat Ilmu "Perkembangan Teknologi Blackberry terhadap cara berpikir Pelajar":2011

Sumber Gambar:
Cxotoday 


Share this:

11 comments :

  1. iya guys, tergantung cara menggunakannya...

    ReplyDelete
  2. Iyaanoooh , ane tambahin gan dampak BB yang buat ane kesel . Kalo ane lagi ngomong sama temen ane disekolah eeh malah dikacangin . lebih milih buat mainin Henponnya daripada Gue -_- . tai banget kan

    ReplyDelete
  3. hehehehe sekarang mungkin bisa diganti jadi dampak BBM kali ya, bukan black berry lagi

    blogalague.com

    ReplyDelete
  4. thx atas info.a artikel yg berguna banget ne

    ReplyDelete
  5. wah ternyata banyak juga dampak negatifnya ya gan.? thanks udah share..

    ReplyDelete
  6. udah terpuruk banyak negatif nya lagi, untung ga pake bb :D

    ReplyDelete
  7. Betul sekali, terima kasih infonya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Semua itu memang ada dampak positif dan negatif gan hehe

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes