BREAKING NEWS

Wednesday, January 8, 2014

PRODI BIOLOGI ITU PRODI GUE?

Ikubaru's Blogzia-Ilmu Biologi sudah  menjadi makanan pokok bagi anak-anak SMA, ya Biologi merupakan salah satu pelajaran konsentrasi pada Jurusan IPA ini. Dalam Ilmu Biologi banyak mengkaji ilmu-ilmu yang berhubungan dengan makhluk hidup dan peranannya bagi lingkungan. Ilmu Biologi juga mengkaji kondisi lingkungan yang ideal dan dampak perubahan lingkungannya. Dari bidang kajiannya memang sangat luas kajian Ilmu Biologi itu, jadi sangat menarik apabila kita mempelajari dan mengkajinya lebih dalam.

Pada perguruan Tinggi, Ilmu Biologi mendasari prodi-prodi, diantaranya Prodi Ilmu Kedokteran, Ilmu Pertanian, Ilmu Kehutanan, Ilmu Perikanan, Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, dan  lain-lain tak terkecuali Prodi IIlmu Biologi Murni. Kali ini Ikubaru’s Blogzia akan membahas mengenai bagaimana sih Prodi Ilmu Biologi murni itu?

Prodi Ilmu Biologi ialah salah satu Prodi yang termasuk pada Fakultas Matematika dan IPA. Prodi Ilmu Biologi ini juga sering dimasukkan oleh bebrapa Perguruan Tinggi menjadi Fakultas tersendiri, yakni Fakultas Biologi. Prodi Ilmu Biologi ini merupakan salah satu prodi yang memiliki sedikit peminat di PTN, akan tetapi memiliki prospek yang besar dalam dunia kerja. Lulusan Prodi Ilmu Biologi ini sering diproyeksikan sebagai:
  1. Peneliti di Lembaga Penelitian baik Negeri maupun Swasta
  2. LSM lingkungan
  3. Konsultan Lingkungan
  4. Tenaga Medik
  5. Tenaga Riset dalam industry farmasi dan pangan
  6. Staff Pengajar baik ditingkat Pendidikan Menengah maupun Perguruan Tinggi

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa Prodi Ilmu Biologi memiliki peminat yang sedikit di PTN. Untuk di salah satu PTN  di Jawa Timur, Ilmu Biologi menduduki 5 prodi terendah. Disisi lain di Salah satu PTN di Ujung Sumatera, Prodi Ilmu Biologi menduduki Prodi yang memiliki peminat yang sedang dan dapat mengalahkan peminat dari Prodi Teknik Geofisika dan Teknik Kimia.

KONSENTRASI PRODI ILMU BIOLOGI

Prodi Ilmu Biologi pada umumnya memiliki Konsentrasi sebagai berikut:
  1. Biologi Umum
    Pada Konsentrasi ini Peminatnya akan dibekali pemahaman mengenai ilmu biologi yang dikaji secara global dan dibekali dengan dasar-dasar Biologi. Banyak peminat konsentrasi ini diproyeksikan sebagai tenaga pengajar pada Lembaga Pendidikan Menengah.


  2. Biologi Konservasi dan Lingkungan
    Pada Konsentrasi ini Peminatnya akan dibekali pemahaman mengenai prinsip-prinsip biologi dan ilmu ekologi dan pemecahan permasalahan lingkungan yang akhir-akhir ini makin menjadi. Lulusan dari Ilmu Biologi terutama  Peminat Biologi Konservasi dan Lingkungan banyak yang diproyeksikan dalam konservasi lingkungan di berbagai Instansi terutama Kementrian Lingkungan Hidup.


  3. Biologi Industri
    Pada Konsentrasi ini Peminatnya akan dibekali pemahaman mengenai prinsip-prinsip biologi yang berlaku dalam industri, terutama dalam bidang Bioteknologi Makanan dan Farmasi. Peminat Konsentrasi ini banyak diproyeksikan sebagai peneliti dalam laboratorium kualitas dalam industri.


  4. Biologi Perairan dan Kelautan
    Pada Konsentrasi ini Peminatnya akan dibekali pemahaman mengenai prinsip-prinsip biologi kelautan. Peminat Biologi Kelautan ini banyak yang diproyeksikan dalam pengembangan sumberdaya perairan dan kelautan. Selain itu juga peminat konsentrasi ini banyak yang memiliki prospek pada Kementrian Perikanan dan Kelautan.
  5. Biomedik
    Pada Konsentrasi ini Peminatnya akan dibekali pemahaman mengenai biologi kesehatan atau biomedik. Konsentrasi ini membimbing peminatnya dengan penerapan biomedik. Peminat konsentrasi ini banyak yang memiliki prospek dalam Kementrian Kesehatan dan juga sering diproyeksikan sebagai Tenaga Pengajar pada SMK Kesehatan.
Pict by:
bioteknologi.umm.ac.id

Share this:

Post a Comment

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes