BREAKING NEWS

Tuesday, November 11, 2014

APA ITU KANKER SERVIKS?

Ikubaru's Blogzia-Belakangan ini dunia hiburan dihebohkan dengan berita salah satu selebritis kita, Julia Perez yang terkena Kanker Serviks dan harus mendapatkan perawatan di Singapura. Julia Perez atau yang akrab dipanggil Jupe telah mengidap Kanker Serviks Stadium 2A. Banyak hal yang menyebabkan Jupe mengidap penyakitnya ini, salah satunya diakibatkan oleh stress pikiran. Sebenarnya apa itu Kanker Serviks? Mari kita bahas. Stay tune on Ikubaru's Blogzia.

Kanker Seviks merupakan Penyakit yang paling ditakuti oleh para wanita, Penyakit ini menyerang Leher Rahim atau Serviks. Penyakit ini ditandai oleh flek-flek walaupun tidak sedang Haid dan sering juga tidak disadari oleh penderitanya. Gejala yang dianggap biasa ialah seperti kelelahan, sering mengalami sakit didaerah pinggul, Salah satu kaki membengkak, dan sakit saat buang air kecil. Tahap selanjutnya, penderita akan mengalami keputihan yang tidak normal, keluar cairan kekuningan dan bercampur darah, serta bagi wanita yang sudah menopause (berhenti menstruasi-red) mengalami pendarahan.

Penyakit Kanker Serviks pada umumnmya tidak bisa menginfeksi secara cepat, namun harus perlu waktu 10-30 tahun untuk menginfeksi sempurna. Kanker Serviks pada umumnya banyak dialami oleh wanita yang berusia diatas 30 tahun, namun pada saat ini banyak juga wanita yang terinfeksi di usia muda.


FAKTOR PENYEBAB KANKER SERVIKS

Kanker Serviks pada umumnya diakibatkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV) yang diakibatkan oleh pembalut, hubungan seks secara oral maupun anal baik di usia matang maupun usia muda (sebelum 20 tahun-red). Adapun Kanker Serviks juga banyak diakibatkan oleh kebersihan seperti mencuci kemaluan dengan air yang tidak higienis di toliet umum dan juga keputihan yang tidak dibershikan secara sempurna. Namun perlu diingat juga, jangan terlalu banyak memakai pembersih kewanitaan, karena jika terlalu sering maka bakteri baik dalam vagina bisa mati dan mengurangi sensivitas pencegahan bakteri jahat dari luar.



GEJALA UMUM KANKER SERVIKS

Banyak wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang terkena kanker serviks. Pada umumnya Gejala Kanker Serviks memang tidak disadari oleh penderitanya karena seperti halnya penyakti lainnya dan seperti gejala mestruasi biasa. Namun bila dibiarkan akan menjadi serius. Berikut Gejala umum Kanker Serviks yang Ikubaru's kutip dari Parkway Cancer Center Singapore:
  1. Pendarahan vagina
  2. Sakit punggung
  3. Sakit saat buang air kecil dan air seni keruh
  4. Konstipasi kronis dan perasaan kembung walaupun perut dalam keadaan kosong.
  5. Rasa nyeri saat berhubungan seks dan keputihan
  6. Salah satu kaki membengkak
  7. Kebocoran urin atau feses dari vagina


PENCEGAHAN DAN PENGOBATAN KANKER SERVIKS

Ada beberapa cara mudah agar terhindar dari Kanker Serviks, yakni ubah pola hidup dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Kanker Serviks mudah sekali menular pada lingkungan yang kurang higienis. Penularan juga dapat terjadi juga ketika dalam pencucian pakaian disatukan dengan pakaian penderita.


PAP SMEAR

Adapun langkah pencegahan yang dapat dilakukan untuk terhindar dari Kanker Serviks ialah dengan cara Pap Smear. Pap Smear merupakan metode screanning untuk mendeteksi proses-proses premalignant dan malignant termasuk didalamnya Proses perkembangan Kanker Serviks. Proses Pap Smear ini juga dilakukan dengan Vaksinasi untuk pencegahan.

Metode Pap Smear ini dapat mendeteksi Carcinoma in situ (CIN) atau kumpulan sel pra-kanker ganas yang akan menyebar ke organ lain. Metode Pap Smear ini dapat dilakukan 1 tahun sekali pada wanita yang berusia 10 tahun hingga 70 tahun terhitung dari 1 tahun berhubungan badan. Dari hasil test Pap Smear pertama apabila dinyatakan normal maka pap smear berikutnya dapat dilakukan 2-3 tahun sekali, namun bagi wanita yang beresiko maka harus dilakukan 1 tahun sekali.


PENGOBATAN

Pengobatan bagi penderita Kanker Serviks dapat dilakukan dengan berbagai cara berdasarkan tingkat keparahannya, yakni seperti operasi pengangkatan, radioterapi, dan kemoterapi. 

Pada stadium awal (Stadium 1) untuk mempertahankan kesuburan maka dilakukan prosedur bedah konservatif. Untuk mendapatkan keturunan maka direkomendasikan penderita menunggu 1 tahun untuk melakukan program kehamilan. Proses ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Kanker pada Kelenjar Getah Bening di akhir stadium 1.

Untuk pengobatan Kanker Stadium IA dan IIA maka pengobatan dapat dilakukan dengan berdasarkan besarnya tumor pada Serviks. Bila Tumor kurang 4 cm direkomendasikan untuk radikal bedah konservatif atau dengan radioterapi baik dengan keomterapi ataupun tidak. Namun apabila melebihi 4 cm maka disarankan radioterapi dan kemoterapi berbasis Cisplatin (Pengobatan Kanker dengan Senyawa Logam).


Referensi Penulisan:


Share this:

1 comment :

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes