BREAKING NEWS

Tuesday, October 23, 2012

SIKAP MENGHADAPI MASALAH (Sebuah Inspirasi dari Lingkungan)



 Dalam kehidupan kita, masalah adalah sesuatu yang membuat seseorang pusing. Terlepas dari apakah yang dihadapinya benar-benar masalah atau bukan masalah yang sebenarnya. Masalah adalah sesuatu yang diimpikan atau direncanakan tapi tidak sesuai dengan kenyataan. Kita dibuat pusing atau bingung untuk menentukan sikap dalam menghadapinya. Dan masalah sangat lekat dengan makhluk hidup, salah satunya manusia. Sehingga Pantaslah ada pepatah mengatakan “Kalau tak ada masalah, ya jangan hidup.” Pepatah ini mengisyaratkan kepada kita hanya orang yang telah meninggal saja yang tidak mempunyai masalah keduniawian. Karena hubungan mereka dengan alam dunia telah diputuskan oleh Sang Pemilik Ruh.



Ketika menghadapi sesuatu masalah yang rumit, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasinya, antara lain:
  1. Mencoba mencari solusi sendiri dengan mempertimbangkan segala langkah yang akan dilakukan, misalnya dengan mempergunakan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunities, and Threat), atau dengan kata lain menggunakan analisis pertimbangan Kekuatan, Kelemahan, Pemahaman terhadap masalah, dan Ancaman yang akan terjadi
  2. Ketika kita bingung atau kurang percaya diri dengan solusi yang telah kita rancang, ada baiknya kita meminta pertimbangan orang-orang yang terpercaya atau yang pernah mengalami hal serupa.
  3. Apabila misalnya dengan kedua cara kita masih belum pas dihati, pergi untuk berdiskusi dengan orang yang mengerti terhadap permasalahan kita (Konselor atau Psikolog)
  4. Banyak berserah diri pada Tuhan agar masalah yang kita hadapi menjadi ringan untuk dihadapi. Laksanakan Program 3B (Berdo’a, Berusaha, Bertawakal)
Sumber   :  Bimbingan Konselor SMPN 15 Kota Bogor dan penambahan seperlunya

Share this:

Post a Comment

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes