BREAKING NEWS

Tuesday, October 23, 2012

TINGKAH LAKU MANUSIA DALAM BERKELOMPOK

Manusia dalam berkelompok mempunyai latar belakang yang beragam, seperti jenis kelamin, umur, pendidikan, agama, kebudayaan, kepentingan, dan lain sebagainya. Tetapi disamping perbedaan ini juga terdapat persamaan, seperti  kebutuhan untuk makan, minum, keamanan, keturunan atau biologis. persamaan kebutuhan inilah yang membentuk kerjasama dan hidup berkelompok.

Menurut Clare W. Graves, tingkah laku manusia terbagi menjadi tujuh pola tingkah laku, yakni sebagai berikut:

  1. Tipe Autistik, yakni tipe manusia yang kurang atau bahkan tak punya daya juang dan tak bisa dikaryakan. 
  2. Tipe Animistik, yakni tipe manusia yang sadar akan lingkungannya, akan tetapi kurang memahaminya.
  3. Tipe Kejutan, yakni tipe manusia yang takut akan adanya daya yang bertentangan dalam dirinya dan dunia yang hanya sebgian saja dipahaminya.Manusia tipe ini akan memanfaatkan peluang yang ada jika tidak ada resiko yang mengancam kemanan dirinya.
  4. Tipe Agresif dan Gila Kuasa, yakni tipe manusia yang tak suka diatur dan lebih menentang tata tertib yang telah ada.
  5. Tipe Sosio-sentris, yakni tipe manusia yang lebih suka bekerja dalam satu tim dan lebih mementingkan masalah kelompok (sosial) daripada masalah pribadinya.
  6. Tipe Agresif Individualistis, yakni tipe manusia yang percaya diri, bertanggung jawab, dan lebih melihat pada tujuan yang dicapai. Tipe manusia ini juga pula tak menyukai tugas yang dipaksakan.
  7.  Tipe Individualistis Suka Damai, yakni tipe manusia yang berorientasi pada tujuan yang dicapai dan berharap dapat ikut serta dalam menentukan targetnya. tipe manusia ini pula tidak memperdulikan penghargaan dari orang lain, dengan kata lain tidak silau akan pujian dari orang lain.

Tingkah laku manusia pula dapat dilihat dari golongan darahnya. Dr. Toshitaka Nomi dari Lembaga Pemeriksaan Darah Tokyo menyebutkan bahwa golongan darah dapat mengungkapkan watak dari seseorang.
  1. Golongan darah A ialah tipe orang yang dapat dipercaya, bertabiat sangat teliti dan penuh tanggung jawab mental pada waktu pelaksanaan pekerjaannya.
  2. Golongan darah B ialah tipe orang yang lemah lembut dan lebih percaya akan perasaannya. tipe orang bergolongan darah ini termasuk tipe orang yang kalem dan tenang.
  3. Golongan darah AB ialah tipe orang yang emosional, sifat wataknya ragu-ragu, dan pendiriannya dipengaruhi oleh situasi.
  4. Golongan darah O ialah tipe orang yang berbakat pemimpin dan efektifitas kerjanya tinggi, sehingga orang golongan darah ini sangat tidak menyukai orang yang bermalas-malasan dalam pekerjaannya.
Tingkah laku manusia dapat pula dipengaruhi faktor-faktor psikis, seperti pikiran, perasaan, intuisi, dan penginderaan. Salah satu diantara bisa lebih dominan. 

Jika pikiran dan penginderaan seseorang bekerja sama, maka ia akan termasuk seseorang yang berpikir berdasarkan apa yang ditangkap oleh inderanya.

Jika pikiran dan intuisi seseorang bekerja sama, maka ia termasuk seseorang berpikir berdasarkan firasat yang dimilikinya.

Jika perasaan dan pengideraan seseorang bekerja sama, maka ia termasuk seseorang yang mudah merasakan melalui indera yang dimilikinya, ia akan merasa senang atau tidak senang, suka atau tidak suka, dan menerima atau menolak Pribadinya dipengaruhi oleh mood yang dimilikinya.

REFERENSI:
Malayu, Hasibuan. 2012. Manajemen Dasar, Pengertian, Masalah: Hal. 184-189

Share this:

Post a Comment

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes