BREAKING NEWS

Tuesday, May 28, 2013

TEORI PERUSAHAAN

Menurut Swastha (1988:12) Perusahaan dapat didefinisikan sebagai suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan. Dari pengertian ini maka dapat dilihat ada lima unsur yang penting yang menyangkut perusahaan, yakni organisasi, produksi, sumber ekonomi, kebutuhan, dan cara yang menguntungkan.


Secara umum suatu perusahaan memiliki tujuan yakni menghasilkan laba yang maksimum. Akan tetapi dalam berbagai kerangka pemikiran tujuan perusahaan tidak hanya sebatas memaksimalkan keuntungan, tetapi juga terdapat tujuan lainnya. Menurut kerangka teori manajemen tujuan perusahaan ialah juga bertujuan dalam pertumbuhan (Growth) dan Kelangsungan Hidup (Survival).  Tujuan perusahaan dalam arti pertumbuhan akan mengarah pada kelangsungan hidup bagi anggota (untuk koperasi) maupun untuk masyarakat. Tujuan perusahaan dalam arti kelangsungan hidup tentu pada akhirnya mengarah pada kesejahteraan masyarakat.


Dari tujuan perusahaan dalam arti pertumbuhan dan kelangsungan hidup, bentuk perusahaan dapat dijabarkan menjadi perusahaan swasta dan perusahaan Negara. Perusahaan swasta memiliki tujuan dalam memaksimalkan profit yang didapatnya dan juga sebagai sara sosial. Perusahaan swasta terdiri dari Usaha Perseorangan (CV), Firma (Fa), PT, Koperasi, dan Yayasan. 

Selain itu ada pula perusahaan Negara yang memiliki tujuan yakni tidak hanya sebagai mencari keuntungan akan tetapi juga sebagai penyedia kebutuhan hajat hidup orang banyak sesuai dengan Pasal 33 ayat 1 UUD 1945.  Perusahaan Negara Perusahaan Negara atau BUMN terdiri dari Perusahaan Terbatas Negara (Persero), Perusahaan Daerah (PD), Perusahaan Negara Umum (Perum), Perusahaan Negara Jawatan (Perjan).

Dalam menjalankan kegiatan usahanya suatu perusahaan memiliki beberapa tanggung jawab kepada beberapa pihak. Pihak-pihak tersebut ialah pada investor, karyawan, pelanggan, masyarakat, dan pemerintah. 
  1. Tanggung jawab perusahaan pada investor ialah dalam hubungannya pengelolaan dana dan keuntungan yang didapat kemudian dibagikan pada para pemilik modal. 
  2. Tanggung jawab perusahaan terhadap karyawan ialah dalam hubungannya upah, kesejahteraan, dan jaminan kesehatan yang diterima para karyawan atas pengabdian dan kinerjanya pada perusahaan
  3. Tanggung jawab pada pelanggan ialah dalam hubungannya produk yang diterima oleh para pelanggan yang sesuai dengan informasi yang mereka terima sesuai dengan bauran pemasaran perusahaan. Selain itu juga dalam hubungannya menanggapi suara konsumen atas produk.
  4. Tanggung jawab pada masyarakat ialah dalam hubungannya memberikan bantuan sosial kepada masyarakat sekitar dengan program CSR perusahaan. Selain itu juga tanggung jawab yang lain ialah tidak mencemari lingkungan masyarakat sekitar dengan limbah hasil produksi perusahaan.
  5. Dan tanggung jawab yang terakhir ialah pada pemerintah yakni hubungannya pada penarikan pajak atas produk (PPN), pajak usaha perusahaan, pajak penghasilan (PPh), dan pajak lainnya yang berkenaan pada perusahaan.


LINGKUNGAN PERUSAHAAN

Dalam menjalankan kegiatan produksi, suatu perusahaan mau tidak mau didukung oleh lingkungan disekitarnya. Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai pihak eksternal dari perusahaan yang mempengaruhi perusahaan baik secara organisasi maupun kegiatan produksi perusahaan.


Lingkungan Perusahaan dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok, yakni lingkungan umum (General Environment) dan lingkungan khusus (Spesific Environment). Lingkungan umum perusahaan dapat dijabarkan menjadi lingkungan umum mikro dan lingkungan umum makro. 
Lingkungan umum mikro terdiri dari:
  1. Konsumen produk
  2. Pesaing produk
  3. Supplier
  4. Lembaga Keuangan
  5. Serikat Perkerja
  6. Media massa dan Periklanan
  7. Lembaga Pendidikan

Lingkungan umum makro terdiri dari:
  1. Teknologi
  2. Politik
  3. Etika
  4. Hukum
  5. Sosial dan Budaya masyarakat
  6. Lingkungan fisik dan energi serta konversi


Share this:

Post a Comment

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes