TEORI BISNIS

Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan, pemerintah, individu dan keluarga, dalam bidang industri dan perdagangan, jasa untuk mencari laba. Sesuai dengan pengertian diatas, tujuan utama bisnis ialah memperoleh laba, selain itu tujuan lain bisnis ialah memproduksi serta menjual barang yang telah diproduksinya, mempertahankan pertumbuhan dan pangsa pasar terhadap produknya, serta melakukan tanggung jawab terhadap lingkungan dengan program CSR.

Kegiatan bisnis yang dilakukan oleh perusahaan dapat berbentuk perseroan terbatas (PT) atau juga bisa berbentuk firma. Kegiatan bisnis juga bisa dilakukan oleh badan pemerintah, hanya saja kegiatan bisnis yang dilakukan badan pemerintah ialah dimaksudkan untuk menguasai hajat hidup orang banyak sesuai dengan pasal 33 ayat 1 UUD 1945. Kegiatan bisnis yang dilakukan pemerintah dapat dilaksanakan dalam bentuk BUMN / BUMD, Perum, maupun PD (Perusahaan Daerah) seperti PD Pasar Jaya.



Selain itu, kegiatan bisnis juga bisa dilakukan oleh seorang individu atau keluarga. Kegiatan bisnis yang dilakukan oleh perseorangan biasanya dilakukan dari pribadi ke pribadi atau juga bisa dilakukan secara mikro, yakni membuka kios-kios penjualan. Kegiatan bisnis perseorangan bisa berbentuk perusahaan perseorangan (CV), maupun juga tidak.

Di masyarakat kegiatan bisnis dapat diklasifikasikan dalam berbagai bentuk sesuai dengan barang dan jasa yang dijualnya, yakni sebagai berikut:
  1. Memproduksi barang dan jasa
  2. Perdagangan ekspor impor
  3. Pengangkutan dalam dan luar negri (Distribusi barang)
  4. Pergudangan/penyimpanan (gudang)
  5. Pembelanjaan/pembiayaan (misal: FIF)
  6. Perbankan
  7. Pengiriman barang ke dalam dan luar negri (Tiki, Fedex, dll)
  8. Tempat hiburan
  9. Telekomunikasi dan Informasi (Telkomsel, Indosat, dll)
  10. Pendidikan
  11. Perhotelan dan Jasa Pariwisata, dll

Dalam melakukan kegiatan bisnisnya, seorang pelaku bisnis pasti harus bisa menghadapi berbagai permasalahan bisnis yang ada agar bisnis yang dijalankan tidak mencapai titik kerugian. Permasalahan bisnis yang harus dihadapi antara lain meliputi Inflasi, Tingkat Persaingan, Produktivitas bisnis, Jumlah pengangguran, dan Globalisasi Ekonomi.

INFLASI
Inflasi merupakan Kenaikan harga-harga barang dan jasa secara umum dalam perekonomian suatu Negara. Inflasi secara tidak langsung akan mempengaruhi harga-harga barang baku di pasar. Oleh karena itu seorang pelaku bisnis haruslah mempertimbangkan besar kecilnya inflasi yang ada di perekonomian.

TINGKAT PERSAINGAN
Persaingan didunia bisnis sangat tajam. Yang bersaing yaitu produsen dalam negri dan produsen luar negri. Keunggulan produsen asing: Modal besar dan produksi banyak sedangkan produsen dalam negri (Indonesia): Modal kecil produksi sedikit, mengakibatkan harga daripada hasil produksi asing lebih murah dan berkualitas sehingga produknya lebih diminati konsumen disbanding produk dalam negri.

PRODUKTIVITAS BISNIS
Produktivitas Bisnis dapat meliputi Perbandingan antara nilai Output barang (keluaran) haruslah lebih besar daripadapa nilai Input barang (masukan) atau O > I = Keluaran (produk) > Masukan (Modal).

JUMLAH PENGANGGURAN
Pengangguran yang tinggi akan mempengaruhi tingkat daya beli masyarakat terhadap barang dan jasa akan menurun. Untuk mengatasi masalah pengangguran ialah dengan menciptakan lapangan kerja dan mengadakan pendidikan dan pelatihan. 


GLOBALISASI EKONOMI
Dengan adanya globalisasi perokonomian barang dan jasa bisa dipasarkan tanpa harus mengenal batas antar negara. Pasar suatu Negara bisa mempengaruhi pasar Negara lain. Hal ini dapat menyebabkan tingkat persaingan tidak hanya dengan perusahaan nasional, melainkan juga perusahaan multinasional juga. Misalnya: McD dan KFC merupakan perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi ayam goreng kemudian memasarkan produknya di berbagai Negara.

ETIKA BISNIS

Etika bisnis ialah norma-norma yang digunakan dalam berbisnis yang mengacu pada kebenaran dalam kegiatan bisnis. Etika bisnis dapat meliputi kejujuran dalam berbisnis, tepat waktu dalam berbisnis, displin dalam melakukan kegiatan bisnis, dan sesuai dengan peraturan dan prosedur yang berlaku.  
1 Komentar untuk "TEORI BISNIS "

Wah Alhamdulillah saya senang bisnis cocok nih baca* artikel di blog ini, thx gan

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

Back To Top