BREAKING NEWS

Wednesday, August 28, 2013

CARA CEPAT PERHITUNGAN MATEMATIKA

Ikubaru's Blogzia-Hayoo.. Kalian lagi nyari cara cepat perhitungan matematika kan? Cara cepat  matematika memang bisa dijadikan alternatif dikala kita sudah pusing bin enek dengan soal-soal matematika. hehe.. Selain itu, cara cepat juga bisa  membantu kita dalam mengerjakan soal-soal ujian dan olimpiade secara cepat tentunya. Memang cara cepat sangat membantu kita, tapi gimana ya kalau banyak cara cepat yang harus kita hapalkan, sedangkan waktu ujian sudah dekat.. Wahh.. bisa jadi masalah sendiri toh.. (pengalaman.. hehe)

Pada intinya memang cara cepat dipakai untuk lebih mempermudah dalam menghitung, tapi jangan sekali-kali menghafal loh. Justru ini malah menjadi momok bagi kita, karena kita harus menghafal puluhan cara cepat. Pahami saja cara penghitungannya. Lalu apa bedanya Matematika dengan Fisika yang memiliki banyak rumus. 

Nah, Matematika itu disusun dari beberapa konsep perhitungan (bukan Rumus) sehingga menjadi suatu persamaan-persamaan dan konsep dasar yang akan menjadi dasar perhitungan (sekali lagi bukan rumus). Nah, untuk perhitungan Fisika didapat dari beberapa penelitian-penelitian dan fenomena alam kemudian dijabarkan dalam suatu konsep yang membentuk rumus dan konsepsi dasar perhitungan.

Memahami Matematika dan Fisika sangatlah berbeda. Dalam Matematika hal yang harus kita kuasai terlebih dahulu ialah bagaimana dasar perhitungan tersebut dan bagaimana pengembangannya dalam perhitungan. Berbeda dengan Fisika yang terlebih dahulu dikuasai ialah bagaimana fenomena alam yang muncul, kemudian yang dikembangkan menjadi suatu perhitungan.

Kembali lagi pada cara cepat. Mayoritas CARA CEPAT diperoleh dari penyederhanaan konsep-konsep perhitungan yang sudah ada, misalnya seperti dibawah ini yang merupakan penyederhanaan dari konsep perhitungan yang sudah ada sebelumnya. (Kalau tidak jelas, silahkan klik gambarnya)




Selain itu, CARA CEPAT didapat dari penjabaran konsep yang ada sebelumnya dan penggabungan konsep lainnya, misalnya seperti CARA CEPAT PERSAMAAN KUADRAT dibawah ini yang didapat dari penjabaran konsepsi Persamaan Kuadrat dan Bilangan Pascal. (Kalau tidak jelas, silahkan klik gambarnya)






Nah, Sekarang bagaimana cara memakai CARA CEPAT ya. Ok Ikubaru's Blogzia mempunyai beberapa tips dalam memakai CARA CEPAT ini, check this out:
  1. Jangan sekali-kali MENGHAPAL CARA CEPAT, karena semakin kita MENGHAPAL, maka semakin menjadi BEBAN bagi kita.
  2. Untuk dapat menguasai CARA CEPAT MATEMATIKA, kita haruslah MEMAHAMI konsep dan jalannya perhitungannya. Dengan cara ini maka kita akan mudah MENGERTI menggunakan CARA CEPAT, tanpa harus menghapalnya.
  3. Rajin-rajinlah berlatih soal-soal yang ada, suatu saat pasti kita akan menemukan cara termudah dalam menyelesaikan soal-soal itu.

Share this:

12 comments :

  1. Ini dia musuh utama ku waktu sekolah dulu.
    Matematika benar-benar mati-matian. *_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe awalnya saya begitu juga gan, pernah sebel sama MATEmatika..
      :D

      Delete
  2. wew ternyata banyak cara ya untuk menyelesaikan sesuatu,,,

    http://rising-force-online.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. Sering" aja posting tentang MTK broo ... back novaibnu.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. manta , perlu di coba... suaradetik.com

    ReplyDelete
  5. wahh,,, matematika memang ajaib dan keren...

    > http://fajry-bloggers-4rt.blogspot.com/

    ReplyDelete
  6. perlu di coba ini,soalnya saya paling pusing kalo menghitung mm

    ReplyDelete
  7. Cakepp...jd lebih asik kao media belajarnya dari blog kekgini..

    ReplyDelete
  8. wah bermanfaat , sekalian deh saya coba

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes