BREAKING NEWS

Sunday, August 4, 2013

CARA MEMBUAT KARTU UCAPAN LEBARAN

Kali ini Ikubaru Blogzia akan membahas bagaimana cara membuat Kartu Lebaran yang simple tapi menarik.


Sebelumnya Sobat harus tahu dulu menu apa saja yang akan berkaitan  didalam pembuatan kartu ini. Sobat dapat melihatnya dibawah ini.

Langkah Pertama,
Sobat siapkan dulu gambar-gambar yang akan dibuat menjadi Kartu Lebaran.



Langkah Kedua,
Buat kanvas baru dengan cara klik Menu > New atau juga bisa dengan menekan Ctrl+N. Kemudian sobat isi Width = 868 Pixel, Height = 502 Pixel, dan Background Contents = White.


Langkah Ketiga,
Sobat buat Layer Baru dengan cara mengklik Ctrl+Shift+N. Lalu beri nama Kartu1. Kemudian sobat ubah warna Foreground Colour menjadi #0c8c24 dan Background Colour menjadi #5bea50.



Langkah Keempat,
Pilih Menu Gradien Tool pada Menubar atau juga sobat bisa menekan huruf G, apabila sobat tidak menemukan menu Gradien Tool, dan sobat cuma menemukan menu Paint Bucket Tool, sobat dapat mengklik kanan, lalu memilih menu Gradien Tool. Kemudian Sobat buat gradasi warna dengan menggunakan Gradien Tool. Caranya tarik garis dari tengah hingga ke sudut gambar.


Maka hasilnya seperti berikut.



Langkah Kelima,
Sobat Pilih menu Filter > Render > Clouds



Maka hasilnya seperti Berikut.

 

Langkah Keenam,
Pilih menu Custom Shape Tool atau dengan menekan U. Apabila sobat tidak menemukan Custom Shape Tool. Maka sobat dapat klik kanan pada menubar tersebut dan pilih Custom Shape Tool. Kemudian pilih Shape (ada diatas) yang berbentuk Ketupat.  
 


Lalu Sobat buat shape-nya, Kemudian Sobat duplikat layer tersebut dengan menekan Ctrl+J. Sobat lalukan terus hingga shapenya memenuhi kanvas. Kemudian Sobat gabungkan duplikat layer-layer yang ada dengan membloknya dan menekan Ctrl+E.


Langkah Ketujuh,
Sobat Copy gambar yang telah disediakan sebelumnya. Apabila background gambar yang telah disediakan tadi memiliki warna yang seragam (satu warna), maka sobat dapat menggunakan menu Magic Eraser Tool dengan menekan E pada keyboard dan sobat hanya tinggal mencopy saja. Apabila Background gambar tersebut tidak seragam, sobat dapat merapihkannya dengan menggunakan History Brush Tool (Caranya Copy gambar tersebut ke kanvas baru > isi Background Content = Transparent  > Paste Gambar tersebut lalu sobat rapihkan). 



Langkah Kedelapan,
Paste kan Gambar tersebut pada Kanvas yang akan dibuat kartu lebaran. Beri Tulisan dengan menekan T pada Keyboard sesuai dengan sobat inginkan, misalnya “SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI” dengan Font Size 48 pt dan “Minnal ‘Aizin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin” dengan Font Size 30 pt.



Tarraa!! Sekarang Jadi deh Kartu Lebaran yang Sobat buat. Bagaimana Sobat? Sobat dapat menambahkan aksesoris lain untuk lebih mempercantik lagi. Saya yakin Sobat lebih bagus membuat kartu lebarannya. 

Selamat Mencoba ya Sobat!!
Kalau Sobat ingin meng-share pada yang lain jangan lupa sertakan juga link halaman ini ya :

Share this:

2 comments :

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes