- Menyelidiki dan mengetahui apa yang diinginkan konsumen
- Merencanakan dan mengembangkan sebuah produk atau jasa yang akan memenuhi keinginan tersebut
- Memutuskan cara ternaik untuk menentukan harga, mempromosikan, dan medistribusikan produk tersebut.
- Pertumbuhan pasar yang melambat
- Berubahnya pola pembelian konsumen
- Tingkat persaingan produk semakin meningkat
- Pengeluaran (Expenditure) untuk promosi dan riset pasar meningkat
SISTEM PEMASARAN
- Organisasi dalam pemasaran
- Produk yang dipasarkan
- Pasar yang dituju
- Supplier atau agen
- Faktor demografi, kondisi perekonomian dan politk negara, situasi sosial budaya masyarakat, dan faktor-faktor lingkungan lainnya
- Analisis Sistem Pertukaran (Exchange System Analysis)
- Analisis Pemasaran Organisasional (Organizational Marketing Analysis)
- Analisis Lingkungan Makro (Macroenvironment Analysis)
KONSEP PEMASARAN
Konsep Pemasaran mengatakan bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran, serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaingnya. Konsep pemasaran dapat diungkapkan dengan berbagai cara, yakni dengan cara:
- Menelusuri keinginan pasar dan pemenuhannya
- Memproduksi produk yang dapat dijual, bukan menjual produk yang dapat diproduksi.
- Mencintai pelanggan dengan memeberikan pelayanan terbaik
- Tentukan langkah yang akan diambil dalam kegiatan pemasaran
- Aplikasikan langkah yang telah direncanakan sebelumnya
- Lakukan segalanya dalam batasan kemampuan untuk menghargai uang pelanggan yang sarat akan nilai, mutu, dan kepuasan pelanggan.
- Kebutuhan, Keinginan, dan PermintaanSuatu pemasaran tidaklah menciptakan suatu kebutuhan, karena pada hakikatnya suatu kebutuhan sudah dapat ditentukan sebelumnya dan sudah ada secara alamiah dalam diri manusia. Suatu pemasaran dapat mempengaruhi seseorang dalam memenuhi keinginan pelanggannya akan suatu barang, misalnya seseorang yang menginginkan smartphone terbaru dalam hal trend dan gensi teknologi.
Dari kegiatan mempengaruhi keinginan pelanggan, suatu pemasaran akan tentu mempengaruhi permintaan suatu produk yang cocok, menarik, berkualitas, terjangkau dan mudah didapatkan oleh konsumen melalui kegiatan distribusi. - ProdukDalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan, orang-orang akan memenuhi kebutuhannya dengan barang dan jasa. Pemenuhan kebutuhannya tidak hanya dilihat dari nilai fisik dan material dari produk tersebut, tetapi juga harus dilihat dari nilai kegunaan akan produk tersebut.
- Nilai, Biaya, dan KepuasanPemenuhan kebutuhan dan keinginan akan suatu produk memiliki suatu nilai dalam pemenuhannya. Nilai dalam pemenuhan ini ialah perkiraan konsumen tentang kemampuan total suatu produk untuk memenuhi kebutuhannya.
Suatu nilai produk bergantung pada seberapa jauh produk tersebut mendekati produk yang ideal. Hambatan dari produk ideal ini ialah adanya biaya yang harus dipenuhi agar dapat mencapai kepuasan maksimal. Untuk itulah diperlukan pertimbangan akan nilai dan biaya suatu produk sebelum menentukan pilihan untuk mencapai kepuasan. - Pertukaran, transaksi, dan hubunganSuatu pemasaran timbul dari suatu pertukaran nilai barangdengan nilau yang sebanding dengannya. Dalam proses pertukaran ini, pihak-pihak yang terlibat akan berunding dan mengarah ke suatu persetujuan yang dapat disebut dengan transaksi.
Untuk dapat menghasilkan suatu pertukaran, suatu pemasaran haruslah mampu menganalisis apa yang diharapkan untuk memperoleh dari dan memberikan kepada masing-masing pihak yang terlibat dalam pertukaran dan transaksi.
Dalam menciptakan suatu pertukaran dan transaki yang efektif, suatu pemasaran yang baik akan mencoba membangun hubungan jangak pnnjang, saling percaya, dan saling menguntungkan dengan pelanggan, distributor, supplier, dan pemasoknya. Hasil akhir dari suatu pemasaran berdasarkan hubungan ini ialah membangun suatu aset perusahaan berupa jaringan pemasaran. - Pasar Suatu pasar merupaakn tempat pertukaran atau transaksi antara pembeli dan penjual. Besarnya pasar bergantung pada jumlah orang yang memiliki kebutuhan, memiliki sumberdaya yang diminati, dan mau menawarkan sumberdaya tersebut untuk ditukar agar dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan.
Dalam ekonomi modern, pasar bergerak atas dasar Pembagian kerja dimana suatu perusahaan mengkhususkan dalam memproduksi sesuatu, menerima bayaran, dan membeli barang yang dibutuhkan. Suatu pemasaran dapat melihat pasar ini sebagai hubungan antara industri dengan pelanggannya.
Dalam hubungan pasar, pemerintah memiliki peranan penting dalam kegiatan pasar. Pemerintah membeli barang dari pasar sumberdaya, pembuat barang dan perantara. Disisi lain pemerintah memungut pajak dari berbagai pihak dan memberikan pelayanan publik yang baik. - Pemasaran dan Pemasar (Marketing and Marketer)
Suatu pemasaran bertujuan dalam mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Transaksi pemasaran merupakan kegiatan pertukaran dan mencari suatu tanggapan dari pihak lain, baik dengan menjual atau membeli sesuatu.
Dalam situasi normal, pemasar (Marketer) merupakan suatu perusahaan yang melayani suatu pasar pemakai ditengah kompetisi. Pemasarn dan pesaingnya mengirimkan masing-masing produk dan pesanya baik secara langsung maupun melalui fasilitator pemsaran kepada pemakai akhir (konsumen). Efektivitas pemasaran produk pada pemakai akhir dipengaruhi oleh masing-masing pemasok dan juga dipengaruhi faktor utama lingkungan (demografi, ekonomi, fiskal, teknologi, politik, hukum dan sosial budaya).
Referensi Pustaka:
Abdullah, Thamrin. 2012. Manajemen Pemasaran.
Mursyid, Muhammad. 2010. Manajemen Pemasaran.
Diktat Kuliah Manajemen Pemasaran I
Sumber Gambar:
www.solopos.com
Sangat bermanfaat sekali Mas, tentunya buat saya dan rekan-rekan semuanya :)
ReplyDeleteBagus artikelnya. thx sudah sharing.
ReplyDeleteLengkap buat referensi bagi yg ingin berkecimpung dalam dunia pemasaran, keep posting mas..
ReplyDeleteKunjungan Balik Yoo!
fajrin-dimension.blogspot.com
iya gan, semoga bermanfaat ya bagi yg mau masuk ke dunia marketing :D
Deletewah, ternyata gitu toh, baru tau saya gan
ReplyDeleteanak kuliahan ya gan.. gile ini lengkap pisan.. lumayan gan buat jadi refrensi
ReplyDeletehaha iye gan, semoga membantu ya :D
Deleteterima kasih info nya
ReplyDeleteDi 2018,artikel ini masih sangat bermanfaat untuk saya, trimkasih, semoga sukses selalu... 😊
ReplyDelete