BREAKING NEWS

Monday, January 6, 2014

PRODI FISIKA ITU SEPERTI APA?

Ikubaru's Blogzia-Bagi kalian para lulusan SMA IPA dan SMK Teknik sudah tidak asing lagi dengan materi Fisika. Ya, Fisika merupakan pelajaran inti yang banyak mendukung kemampuan akademik para lulusan SMA IPA dan SMK Teknik. Dalam Ilmu Fisika banyak mempelajari fenomena alam menggunakan prinsip kekekalan energi.  Terkadang Ilmu Fisika dikatakan sebagai materi yang sulit karena banyak rumus didalamnya, tapi ada juga yang menganggap fisika ini menarik karena memiliki manfaat yang besar bagi perkembangan teknologi.


Bagi para lulusan SLTA yang tertarik dalam Ilmu Fisika ada baiknya melihat review ini. Pembelajaran Fisika di Perguruan Tinggi memadukan antara teori dengan aplikasinya, sehingga para mahasiswanya dapat memahami fenomena-fenomena dalam mengungkap rahasia alam. Kali ini Ikubaru’s Blogzia akan membahas bagaimana sih Prodi Fisika itu?

Prodi Fisika merupakan salah satu prodi yang tergabung dalam Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA).  Terkadang beberapa Perguruan Tinggi menggabungkan Prodi ini dengan Fakultas Teknik menjadi Fakultas Teknik dan Sains. Lulusan Prodi ini akan dianugerahkan gelar akademik sebagai Sarjana Sains (S.Si). Prodi Fisika ini mempunyai Prospek Kerja yang luas dan banyak dibutuhkan oleh dunia kerja, seperti:
  1. Peramal iklim dan bencana alam pada BMKG
  2. Instrument Engineer
  3. Physical Control
  4. Material Engineer
  5. Radiologist
  6. Quality Assurance
  7. Staff Pengajar baik di Perguruan Tinggi maupun Pendidikan Menengah
  8. Staff Peneliti bidang Fisika

Prodi Fisika di PTN kurang diminati dalam SBMPTN kelompok Saintek, sehingga masih terbuka luas untuk dapat diterima di PTN.  Disalah satu Institut Teknologi, Prodi ini kurang banyak diminati. Walaupun memiliki peminat yang sedikit, akan tetapi lulusannya dapat menjadi pelopor dalam pengembangan ilmu fisika di masyarakat dengan riset pengetahuan.

KONSENTRASI PRODI FISIKA
Pada umunya Konsentrasi Prodi Fisika memiliki konsentrasi sebagai berikut:

  1. Geofisika
    Konsentrasi ini membekali peminatnya dengan kemampuan dalam memahami fisika dalam sudut pandang ilmu bumi. Peminat konsentrasi ini akan diberikan pemahaman mengenai analisis inverse, metode gravitasi, metode seismik, dan metode eletromagnetik. Peminat Konsentrasi ini dapat diproyeksikan dalam tenaga dibidang eksplorasi migas serta klimatologi. Pada beberapa Perguruan Tinggi, konsentrasi ini dijadikan Prodi tersendiri seperti Klimatologi dan Geofisika.
  2. Fisika Instrumentasi
    Konsentrasi ini membekali peminatnya dengan pemahaman fisika eksperimental dengan dibekali dalam penguasaan elektronika digital, sistem sensor, dan pengolahan sinyal digital. Peminat Konsentrasi ini dapat dibutuhkan dalam industri modern pada saat ini.
  3. Fisika Komputasi
    Konsentrasi ini membekali peminatnya dengan pemahaman penggunaan computer dalam analisa algoritma komputasi dalam mencari pemecahan masalah fisika.
  4. Fisika Zat Padat
    Konsentrasi ini membekali peminatnya dengan pemahaman dan penguasaan sifat material fisika seperti semikonduktor, superkonduktor, dan struktur elektronika zat padat. Peminat konsentrasi ini akan diarahka dalam pengembangan microprocessor atau chips yang bayak dipakai  dalam produk industri komputer.
  5. Fisika Medik
    Konsentrasi ini membekali peminatnya dengan pemahaman prinsip fisika yang banyak diterapkan pada masalah medic, seperti radiologi, eletrofisiologi, bioenergitika, dan instrumentasi medik. Peminat konsentrasi ini banyak dibutuhkan dalam industri peralatan kesehatan modern, laboratorium fisika medic pada rumah sakit, dan lain-lain.

Share this:

Post a Comment

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes