BREAKING NEWS

Sunday, January 5, 2014

PRODI MATEMATIKA ITU SEPERTI APA BRO?

Ikubaru's Blogzia-Apa yang kalian bayangkan mengenai  Matematika? Mungkin banyak yang menjawab pelajaran yang susah karena banyak hitung-hitungannya. Memang bagi sebagian orang matematika menjadi momok tersendiri, tapi bagi sebagian orang juga matematika merupakan prodi yang menyenangan karena banyak tantangan dalam perhitungannya. 


Matematika banyak memiliki andil dalam perkembangan ilmu pengetahuan.  Matematika banyak melandasi ilmu lain seperti Ilmu Ekonomi dengan Matematika Ekonomi dan Bisnisnya, Ilmu Komputer dan Teknik dengan Matematika Diskrit, dan ilmu pengetahuan lainnya. Dari pengembangan ilmu matematika ini, matematika banyak melandasi kegiatan-kegiatan baik bisnis, manajemen, industri, maupun akedemik.

Ngomong-ngomong tentang matematika, bagi kalian lulusan SLTA yang lagi bingung mau meneruskan prodi apa di Perguruan Tinggi dan kebetulan kalian memiliki kemampuan dalam perhitungan, ada baiknya melihat prodi Matematika.

Prodi Matematika merupakan salah satu prodi yang  tergabung dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA).  Terkadang beberapa Perguruan Tinggi menggabungkan Prodi ini dengan Fakultas Teknik menjadi Fakultas Teknik dan Sains. Lulusan Prodi ini akan dianugerahkan gelar akademik sebagai Sarjana Sains (S.Si). Dalam prodi ini banyak mengkaji mengenai  Matematika dasar dan aplikasinya pada dunia kerja.

Prodi Matematika bayak tersebar di sebagian besar PTN di Indonesia. Prodi Matematika merupakan prodi yang memiliki tingkat persaingan yang longgar dalam SBMPTN. Pada  salah satu PTN di Sumatera, Prodi Matematika mempunyai peminat yang sedang. Sedangkan pada salah satu PTN di Jawa, Prodi Matematika menduduki prodi yang cukup diminati.

KONSENTRASI PRODI MATEMATIKA

Dalam mendukung keahlian lulusannya, Prodi Matematika memiliki konsentrasi seperti berikut:
  1. Matematika Murni
    Konsentrasi ini membekali peminatnya dengan kemampuan cara berpikir sistematis dalam dunia kerja  dengan analisis fungsional, teori grup, teori fungsi variabel, dan teroi distribusi. Peminat konsentrasi ini akan diproyeksikan dalam pengembangan ilmu dan riset matematika dalam lembaga pendidikan maupun lembaga penelitian.
  2. Matematika Komputasi
    Konsentrasi ini membekali peminatnya dengan kemampuan analisis algoritma komputasi.  Pemintan konsentrasi ini juga dibekali dalam kemahiran menggunakan computer komputasi sebagai alat pemecahan masalah sains.

  3. Matematika Statistika
    Konsentrasi ini membekali peminatnya dengan kemampuan analisis statistik dalam permasalahan sosial maupun sains. Peminat konsentrasi ini akan dibekali dengan teori statistika murni, teori aktuaria, teori peluang dan teori antrian. Pada beberapa Perguruan Tinggi, Konsentrasi ini dijadikan sebagai Prodi tersendiri, yakni Prodi Statistika.


PROSPEK KARIER PRODI MATEMATIKA

Prodi Matematika memiliki prospek kerja yang luas di dunia kerja. Prodi Matematika memiliki banyak melahirkan lulusannya sebagai:
  1. Qualitative and Quantitative Research
  2. Research Administrator
  3. Ahli Statistika
  4. Analis Keuangan
  5. Marketing Administrator
  6. Quality Assurance
  7. Ahli Riset dan Peneliti
  8. Staff Pengajar Matematika baik di pendidikan menengah maupun Perguruan Tinggi.

Share this:

1 comment :

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes