BREAKING NEWS

Monday, March 24, 2014

KENAPA HARUS BERKOMENTAR RELEVAN?

Ikubaru's Blogzia-Berkomentar merupakan hal yang paling tepat dalam menyampaikan apresiasi, kritik, dan masukkan kepada seseorang yang telah membuat sesuatu, termasuk dalam hal ini Komentar Blogger. Seorang Blogger tentu akan saling mengapresiasi tulisan antar Blogger lainnya melalui kegiatan Blogwalking, namun terkadang ada sebagian Blogger yang menggunakan Komentar Blogger hanya sebatas basa-basi untuk mencari Backlink, terkadang juga ada Blogger yang sengaja berkomentar dengan menggunakan Link Aktif.

Sebelumnya Ikubaru's Blogzia ingin menyampaikan penulisan artikel ini tidak bermaksud untuk "sok mau dihargai ataupun sok mengajari dan sok pinter", tetapi saya hanya ingin menghimbau untuk saling mengapresiasi artikel sesama para Blogger sekalian. Sangat tidak etis apabila seorang Blogger yang sudah susah payah membuat artikel dari berbagai sumber data hanya dikomentari secara singkat saja, banyak para Blogger yang membutuhkan komentar yang Relevan sebagai sumber penilaian artikel yang ditulisnya oleh para pengunjungnya.

Memang terkadang susah juga mengartikan Komentar yang Relevan, namun setidaknya dalam berkomentar juga ada hal yang dapat ditangkap maknanya dan berbobot.Terkadang antar sesama Blogger hanya berupa berkomentar singkat saja, seperti "Nice Post, Thanks Gan, Sangat Berguna Terimakasih, Ikut Nyimak, Keep Posting ya Bro" dan lain sebagainya, bahkan ada juga yang menyertakan URL blognya saja.


Merujuk pada tulisannya Pakar Blogger, Mas Anjar di Blognya "Anjaris.Me", Ada beberapa butir Etika dalam Kegiatan Blogging yang dihasilkan pada Acara Bloglicous di Jakarta pada tahun 2011 yang lalu, yakni sebagai berikut:

  1. Menghargai dan menjunjung tinggi perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dengan menghindari plagiarisme, pembajakan, dan selalu mencantumkan sumber setiap kali mengutip karya orang lain.
  2. Tidak mendiskreditkan pihak lain dan selalu berkomitmen untuk menulis secara proporsional.
  3. Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
  4. Selalu berbagi pengetahuan dan kebaikan melalui blog masing-masing.
  5. Tidak berprasangka dan hanya menulis berdasarkan fakta yang diyakini bisa dibuktikan serta tetap dengan menjunjung tinggi etika kesopanan dalam menulis.
  6. Tidak melakukan spamming melalui kolom komentar.
  7. Tetap menjaga kesopanan dan rasa saling menghormati dalam memberikan komentar pada blog yang dikunjungi.
  8. Tidak melakukan hack pada website atau blog lain.
  9. Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur SARA.
  10. Menggunakan bahasa yang baik dalam menulis.
  11. Tetap menjunjung tinggi kebebasan berekspresi dalam menulis tetapi tidak melanggar hak-hak orang lain.
  12. Bersedia meralat informasi yang telah ditulis dalam blog jika di kemudian hari terdapat kesalahan dalam memuat tulisan di blog
Pada poin nomor 7 dijelaskan bahwa Seorang Blogger juga harus menjaga kesopanan dan rasa saling menghormati dalam memberikan komentar pada blog yang dikunjungi. Rasa saling menghormati disini tidak hanya terbatas pada sikap dan bahasa dalam berkomentar namun juga dapat termasuk pada sikap menghormati para Penulis Blog yang sudah susah payah menulis dan membagikan artikelnya pada kahalayak. Maka dengan berkomentar dengan Relevan sesuai dengan isi artikel akan membangkitkan "spirit" penulis Blog untuk terus berkarya lebih dan lebih baik lagi.

SUSAHNYA MENCARI DATA DALAM PEMBUATAN ARTIKEL

Dalam menulis artikel seorang Blogger juga harus memikirikan data dan sumber darimana saja yang dapat mendukung tulisannya tersebut. Selian itu juga seorang Blogger harus mampu mengolah kata yang terbaik agar pembaca artikelnya benar-benar paham dengan isi artikelnya. Inilah yang terkadang membuat Blogger merasa berat ketika menulis artikelnya sendiri. Tak jarang para Blogger mengambil jalan pintas dengan Copy Paste artikel orang lain. Namun cara ini malah merugikan Blogger itu sendiri karena Sanksi Google melalui Algortima-nya, seperti Google Penguin.

Selengkapnya mengenai Algoritma Google Penguin dapat dibaca di Ikubaru's Blogzia: Pengunjung Blog Turun Drastis? Pasti Gara-Gara Penguin!


PENTINGNYA KOMENTAR RELEVAN BAGI BLOGGER MAHASISWA




Pada Zaman sekarang kegiatan Belajar Mengajar baik Pendidikan Menengah maupun Pendidikan Tinggi sudah banyak memanfaatkan Teknologi dan Informasi dalam proses Pengajarannya, termasuk memanfaatkan Blog sebagai sarana Belajarnya. Dalam proses pemebelajaran ini Komentar Blog sangat berperan sebagai Penilaian dalam Tugas yang diberikan oleh Dosen Pengampu Mata Kuliah.Komentar Relevan yang ada pada Blog Mahasiswa akan mendukung penilaian dalam Tugas melalui Media Blog atau juga disebut E-Learning.

Selengkapnya mengenai Pembelajarn E-Learing dapat dilihat di Ikubaru's Blogzia: E-Learning, Metode Pengajaran Berbasis Tekno Bagi Guru dan Siswa

KOMENTAR RELEVAN BAGI BLOGGER PESERTA KONTES MENULIS BLOG

Dalam Gelaran Kontes Menulis Blog yang diadakan oleh beberapa Perusahaan, Komentar memiliki poin tersendiri dalam penilaiannya, bahkan beberapa Penyelenggara Kontes SEO mewajibkan komentar yang berkualitas ada dalam Blog Peserta Kontes, seperti halnya Kontes Menulis E-Learning yang diadakan oleh Provider XL Axiata, Komentar Blog dapat dijadikan penilaian yang penting, namun bukan yang utama.

BAGAIMANA DENGAN KOMENTAR PADA BLOG BER-NICHE DOWNLOAD?

Memang dalam berkomentar pada Blog tidak selalu sama Relevan-nya, terkadang ada beberapa hal yang membedakannya, yakni Niche atau Jenis Blog itu sendiri. Contohnya seperti ini Berkomentar antara Blog Niche Kesehatan dengan Niche Download. Pada Blog Niche Kesehatan Komentar Blog harus disesuaikan pada isi artikel tersebut bahkan terkadang ada pertanyaan yang terselip mengenai penyakit dan pengobatannya, namun pada Niche Download sering saya temui komentar yang singkat saja, seperti "Izin Sedot Gan".

Memang dalam berkomentar pada Niche Download banyak yang berkomentar singkat saja, namun bukan berarti tidak memiliki bobot. Sebagai bobot kita juga harus memberikan apresiasi mengenai blog tersebut, misal seperti Film atau Games apabila Link Downloadnya mengarah pada Download Film atau Games, atau juga mengapresiasi seri terbaru dari download tersebut.

Jadi, dalam Niche Download berkomentar singkat bukan berarti kita asal-asalan dalam berkomentar dan langsung download saja, setidaknya ada apresiasi bagi penulis blognya tersebut yang sudah susah payah mencari link download yang terbaik untuk di share.

Akhir, kata Ikubaru's Blogzia ingin menegaskan kembali PENULISAN ARTIKEL INI BUKAN BERMAKSUD UNTUK MAU DIHARGAI DAN MENGAJARI PARA BLOGGER SEMUA YANG SUDAH MAHIR DALAM BLOGGING, namun pada penulisan ini saya hanya MENGHIMBAU UNTUK SALING BERKOMENTAR RELEVAN ANTAR SESAMA BLOGGER agar Hubungan Baik antar Blogger dapat terpelihara dengan baik.

Sumber Foto Eksternal
foto.okezone.com

Share this:

13 comments :

  1. yups, betul sekali artikel KENAPA HARUS BERKOMENTAR RELEVAN ini

    sebagai wujud kita menghargai si penulis artikel

    ReplyDelete
  2. Iye Gan.. Komen Relevan Itulah Yang Diperlukan Oleh Para Blogger. Tapi Karena Pengunjung Yang Gk Mau Diajak "KOMPROMI" ya begitulah....

    ReplyDelete
  3. iya gan,lagipula kalau berkomentar tidak relevan itu terkesan seperti orang yang secara tak langsung tidak menghargai penulis artikel.

    ReplyDelete
  4. Setuju gan, karena dengan komentar yang Relevan penulis artikel merasa dihargai dan akan semangat share artikel-artikel yang lebih berguna

    ReplyDelete
  5. komentar relevan tidaknya bisa menunjukkan karakter seorang blogger gan ..

    ReplyDelete
  6. wah postingan bagus gan, emang ini wajib untuk di terapkan hha.

    ReplyDelete
  7. Mungkin kali ini saya setujus ama agan. mengapa kita harus berkomentar relevan? ya jika kita tidak comment secara relevan sama saja tdk secara langsung tidak mengjargai penulis blog tsb.

    ReplyDelete
  8. Ane setuju banget gan, kadang yang bikin sakit hati ya itu, udah susah buat eh malah di komen yang melenceng -__-

    ReplyDelete
  9. paling mangkel kalo "blogwalking gan"

    itu yg bikin jengkel parah -_-

    ReplyDelete
  10. Logikanya kalo ga relevan brarti yg komen ga nyambung sama artikel..tul ga bro?

    ReplyDelete
  11. iya nih gan, ane juga risih kalo ada yang naruh link aktif =_=

    ReplyDelete
  12. Iya gan.. ane sering kena komentar gak relevan. Pada cari backlink aja tuh. Ane tulisbapa di komen apa

    ReplyDelete
  13. untuk menghargai penulis, berkomentarlah dengan relevan

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes