BREAKING NEWS

Thursday, April 3, 2014

BAURAN PEMASARAN SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN

Ikubaru's Blogzia-Kegiatan Pemasaran merupakan kegiatan ekonomi dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan produk kepada konsumen dengan berbagai pendekatan seperti Segmentasi (Membagi Konsumen), Posistoning (Menentukan Posisi Produk), serta Targeting (Mentargetkan Produk) Konsumen. Pemasaran muncul dilatarbelakangi oleh adanya Kebutuhan dan Keinginan. Senbagai Makhluk Ekonomis (Homo Economicus) seorang manusia pasti memiliki kebutuhan dan keinginan.Munculnya berbagai variasi produk yang diharapkan sesuai kebutuhan Konsumen akan menimbulkan keinginan konsumen untuk melakukan Pembelian. Disinilah peran Pemasaran sangat dominan peranannya.

Selengkapnya mengenai Teori Dasar Pemasaran dapat dilihat di Ikubaru's Blogzia: Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran

Dalam menyusun Strategi Pemasaran oleh Pemasar atau Marketer harus dijabarkan dalam bentuk Program-program Pemasaran. Hal ini dilakukan untuk dapat menentukan alokasi anggaran pemasaran yang digunakan serta dapat menentukan rencana hasil kegiatan pemasaran yang telah dilakukan. Pembagian alokasi anggaran untuk pemasaran ini harus dibagi dalam berbagai kiat dalam Bauran Pemasaran.

Menurut Hermawan (2012:35), Bauran Pemasaran atau Marketing Mix adalah suatu strategi yang dilakukan oleh suatu perusahaan yang dapat meliputi penetapan Masterplan dan mengetahui serta menghasilkan Pelayanan (Penyajian) Produk yang memuaskan pada suatu segmen pasar tertentu dimana segmen pasar tersebut telah dijadikan pasar sasaran untuk produk yang telah diluncurkan guna menarik konsumen mealkukan pembelian.

Bauran Pemasaran sebagai salah satu Konsep Kunci dalam Teori Pemasaran Modern memiliki 2 sudut pandang Bauran, yakni dari Segi Produsen dan Segi Konsumen. Dari Sudut Produsen dikenal dengan istilah 4P, yakni Place, Product, Price, dan Promotion. Sedangkan dari Sudut Konsumen dikenal dengan 4C, yakni Customer Needs and Wants (Kebutuhan dan Keinginan), Cost to the Consumer (Biaya Konsumen), Convenience (Kenyamanan), dan Communication (Komunikasi).


BAURAN PEMASARAN PRODUSEN (4P)

BAURAN PEMASARAN PRODUSEN: PLACE

Suatu Perusahaan akan semakin berkembang apabila berlokasi pada tempat yang strategis serta memiliki Saluran Distribusi yang efektif dan Efisien. Saluran Distribusi merupakan sekumpulan organisasi yang saling bergantung satu sama lainnya yang terlibat dalam proses penyediaan sebuah produk atau pelayanan untuk digunakan atau dikonsumsi (Stern dan El-Ansary (dalam Hermawan2012:207))


Saluran Distribusi sangat erat kaitannya bagi lokasi yang strategis. Lokasi Stratgis dapat mengatasi masalah kesenjangan waktu dan stok barang yang disimpan di gudang. Distribusi barang banyak dipengaruhi oleh Faktor Georafis, Iklim, Tata Kota, dan lain sebagainya. Lokasi yang strategis ini diharapkan dapat memfasilitasi Konsumen dalam melakukan pembelian, karena pada dasarnya Konsumen menginginkan kepraktisan produk serta sesuai dengan jangkauan mereka.

BAURAN PEMASARAN PRODUSEN: PRODUCT

Suatu Pemasaran takkan terlepas dari produk sebagai objek pemasarannya. Suatu Produk dapat dikatakan sebagai sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar untuk mendapatkan perhatian, dibeli dan dikonsumsi oleh konsumen untuk dapat memuaskan Kebutuhan dan Keinginannya.

Dalam meraih Pangsa Pasar yang luas, suatu produk harus memiliki (Brand) yang dpaat mengenalkan produk tersebut pada konsumennya, selain itu merek juga diperlukan sebagai identitas produk atas kualitasnya. Apabila suatu produk dikenal memiliki kualitas yang unggul, maka konsumen akan banyak yang membeli produk tersebut, sebaliknya apabila tidak berkualitas atau kualitas rendahan maka konsumen akan meninggalkan produk tersebut.

BAURAN PEMASARAN PRODUSEN: PRICE

Suatu Produk yang unggul dalam Pasar banyak dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya Harga Produk. Perusahaan dalam menetapkan Harga Produk mempertimbangkan berbagai aspek, yakni:
  1. Sasaran Harga yang Sesuai dengan Kantong Konsumen
  2. Sasaran Permintaan terhadap Produk
  3. Memperkirakan Biaya yang akan dikeluarkan untuk Proses Produksi
  4. Menganalisa Penawaran danHarga Produk para Pesaing
  5. Pemilihan Metode Harga
  6. Penetapan Harga Akhir
Dalam mentapkan harga ini perusahaan akan menentukan besaran sasaran tingkat pengemabilan investasinya (Return on Investation/ ROI) Semakin tinggi ROI-nya maka tingkat pengembalian investasin dan ekuntungannya semakin besar. Namun tingginya ROI bukanlah ditentukan dari seberapa tinggi harga produk tersebut, namun ditentukan dari perbandingan antara Penjualan Bersih dengan Total Biaya yang digunakan dalam produksi. Apabila suatu perusahaan tidak mencapai ROI maka perusahaan tersebut harus menyiapkan bagian Titik Impas (Break Event Point/BEP) agar tidak mencapai kerugian serta untuk mempelajari kemungkinan pada penjualan selanjutnya.

Dalam menetapkan harga juga harus melihat bagaimana kemampuan konsumen dapat membeli suatu produk. Jika menetapkan harga tinggi untuk suatu produk, maka konsumen pun enggan untuk membeli dan beralih pada pesaing. Disis lain jika kita menetapkan harga yang terlalu murah maka tingkat ROI akan semaikn rendah. Untuk itulah maka diperlukan Optimalisasi Penetapan Harga.

BAURAN PEMASARAN PRODUSEN: PROMOTION

Kegiatan yang paling penting dalam pemasaran ialah Promosi. Dengan melakukan Promosi, seorang produsen dapat memperkenalkan dan mengajak konsumen untuk melakukan pembelian. Seringkali kegiatan promosi dikaitkan dengan dana. Apabila Dana Pemasaran dapat dialokasikan secara Efektif dan Efisien, seperti Menganalisis Keunggulan Produk, Segmen yang dituju, serta menganalisis media promosi yang efektif dan efisien.

Kegiatan Promosi sangat erat kaitannya dengan penyebaran informasi utnuk disampaikan pada konsumen. Dalam penyampaian informasi ini ada beberapa hal penting yang hendaknya diperhatikan, yakni:
  1. Program Periklanan yang dijalankan
  2. Promosi dengan mengutamakan Penjualan yang dilakukan secara personal (Personal Selling), seperi SPG atau Salesman
  3. Promosi yang mengedepankan aspek penambahan nilai produk (Additional Values of Product), seperti Peningkatan Kulaitas Produk, Kualitas Pelayanan, Inovasi Produk, serta Ketepatan Waktu Distribusi.
  4. Promosi dengan meningkatkan Publisitas melalui berbagai media Promosi untuk membentuk Image Positif Produk.
 

BAURAN PEMASARAN KONSUMEN

BAURAN PEMASARAN KONSUMEN: CONSUMER NEEDS AND WANTS

Seorang konsumen akan mempertimbangkan kebutuhan dan keinginannya sebelum akan membeli produk, apakah produk tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan dirinya. Seringkali dengan banyak produk yang mampu memenuhi kebutuhan konsumen, produsen membuat variasi produk seperti variasi rasa, desain produk, serta gebrakan lainnya yang diharapkan dapat membuat konsumen tertarik pada produk, sehingga akan timbul Keinginan untuk membeli dan memiliki produk tersebut.

Selengkapnya mengenai Teori Kebutuhan dan Keinginan dapat dilihat di Ikubaru's Blogzia: Kebutuhan dan Keinginan
 

BAURAN PEMASARAN KONSUMEN: COST TO THE COSNSUMER

Dalam pembelian produk, konsumen juga mempertimbangkan biaya yang mereka miliki untuk membneli suatu produk. Biaya Konsumen ini juga erat kaitannya dengan faktor pendapatan, kesejahteraan, gaya hidup, serta besarnya pengeluaran konsumen. Semakin besar pendapatan konsumen maka akan semakin besar keinginannya untuk membeli suatu produk, maka juga akan mendorong tingkat kesejahteraan dan gaya hidup konsumen, sebagai contoh seseorang yang bekerja dengan gaji 15 Juta akan berpikrian untuk membeli mobil sebagai sarana kepuasannnya.

BAURAN PEMASARAN KONSUMEN: CONVENIENCE



Setelah melakukan Pembelian konsumen akan merasakan kualitas produk yang telah dikonsumsinya, apakah memuaskan atau tidak. Apabila konsumen merasa puas terhadap produk, maka akan mendorong konsumen untuk melakukan pembelian kembali. Selain faktor kualitas produk, kualitas layanan juga sangat berpengaruh dalam kepuasan dan kenyamanan konsumen atas produk.

BAURAN PEMASARAN KONSUMEN: COMMUNICATIONS

Komunikasi antar konsumen sangat penting dalam hal menyarankan produk pada konsumen lainnya, sehingga kegiatan pemasraan akan lebih efektif dan efisien. Mayoritas Pemasar atau Marketer membentuk konsumen untuk terpuaskan dan diharapkan untuk menyarankan produk pada konsumen lain utnuk melakukan pembelian produk (Refferal Marketing Strategies). Selain komunikasi antar konsumen, Bauran Konsumen juga termasuk pada komunikasi antara Produsen dan Konsumen, yakni dengan adanya Costumer Service untuk menangani keluhan-keluhan konsumen atas produk.


Apabila Anda Ingin Meng-Copy, Mohon Sertakan Sumbernya:


IKUBARU'S BLOGZIA



Terimakasih

Share this:

6 comments :

  1. Heeeem, menurut sy, point penting dari pemasaran adalah distribusi... mengingat point itu sebagai keunggulan paling penting dlm keseluruhan sistem pemasaran sebagaimana slogan sang raksasa C*CA-C*LA, "seandainya di kutub utara ada manusia, pasti ada produk kita..."

    ReplyDelete
  2. Hal Terpenting yang harus dilakukan Dalam pemasaran itu apa ya??

    ReplyDelete
  3. wah cocok sekali ini buat di terapkan untuk meraup rupiah di internet....sangat informatif sekali gan. thank ya.

    ReplyDelete
  4. Mantab nih! metode ini kemungkinan 85% work

    ReplyDelete
  5. Makasih informasinya gan.
    ini membantu pengetahuan saya.

    by : Arif maulana

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes