BREAKING NEWS

Monday, May 26, 2014

SNMPTN GA LULUS, TENANG MASIH ADA SBMPTN?

Ikubaru's Blogzia-Haloo Sobat! Lagi pada H2C (Harap Harap Cemas) nih nunggu Pengumuman Hasil SNMPTN 2014, Berdoa saja semoga kita bisa lulus dalam SNMPTN ini dan diterima sebagai salah satu Mahasiswa di PTN tersebut. Oya, kalian daftar dimana saja, hayoo pasti banyak yang daftar di UI, UNPAD, IPB, ITS atau juga ITB. Wahh.. Pasti keren kan kalo diterima di PTN tersebut. 


Berbicara SNMPTN juga nih jikalau kita ga diterima masih ada kesempatan kok untuk diterima di PTN, salah satunya melalui SBMPTN atau Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN merupakan Seleksi yang dilaksanakan oleh berbagai Perguruan Tinggi Negeri dalam menjaring calon mahasiswanya dengan Ujian Tertulis. Selain Ujian Tertulis dalam SBMPTN juga dilaksanakan Ujian Keterampilan yang dilakukan oleh beberapa Prodi seperti Prodi Seni dan Prodi Olahraga. Jadi bagi kalian yang berkeinginan masuk kedalam Prodi Seni atau Olahraga wajib tuh ikut Ujian Keterampilan.

Mungkin masih banyak yang bertanya, "Apa aja sih yang akan diujikan dalam Ujian Tertulis SBMPTN?" Dalam Ujian Tertulis SBMPTN akan diujikan:
  1. TKPA (Tes Kemampuan dan Potensi Akademik). Tes ini terbagi menjadi 2, yakni TPA (Tes Potensi Akademik) yang akan menguji mengenai Penalaran, Logika, Kemampuan Penalaran, Verbal, dan Kemampuan Analitis, dan TKDU (Tes Kemampuan Dasar Umum), yang meliputi Tes Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika Dasar.
  2. TKD Saintek, meliputi Materi Sains seperti Matematika IPA, Kimia, Fisika, dan Biologi.
  3. TKD Soshum, meliputi Materi Sosial, seperti Ekonomi, Sosiologi, Sejarah, dan Geografi.

PEMBAGIAN KELOMPOK SBMPTN


Seperti yang dijelaskan dalam Materi Uji SBMPTN diatas tadi, ada dua Kelompok SBMPTN, yakni Kelompok Saintek dan Soshum. Dalam Ujian Tertulis SBMPTN ini pendaftar SBMPTN dapat mendaftar diluar jurusannya loh (Lintas Jurusan), semisal Kalian dari Jurusan IPA bisa mendaftar ke Kelompok Soshum. Meskipun ada kesempatan dalam Lintas Jurusan, namun tidak semua Prodi menerima Lintas Jurusan loh, ada beberapa Prodi yang mensyaratkan Peminatnya bersal dari Jurusan yang Linier, seperti Jurusan Kedokteran dan Prodi Ilmu Kesehatan lain yang hanya menerima dari Lulusan IPA.

Apakah Bisa Jika Saya Ingin mendaftar Ke Prodi Kelompok Saintek dan Juga Prodi Soshum?

Masih bisa gan dengan cara mendaftar ke Kelompok Ujian Campuran yang dulu disebut IPC. Dalam Uian Campuran ini Kita dapat memilih Prodi yang termasuk kedalam Prodi Saintek dan juga Soshum. Namun untuk Ujian Campuran kita harus mengerjakan 2 Soal, yakni TKD Saintek dan juga TKD Soshum.

TEKNIS DAN ATURAN PEMILIHAN PRODI DALAM SBMPTN


Sudah ada gambaran mau memilih Prodi apa sob? Dalam Pemilihan Prodi SBMPTN ini ada beberapa Teknis dan Aturan dalam Memilih Prodi SBMPTN, yakni:
  1. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  2. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi pada PTN di wilayah manapun.
  3. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat dari PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.

SEPUTAR UJIAN KETERAMPILAN


Mungkin penjelasan diatas masih kurang jelas mengenai Ujian Keterampilan dalam SBMPTN. Materi Ujian Ketrampilan SBMPTN meliputi:
  1. Tes Keterampilan Bidang Seni mencakup bidang:
    1. Senirupa berupa Tes Menggambar (Bentuk dan Suasana/Ekspresi) serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni
    2. Seni Tari berupa Tes Tari Bentuk, Tes Kreativitas Tari, imitasi gerak, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara)
    3. Seni Musik berupa Tes Musikalitas, Tes Praktik Instrumen, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara)
    4. Seni Drama berupa Tes Praktik Monolog, Tes Kreativitas Drama, serta Tes Pengetahuan dan Wawasan Seni (dalam bentuk wawancara).
  2. Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas
    1. Tes Kesehatan
    2. Tes Kemampuan Fisik
Bagi Kalian yang tertarik masuk ke Prodi Seni atau Olahraga, Kalian diharuskan untuk mengikuti Ujian Keterampilan di PTN terdekat yang telah ditentukan dalam Pendaftaran sebelumnya.


 

JADWAL UJIAN SBMPTN

Ujian SBMPTN akan dilaksanakan pada hari Selasa, 17 Juni 2014. Ya.. Hanya Berlangsung 1 hari saja. Ujian ini akan dilakukan Serentak di Seluruh Indonesia dalam waktu yang bersamaan. Adapun Jadwal Pelaksanaannya ialah:
  1. 07.00-07.30 WIBB / 08.00-08.30 WIBTA / 09.00-09.30 WIBT
    Peserta SBMPTN memasuki Ruang Ujian dan Mengisi Biodata, serta Pengecekan Identitas Peserta.
  2. 07.30-09.15 WIBB / 08.30-10.15 WIBTA / 09.30-11.15 WIBT
    TKD Saintek yang dilaksanakan oleh Peminat Kelompok Saintek dan Kelompok Campuran
  3. 09.15-09.45 WIBB / 10.15-10.45 WIBTA / 11.15-11.45 WIBT
    Istirahat
  4. 09.45-10.00 WIBB / 10.45-11.00 WIBTA / 11.45-12.15 WIBT
    Peserta SBMPTN memasuki Ruang Ujian dan Mengisi Biodata, serta Pengecekan Identitas Peserta.
  5. 10.00-11.45 WIBB / 11.00-12.45 WIBTA / 12.00-13.45 WIBT
    TKPA yang dilaksanakan oleh seluruh Kelompok Prodi SBMPTN (Saintak dan Soshum)
  6. 11.45-12.45 WIBB / 12.45-13.45 WIBTA / 13.45-14.45 WIBT
    Istirahat
  7. 12.45-13.00 WIBB / 13.45-14.00 WIBTA / 14.45-15.00 WIBT
    Peserta SBMPTN memasuki Ruang Ujian dan Mengisi Biodata, serta Pengecekan Identitas Peserta.
  8. 13.00-14.15 WIBB / 14.00-15.15 WIBTA / 15.00-16.15 WIBT
    TKD Soshum yang dilaksanakan oleh Peminat Kelompok Soshum dan Kelompok Campuran.
Bagaimana sob sudah yakin ikut SBMPTN, ucapkan yakin! Yakinlah pasti kita lolos dalam SBMPTN ini asal kita tekun dalam Belajar, jangan SKS ya! hehe

Oya jika kalian butuh Materi seputar SBMPTN, kalian dapat lihat di:








Share this:

Post a Comment

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes