BREAKING NEWS

Saturday, April 19, 2014

CARA MUDAH MENGERJAKAN SOAL TPA: POLA BILANGAN




Ikubaru's Blogzia-Ga kerasa ya sob kita sudah mau lulus SMA, memang waktu tidak terasa ya, kemaren rasanya kita baru daftar di SMA, eh sekarang sudah mau lulus lagi. Waktu memang cepat berjalan. Setelah lulus SMA banyak yang kita rencanakan, apakah kita mau kerja ataukah kita mau kuliah. Bagi yang mau melanjutkan studi terutama di Perguruan Tinggi Negeri banyak yang harus dipersiapkan, salah satunya persiapan tes SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).



Bagi yang Mau Kerja, ada baiknya melihat artikel Ikubaru's Blogzia yang ini: Ikubaru's Blogzia-Pilih Kerja Atau Kuliah?

Bagi yang Mau Kerja, ada baiknya melihat artikel Ikubaru's Blogzia yang ini: Ikubaru's Blogzia-Kulaih Buat Apa?

Dalam SBMPTN ini banyak yang harus diketahui oleh sobat semua, bagi yang belum tahu dalam Tes SBMPTN merupakan Tes tertulis yang diselenggarakan oleh beberapa PTN untuk menjaring Calon Mahasiswanya. Dalam Tes SBMPTN materi yang akan diujikan ialah Tes Potensi Akademik (TPA), Matematika Dasar, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia. Untuk Kelompok Saintek yang diujikan ialah Matematika Sains dan Materi IPA, sedangkan untuk Kelompok Soshum yang diujikan ialah Materi IPS Saja. Untuk beberapa prodi mewajibkan peminatnya untuk mengikuti Tes Keterampilan. Beberapa Prodi itu ialah Kelompok Prodi Seni dan Olahraga.

Sudah Paham dengan Apa sih SBMPTN itu? Ayoo sekarang kita bicara mengenai Materi yang akan diujikan dalam SBMPTN, yakni Tes Potensi Akademik. Dalam TPA ini banyak yang akan diujikan, akan tetapi yang sering keluar ialah Hubungan Kata, Sinonim / Antonim, Analogi Kata, Penalaran Matematis, Tes Gambar, dan yang paling sering keluar ialah Tes Pola Bilangan.

Khusus Tes Pola Bilangan kita mungkin masih bingung apa sih Tes Pola Bilangan itu? Daripada bingung sama artikel ini ayo kita lihat contohnya seperti apa? :D
 
Ada yang sudah tau atau pernah melihat Soalnya seperti apa. Soal Pola Bilangan ini sebenernya mudah namun perlu kecermatan sobat dalam mengerjakan soal ini. Langsung saja kita lihat pembahasannya seperti apa.

Ada yang punya gambaran tentang soalnya? Langsung aja kita bahas jawabannya..

Pola yang terbentuk ialah +1 dan -1 

Dari soal kita tahu bahwa yang memiliki Pola +1 ialah 12 ke 13 ke 14, maka angka selanjutnya ialah 15
Yang memiliki Pola -1 ialah 16 ke 15 ke 14, maka angka selanjutnya ialah 13.

Maka Jawabannya ialah:



Pada dasarnya Soal Pola Bilangan ini hanya Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, dan Pembagian yang loncat-loncat saja. Tidak susah bila kita tahu caranya.

Lanjut lagi contohnya dari soal SNMPTN 2011:

Ada bayangan bagaimana polanya, ayo kita coba cari agaimana polanya. Ternyatra Polanya ialah Pola Bilangan Bilangan Ganjil, seperti 3, 5, 7, 9, 11, dst

Jawabannya ialah :
75+17 = 92
92+19=111

Mudah kan!!


TIPS DAN TRIK MENGERJAKAN SOAL TPA POLA BILANGAN


  1. Kita pasti akan asyik dan Penasaran dengan soal Pola Bilangan ini, namun yang harus waspasdai ialah waktu. Dalam Soal TPA waktu yang diberikan ialah 60 Menit. Jangan sampai kita terlalu asyik dna penasaran dengan Soal Tipe ini, karena banyak tipe soal yang harus dikerjakan lainnya.
  2. Biasanya yang sering keluar ialah Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Pembagian, Kuadrat 2 atau 3, dan Pengakaran namun polanya loncat 2 dan 3 angka setelahnya. Akan tetapi sering juga memiliki selisih dengan angka disebelahnya
  3. Cari soal yang pola bilangannya mudah, sekali lagi jangan terlalu penasaran dengan soalnya.
Bagaimana sudah ngerti sob? Memang dalam mempersiapkan SBMPTN itu tidak bisa SKS (Sistem Kebut Semalem) tapi harus kita persiapkan secara matang agar kita sukses.

Bagi yang belum mengerti tentang Tipe Soal TPA Pola Bilangan ini bisa Berkomentar di bawah, Insya Allah Admin bantu semampunya!!

Terimakasih Telah Berkunjung

ARTIKEL YANG BERKAITAN DENGAN SNMPTN DAN SBMPTN







CARA MUDAH MEMAHAMI SOAL TPA PENARIKAN KESIMPULAN





DAFTAR REVIEW PRODI DI PERGURUAN TINGGI





Share this:

5 comments :

  1. Bilangan and itungan,emang kudu pas rumusnya..thanks ilmunya gan..

    ReplyDelete
  2. Thanks tipsnya, kalau saya ikut bimbel gan

    ReplyDelete
  3. ini babnya barisan bilangan ya? yg ada barisana aritmatika sama barisan geometri

    ReplyDelete
  4. saya bingung gimana cara nya kalo barisan bilangan itu selisih nya sampai puluhan? rumusnya apa sih gan biar langsung pas liat soal bisa langsung ngerti cara jawabnya :)

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes