BREAKING NEWS

Tuesday, June 24, 2014

INI PROSES TERJADINYA AIR KENCING (URINE) PADA MANUSIA

Ikubaru's Blogzia-Hai sobat apa kabar nih? Semoga kalian sehat semua ya? Udah lama rasanya Ikubaru's Blogzia tidak memposting artikel yang berbau tentang Biologi dan Kesehatan. Kali ini Ikubaru's Blogzia akan memposting Bagaimana sih proses terjadinya Air Kencing (Urine). Artikel ini dikhususkan bagi kalian yang sedang belajar Bab Urologi atau Sistem Ekskresi Makhluk Hidup pada Pelajaran Biologi Kelas XI.


Urine merupakan zat yang sisa yang dikeluarkan oleh sistem eksresi pada tubuh makhluk hidup dengan serangkaian proses didalamnya. Sebelumnya ada baiknya kita ketahui dahulu zat-zat apa saja yang terkandung dalam Urine yang sering kita keluarkan. Pada umumnya didalam Urine akan mengandung zat-zat sebagai berikut:
  1. Air. Air sudah barang tentu banyak terkandung dalam urine manusia, terlebih jika manusia banyak mengkonsumsi banyak air, maka konsentrasi air dalam urine akan semakin meningkat.
  2. Urea (9,3g/L), zat urea juga banyak terkandung dalam urine. Zat Urea ini didapatkan dari hasil perombakan zat protein dalam metabolisme tubuh manusia.
  3. Asam Urat (Purin), zat ini juga banyak terkandung dalam urine manusia, sama halnya dengan urea Asam Urat juga merupakan hasil dari perombakan protein dalam metabolisme tubuh manusia.
  4. Amoniak, zat amoniak banyak terkandung dalam urine manusia. Zat amoniak ini dapat menciptakan bau dalam urine. Zat amoniak ini juga dapat diepngaruhi oleh makanan yang dikonsumsi oleh manusia, seperti Jengkol atau Pete.
  5. Dan masih banyak zat lainnya yang terkadung seperti Asam Klorida / HCl (1,87g/L), Kreatinin (0,67g/L),  Kalium (0,75 g/L),Natrium (1,17 g/L), dan lain sebagainya.
Ayo kita lihat bagaimana sih proses terjadinya Urine pada Manusia. Eing engg!! Ada 3 Proses terjadinya Urine yakni Proses Filtrasi (Penyaringan), Reabsorbsi (Penyerapan Kembali) dan Augmentasi (Pengeluaran). Untuk lebih jelasnya bisa ihat Video dibawah ini:




FILTRASI

Proses Urine bermula pada Penyaringan air dan zat lain dalam darah yang terjadi di Badan Malphigi yang didalamnya terdapat Glomerulus dan Kapsula Bowman. Kedua organ ginjal ini berfungsi dalam menyaring air dan zat lain dalam darah kemudian akan menghasilkan Urine Primer (Filtrate Glomerolous)

Proses Filtrasi terjadi pada saat darah yang mengadung air dan zat lain masuk kedalam Organ Glomerulus. Pada saat proses Filtrasi tekanan darah di area ginjal akan meningkat karena mendorong air dan zat lainnya yang tidak bisa larut melewati pori-pori endotelium kapiler glomerulus. Setelah melewati Glomerulus kemudian hasil filtrasi tadi akan masuk kedalam Kapsula Bowman untuk menyaring zat-zat seperti protein.



REABSORBSI

Setelah melalui proses Filtrasi, Urine Primer akan masuk kedalam proses Rebasrobsi, yakni Penyerapan kembali zat-zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh, seperti glukosa, asam amino, ion-ion Na+, K+, Ca, 2+, Cl-, HCO3-, dan HbO42-. Proses Reabsorbsi ini terjadi pada organ ginjal Tubulus Kontortus Proximal dan Lengkung Henle yang kemudian akan menghasilkan Urine Sekunder (Filtrate Tubulus).

Proses Reabsorbsi terjadi ketika Urine Primer memasuki  Tubulus Kontortus Proximal. Didalam organ ini zat-zat yang masih dibutuhkan dalam tubuh akan diserap kembali. Pada saat sampai di Lengkung Henle, konsentrasi zat-zat tersebut akan berkurang dan akan menjadi Urine Sekunder yang didalamnya terdapat air, garam, urea, dan pigmen empedu yang berfungsi memberi warna dan bau pada urin. 


AUGMENTASI

Proses terakhir dalam terjadinya urine ialah Augmentasi dimana terjadi penambahan zat lain yang tidak dibutuhkan tubuh dan terjadi proses penyerapan ion-ion seperti  Na+ dan Cl- dan sekresi H+ dan K+. Proses Augmentasi ini terjadi Organ Ginjal Tubulus Kontortus Distal dan akan dilanjutkan ke tubulus kolektivus ke pelvis renalis disini terjadi urin sesungguhnya. 

Hal-hal diatas merupakan proses terjadinya Urine, namun dalam proses terbentuknya urine juga dipengaruhi oleh Hormon ADH (Anti Diuretik) dimana Hormon ini berpengaruh dalam proses Filtasi Darah didlaam Ginjal. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar hipofisis bagian belakang. Hormon ADH ini akan bekerja pada keadaan darah yang disaring sedikit mengandung air, akibatnya penyerapan air meningkat sehingga warna urine akan menjadi pekat. 

Bagaimana sob sudah mengerti mengenai Proses Terjadinya Urine, semoga bermanfaat ya, oya selanjutnya Ikubaru's Blogzia akan membahas mengenai Bagaimana sih Efek Kencing Berdiri, tunggu ya di potingan selanjutnya, Stay Tune on Ikubaru's Blogzia!!

Share this:

1 comment :

  1. menarik sekali bahasannya. ketika ingin buang urin sebaiknya tidak ditunda agar terhindar dari penyakit infeksi saluran kemih.

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes