BREAKING NEWS

Saturday, December 20, 2014

TEKNIK INDUSTRI ITU BELAJAR APA?

Ikubaru's Blogzia-Bagi kalian yang sekarang kelas XII dan punya niat kuliah, mau kemana nih? Oya Kalian tertarik dengan dunia teknik yang berhubungan dengan perindustrian? Tapi tertarik juga dengan manajemen di dunia industri? Bingung mau ambil jurusan apa, apakah manajemen atau Fakultas Teknik? Ga usah bingung sob, kenapa tidak ambil jurusan Teknik Industri. Ya Teknik Industri!


Kenapa Harus Teknik Industri? Teknik Industri itu merupakan Jurusan yang tergabung dalam Fakultas Teknik, namun ada juga yang mengelompokkan dalam Fakultas Teknik Industri. Didalam Jurusan ini kita ga hanya belajar Ilmu Teknik saja, tapi juga kita akan belajar Ilmu Manajemen yang berkaitan dengan Industri, seperti Ekonomi Teknik, Pemasaran Industri, serta alur personalia dalam industri.

Bisa dibilang Jurusan Teknik Industri merupakan gabungan antara Keilmuan Teknik dan Manajemen. Didalam Jurusan ini banyak hal yang dipelajari, tapi tidak berhubungan dengan fisik produksi seperti Produk jadi, akan tetapi yang lebih ditenakan ialah sebuah sistem pernacangan produksi.

Untuk mendukung pembelajaran di Teknik Industri, para mahasiswanya dibekali dengan Keilmuan, seperti Matematika, Fisika, Kimia, Dasar Keteknikan, serta berbagai pengetahuan Bisnis seperti Pemasaran Produk, Manajemen SDM, Keuangan Industri, Manajemen Produksi dan Operasional. 

Bagimana dengan Gelar? Lulusan Teknik Industri akan dianugerahkabn gelar Sarjana Teknik (S.T), namun bagi sobat yang ingin menjadi Dosen pada jurusan Teknik Industri, sobat harus mengambil S2 dengan dianugerahkan gelar Magister Teknik (M.T).


KONSENTRASI TEKNIK INDUSTRI

Dalam mendukung karier Para Lulusannya, Teknik Industri pada umumnya memiliki 3 konsentrasi, yakni:
  1. Sistem Manufaktur
    Dalam Konsentrasi ini para peminatnya akan dibekali kemampuan dalam meningkatkan kualitas produk, peningkatan produktivitas kerja baik pegawai maupun sistem yang bekerja yang tujuannya mencapai efektivitas dan efisiensi kerja dengan memanfaatkan Unsur-Unsur Manajemen (Man, Money, Material, Machine, Method, and Market).

  2. Manajemen Industri
    Para Peminat konsentrasi ini akan dibekali kemampuan dalam mengatur manajerial produksi yang lebih global lagi dan mengatasi permasalahan yang lebih besar yang tentu tidak menyangkut masalah lini produksi. Peminat konsenat konsentrai ini akan banyak mengkaji lebih pada pada lingkungan eksternal industri.
  3. Sistem Industri dan Tekno-Ekonomi
    Para Peminat konsentrasi ini akan dibekali kemampuan dalam sistem pemanfaatan unsur-unsur manajemen seperti Man, Money, Material, Machine, Method, and Market dalam meningkatkan daya saing produk di lingkungan ekstetrnal. Dalam konsentrasi ini dibekali pula kemampuan dalam hubungan antar industri, komunitas bisnis, pemerintah, serta masyarakat.

MATERI APA SAJA YANG DIBEKALI BAGI MAHASISWA YANG MENGAMBIL KONSENTRASI

Dalam mendukung karier kedepannya mahasiswa yang mengambil konsentrasi tertentu akan dibekali beberapa fokus materi, seperti:

  1. Sistem Manufaktur
    Peminat konsentrasi ini akan difokuskan dalam beberapa materi perkuliahan seperti Sistem Produksi, Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Pemodelan Sistem, Perancangan Tata Letak Pabrik, dan Ergonomi.

  2. Manajemen Industri
    Peminat konsentrasi ini akan difokuskan dalam beberapa materi perkuliahan seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Kualitas, Manajemen Inovasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran, Manajemen Keputusan dan Ekonomi Teknik.
  3. Sistem Industri dan Tekno-Ekonomi
    Peminat konsentrasi ini akan difokuskan dalam beberapa materi perkuliahan seperti Sistem Industri dan Tekno Ekonomi antara lain adalah Statistika Industri, Sistem Logistik, Logika Pemrograman, Operational Research, dan Sistem Basis Data


PROSPEK KARIER TEKNIK INDUSTRI

Dari konsentrasi Teknik Industri diatas, setidaknya ada beberapa gambaran mengenai prospek karier bagi lulusan Teknik Industri, yakni:
  1. System Planner dalam bidang QA (Quality Assurance) di berbagai industri
  2. Staff IT di berbagai perusahaan telekomunikasi dan Industri
  3. Staff Pemasangan Sistem Informasi
  4. Market Researcher
  5. Technical Sales
  6. Analis Sistem Produksi dalam Industri
  7. Personalia
  8. Konsultan Sistem Produksi
  9. Staff Pengajar (Dosen) di berbagai Perguruan Tinggi baik PTN maupun PTS
  10. Guru SMK Teknik
  11. Dan masih banyak lagi

ADA DIMANA SAJA TEKNIK INDUSTRI?

Pada saat ini Perguruan Tinggi sudah banyak yang menyelenggarakan jurusan Teknik Industri. Tidak hanya Perguruan Tinggi Negeri, namun juga banyak PTS seperti halnya di Jakarta di Universitas Gunadarma, Universitas Pancasila, atau Univeristas Bhayangkara dan lain-lain. Adapun di PTN yang menyelenggarakan ialah:
  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
  3. Universitas Indonesia (UI)
  4. Universitas Sumatera Utara (USU)
  5. Universitas Andalas (UNAND)
  6. Universitas Diponegoro (UNDIP)
  7. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  8. Universitas Sebelas Maret (UNS)
  9. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang
  10. Universitas Malikussaleh
  11. Universitas Mulawarman (UNMUL)
  12. Dan masih banyak lagi

Bagaimana sobat tertarik masuk jurusan Teknik Industri? Mungkin masih meraba-raba bagaimana minat sobat semua. Oya bagi kakak-kakak yang kebetulan berkuliah di Teknik Industri harap bisa memberikan saran dan menambahkan kekurangan dari review Teknik Industri ini.

Terimakasih telah menyimak, semoga sukses :)


Referensi Penulisan:

Share this:

7 comments :

  1. Saat ini saya lagi nerusin dari D3 T.Elektro ke S1 T. Industri dan materi di TI itu luar biasa padatnya -,-

    ReplyDelete
  2. yang didaerah jakarta ada gak mas , kalo ada itu univ apaan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak sob, itu di pembahasan ada kok
      kalo di jakarta itu ada Univ Pancasila, Univ Trisakti, Univ Bhayangkara, dll

      Delete
  3. pancasila ada juga saya kira gak ada mas , makasih dah ya mas :)
    kalo ada waktu mampir gan ke blo g ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua jurusan pasti ada matkul pancasila atau kewarganegaraan, soal'a itu masuk ke MKDU (Mata Kuliah Dasar Umum) :D
      ok sipp saya kunjungi :D

      Delete
  4. Jadi semakin tertarik ke ITb Bandung hehe,..

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes