BREAKING NEWS

Monday, January 5, 2015

BULAN PURNAMA BISA MERUBAH MANUSIA JADI 'GARANG'

Ikubaru's Blogzia-Pada awal Januari ini kita mulai memasuki masa edar bulan sempurna yang ditandai dengan munculnya Bulan Purnama atau Bulan Penuh. Pada masa edar bulan sempurna malam menjadi lebih terang daripada sebelumnya. Seperti yang kita ketahui bahwa Bulan Purnama muncul akibat dari Sinar Matahari terhalang oleh Bumi sehingga Bulan akan terlihat cerah dan penuh.

Dalam Penanggalan pada Kalender Hijriyyah atau Kalander Islam, Kemunculan Bulan Purnama selalu muncul pada tanggal  13-16 pada Penanggalan Islam. Hal ini dikarenakan pada Kalender Islam mengacu pada masa edar Bulan terhadap Bumi, sehingga relevansi patokan Bulan dalam kalenderisasi memang dan seharusnya mengacu pada garis edar bumi (Lunar).


MANUSIA MENJADI "GARANG" SAAT BULAN PURNAMA?

Bulan Purnama memiliki dampak tersendiri baik bagi Tata Surya, Bumi, maupun Bagi Manusia.Dampak Bulan Purnama ini secara umum menyebabkan Pasang Surut Air Laut dan mempengaruhi gaya gravitasi Bumi. Tapi tahukah sobat Bulan Purnama dapat menyebabkan manusia menjadi lebih "Garang" daripada sebelumnya.

Dari berbagai cerita banyak yang mengkisahkan bahwa Pada Bulan Purnama Manusia bisa berubah menjadi Serigala, seperti yang diceritakan dalam Sinetron Ganteng-Ganteng Serigala. Namun kita tidak akan membahas tentang Mitologi karena tidak ada relevansinya dengan Bulan Purnama.

Ternyata Bulan Purnama membawa dampak tersendiri bagi Manusia, seperti meningkatnya hormonal dan Reproduksi, serta dampak psikologi manusia sehingga manusia bisa saja berubah menjadi lebih garang.

DAMPAK HORMONAL DAN REPRODUKSI

Pada masa Bulan Purnama perkembangan hormon reproduksi menjadi meningkat, Menurut Penelitian yang dilakukan oleh Dr Philip Chenette dari Pacific Fertility Center, San Francisco Cahaya yang terpancar pada Bulan Purnama dapat mempengaruhi produksi Hormon Melatonin yang ikut mempengaruhi Siklus Kesuburan Wanita. Produksi dan Penyaluran Hormon yang secara maksimal akan membuat Wanita menjadi lebih subur pada Bulan Purnama ini.

Dari Tingkat Kesuburan pada Bulan Purnama ini menyebabkan banyak orang yang memanfaatkannya untuk melakukan Hubungan Intim. Hal inilah yang terkadang membuat para Pria menjadi lebih "Garang" dalam bercinta. Hal ini dibuktikan dengan Survei yang dilakukan oleh berbagai Penelitian di Eropa yang menyebutkan sekitar 60% Pasangan memanfaatkan malam Bulan Purnama untuk melakukan Hubungan Intim.

Dampak lain dari Bulan Purnama jika ditinjau dari sisi Reproduksi ialah tingkat kelahiran Bayi (Natalitas) meningkat tajam. Menurut studi yang dilakukan Curtis Jackson dari Southern California Methodist Hospital mencatat bahwa angka kelahiran bayi selama 6 tahun ialah 11.025 bayi dan 11.000 diantaranya terjadi pada Bulan Naik atau Mendekati Bulan Purnama.

Menurut penelitian Universitas Ulbino Italia juga menyebutkan bahwa angka kelahiran bayi pada dua hari setelah puncak bulan purnama meningkat. Penelitian ini mengambil sampel 1.200 kelahiran bayi selama 3 tahun terutama untuk para ibu yang sudah memiliki dua anak atau lebih sebelumnya.


DAMPAK PSIKOLOGIS 

Berdasarkan beberapa studi Inggris menyebutkan bahwa efek munculnya Bulan Purnama dapat menyebabkan manusia mengalami rasa gelisah dan sedikit depresi. Studi ini juga pernah dilakukan oleh para peneliti di Leeds University, UK yang menyebutkan terjadi lonjakan keluhan kegelisahan dan depresi pada malam bulan purnama.

Selain menyebabkan kegelisahan, dampak Bulan Purnama secara tidak sadar dapat menyebabkan Manusia menjadi kurang tidur. Mungkin saja ini dapat berimplikasi pada perubahan mood dan kegelisahan pada diri manusia akibat kurang tidur. Menurut penelitian Prof. Jim Horne dari Loughborough University melimpahnya cahaya pada bulan purnama dapat mempengaruhi perubahan hormonal dalam tubuh manusia sehingga manusia dapat berjaga lebih lama.

Studi dampak Bulan Purnama juga mencatat bahwa terjadi peningkatan kejahatan secara signifikan. Menurut penelitian dari Miami University selama 3 tahun mencaat 1.887 kasus pembunuhan terjadi pada saat bulan purnama. Bulan Purnama juga dapat mempengaruhi perilaku manusia bukan saja melakukan pembunuhan, akan tetapi juga melakukan kriminalitas lain. Maka hal ini lah yang dapat membuat Manusia berubah menjadi lebih "GARANG dan BERINGAS".

Studi tentang Bulan purnama juga mencatatkan angka kecelakaan meningkat hingga mencapai 14% pada bulan purnama. Banyak hal yang mempengaruhi perilaku mengemudi menjadi tidak teratur, seperti kurangnya tidur, perilaku mabuk-mabukan yang meningkat, keberanian manusia yang meningkat pada malam purnama, dan lain sebagainya.



PANDANGAN ISLAM MENGENAI STUDI DAN DAMPAK BULAN PURNAMA

Jauh sebelum studi mengenai dampak Bulan Purnama yang dilakukan oleh para peneliti Barat, Islam telah memperingatkan dampak yang terjadi pada Bulan Purnama. Untuk mencegah terjadi hal yang tidak diinginkan dan meredam nafsu pada hari-hari Bulan Purnama, Rasulullah menganjurkan umatnya untuk melakukan Puasa Ayyamul Bidh.

Puasa Ayyamul Bidh merupakan Puasa yang dilakukan pada tanggal 13, 14, 15 pada penanggalan Hijriyyah (bertepatan pada Bulan Purnama). Dalam sebuah Riwayat disebutkan:
Ibnu Abbas ra. berkata : "Adalah Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan berpuasa pada hari putih (tanggal 13, 14, dan 15) baik dalam bepergian atau di rumah." (HR. Thabrani)
Dalam Riwayat lain disebutkan pula:
Dari Abu Dzar ra. berkata, Rasulullah bersabda : "Jika kamu berpuasa tiga hari dari satu bulan maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15." (HR. Nasa', Tirmidzi dan Ibnu Hibban)
Apa Fadhilah atau Keuntungannya? Selain untuk menangkal dampak buruk pada Bulan Purnama yakni meningkatnya nafsu dan perubahan perilaku manusia, ternyata terdapat manfaat lain secara Teologis, yakni pahala puasa Ayyamul Bidh dalam sehari akan diganjar 10 kali lipat, maka dengan berpuasa 3 hari dapat diganjar seperti berpuasa selama 1 bulan. Bagaimana jika berpuasa Ayyamul Bidh rutin setiap bulannya? Maka akan diganjar seperti berpuasa selama 1 tahun.

Dalam Riwayat Abdullah bin 'Amr meriwayatka mengenai Fadhilah (Keuntungan) Ayyamul Bidh:
Dari Abdullah bin 'Amr, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallambersabda: "Puasalah tiga hari dari setiap bulan. Sesungguhnya amal kebajikan itu ganjarannya sepuluh kali lipat, seolah ia seperti berpuasa sepanjang masa." (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, dan an Nasai)
Tentu Fadhilah Puasa Ayyamul Bidh tidak hanya sebatas pada pembahasan diatas namun juga masih banyak lagi, termasuk pada menghidupkan Sunnah Rasulullah SAW dan memelihara metabolisme tubuh secara optimal tiap bulannya.

Demikian Pembahasan ini semoga menjadi inspirasi dan pengetahuan khususnya bagi diri Admin sendiri yang masih belajar dan bagi kita semuanya. Semoga kita dapat melaksanakan apa yang disunahkan oleh Rasulullah SAW terutama untuk Puasa Ayyamul Bidh.

Mohon Maaf apabila ada kesalahan ucapan pada pemilihan kata dalam artikel ini. Kebenaran datangnya dari Allah dan Kesalahan datang dari diri Admin sendiri

Teirmakasih teleh menyimak


Referensi Penulisan:

Share this:

9 comments :

  1. Wah ane demen nih yang membuat pria garang pas bulan purnama..jadi lebih greget..:D.

    salam satriyoku.blog

    ReplyDelete
  2. serem ya macam sinetron ganteng-ganteng serigala aja :D

    ReplyDelete
  3. wah mau jadi GGS yaa,, jadi garang gara2 bulan purnama,, ane baca2 lagi deh... (y)

    ReplyDelete
  4. ternyata dari berbagai aspek ya gan...
    lengkap banget penjelasannya
    ane juga dulu pernah baca mengenai bulan purnama gan tapi menyangkut pasang surut air laut gitu hehe
    mampir gan

    ReplyDelete
  5. ane baru denger kalo bulan purnama bisa buat orang garang -_-
    tapi setelah baca ini mungkin emang bener bisa buat garang kali ya
    heheh :D

    ReplyDelete
  6. Owh, jadi gitu gan ane juga udah Pernah Ngalamin gan, Emang rasanya Gak enak

    ReplyDelete
  7. wah jgn jgn GEGEES kyk gni jga gan :v

    ReplyDelete
  8. Baru tahu gw. hehe..

    Gimana cewek ya ?? Udah mens ditambah bulan purnama juga. -____-"

    ReplyDelete

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes