- Merencanakan apa yang akan kita lakukan?
- Merencanakan tujuan yang akan kita capai?
- Bagaimana cara melakukannya?
- Apa yang kita lakukan ketika terjadi rintangan?
- Bagaimana kita melakukannya?
- Dengan siapa saja kita bekerjasama?
- Jika sudah selesai, apa yang kita dapatkan dan juga bagimana agar rintangan tidak terjadi lagi?
STUDI KASUS MANAJEMEN PENGAMBILAN KEPUTUSAN: SMARTPHONE
Pengambilan Keputusan juga termasuk dalam kaitan Manajemen, dalam hal ini dalam kasus memilih Smartphone. Dalam memilih Smartphone kita akan mempertimbangkan Smartphone mana yang terbaik bagi kita. Apakah yang berharga mahal dengan fitur yang lengkap atau yang berharga biasa dengan fitur yang tidak kalah lengkap.
Kita pasti mempertimbangkan fitur dengan harga yang tidak terlalu mahal. Kita juga mempertimbangkan Smartphone yang memiliki Brand (Merek) yang sudah dikenal. Disinilah letak pengambilan keputusan kita dalam memilih barang. Dalam memilih barang tentu akan ada alternatif pilihan, maka kita harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita.
Selengkapnya mengenai Kebutuhan dan Keinginan dapat sobat lihat di:
Ada beberapa hal yang menjadi kajian pengambilan keputusan seperti:
- Apakah keputusan kita dalam memilih Smartphone dapat menguntungkan kita atau malah merugikan dalam beberapa aspek?
- Apakah kita mempertimbangkan Fitur dan kelengkapan dibandingkan harga, atau sebaliknya?
- Untuk mendukung pengambilan keputusan, dari mana sajakah informasi yang kita terima?
- Pertimbangkan pula penggunaannya?
STUDI KASUS MANAJEMEN KOORDINASI: TOKO ONLINE
Dalam Manajemen dikenal pula dengan koordinasi dan penyampaian perintah (Command). Dari sinilah maka manajemen tidak hanya berjalan oleh satu orang saja, namun maka melibatkan banyak orang. Contoh yang sering dilakukan ialah bagaimana mengelola Website Toko Online.
- Produk apa yang akan laku djual? Maka rencanakan untuk untuk membeli produk tersebut
- Pertimbangkan margin keuntungannya? Maka Rencakan harga yang sesuai dengan segmen pasar yang kita tuju
- Pertimbangkan cara pembayarannya, apakah memakai COD atau menggunakan Transfer antar Bank? Maka rencanakan pembayarannya?
- Rencanakan pula jasa pengiriman jika mendapatkan order dari luar wilayah kita
- Buat Job Description atau pembagian tugas yang jelas antar anggota
- Buat Konsep bersama anggota lain mengenai sistem pemasaran, sistem pembayaran, dan sistem pengiriman barang hingga sampai ke konsumen
- Buat Konsep SWOT dalam usaha yang dibuat agar dapat diminimalisir segala resiko
- Adakan pertemuan yang intens untuk koordinasi yang lebih kuat lagi.
Dari beberapa studi kasus diatas maka dapat kita ketahui Manfaat dan Pentingnya Manajemen dalam Kehidupan, diantaranya:
- Manajemen dapat dikatakan penting karena manajemen merupakan suatu cara dalam mengelola, baik perusahaan maupun diri kita secara individual
- Dengan manajemen beban yang dipikul akan begitu mudah karena adanya pembagian tugas dengan anggota
- Mananjemen juga dapat mengantisipasi seseorang akan terjadinya rintangan dengan analisis SWOT dan salah satu Fungsi Manajemen, yakni Planning
- Dengan manajemen dapat mencapai tujuan yang dicapai akan lebih tepat karena adanya koordniasi yang jelas antar anggota
- Dengan Manajemen pula kita dapat melihat jelas apa yang akan terjadi dimasa depan dengan berbagai pertimbangan dari data yang valid, sehingga kita dapat mengatasi apabila terjadi kegagalan.
Panjang dan teramat relevan studi kasusnya bro..mantap resume manajemenya..:y
ReplyDelete