BREAKING NEWS

Monday, February 16, 2015

APA MANFAAT DAN PENTINGNYA MANAJEMEN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Ikubaru's Blogzia-Dalam kehidupan sehari-hari, kita takkan terlepas dari aktivitas yang dimulai dari bangun tidur hingga tidur lagi di malam hari. Dalam aktivitas tersebut banyak hal yang kita lakukan yang tujuannya ialah bermacam-macam, mulai dari menyelesaikan tugas secepatnya hingga mendapatkan perhatian cewe yang kamu dekati. Nah disinilah tak terlepas dari yang dinamakan MANAJEMEN.

Apa Itu Manajemen? Manajemen dapat diartikan sebagai suatu proses dalam mencapai suatu tujuan dengan berbagai fungsinya seperti Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pelaksanaan (Actuacting), dan Pengendalian (Controlling). Intinya Manajemen ialah suatu cara mengatur bagaimana untuk mencapai tujuan yang diharapkan melalui 4 fungsi manajemen diatas.

Selengkapnya jika sobat ingin tahu lebih dalam mengenai UNGSI MANAJEMEN, Sobat dalam simak di:

Jika kita mendengar kata 'Manajemen' pasti kita akan membayangkan tentang Perusahaan atau Boss di Perusahaan tersebut. Memang pada dasarnya Manajemen banyak dipraktekan dalam suatu Perusahaan untuk mencapai tujuannya ialah Profit atau Keuntungan. Tapi pada kesempatan ini kita tidak membahas manajemen di perusahan.

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai MANFAAT DAN PENTINGNYA MANAJEMEN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. 

Manajemen tidak hanya terpaku pada bagaimana mengatur perusahaan, akan tetapi bisa diartikan dalam mengatur diri kita dan tujuan kita kedepan. Kita dapat melakukan Manajemen pada diri kita, seperti:
  1. Merencanakan apa yang akan kita lakukan?
  2. Merencanakan tujuan yang akan kita capai?
  3. Bagaimana cara melakukannya?
  4. Apa yang kita lakukan ketika terjadi rintangan?
  5. Bagaimana kita melakukannya?
  6. Dengan siapa saja kita bekerjasama?
  7. Jika sudah selesai, apa yang kita dapatkan dan juga bagimana agar rintangan tidak terjadi lagi?
Dengan pertimbangan-pertimbangan diatas kita akan mudah mengelola diri kita mulai dari merencanakan apa yang akan kita lakukan, bagaimana cara melakukannya, bagaimana melaksanakannya, hingga bagaimana evaluasi kita ketika selesai melaksanakannya?


STUDI KASUS MANAJEMEN PENGAMBILAN KEPUTUSAN: SMARTPHONE


Pengambilan Keputusan juga termasuk dalam kaitan Manajemen, dalam hal ini dalam kasus memilih Smartphone.  Dalam memilih Smartphone kita akan mempertimbangkan Smartphone mana yang terbaik bagi kita. Apakah yang berharga mahal dengan fitur yang lengkap atau yang berharga biasa dengan fitur yang tidak kalah lengkap.

Kita pasti mempertimbangkan fitur dengan harga yang tidak terlalu mahal. Kita juga mempertimbangkan Smartphone yang memiliki Brand (Merek) yang sudah dikenal. Disinilah letak pengambilan keputusan kita dalam memilih barang. Dalam memilih barang tentu akan ada alternatif pilihan, maka kita harus memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita.

Selengkapnya mengenai Kebutuhan dan Keinginan dapat sobat lihat di:

Ada beberapa hal yang menjadi kajian pengambilan keputusan seperti:
  1. Apakah keputusan kita dalam memilih Smartphone dapat menguntungkan kita atau malah merugikan dalam beberapa aspek?
  2. Apakah kita mempertimbangkan Fitur dan kelengkapan dibandingkan harga, atau sebaliknya?
  3. Untuk mendukung pengambilan keputusan, dari mana sajakah informasi yang kita terima?
  4. Pertimbangkan pula penggunaannya?

STUDI KASUS MANAJEMEN KOORDINASI: TOKO ONLINE


Dalam Manajemen dikenal pula dengan koordinasi dan penyampaian perintah (Command). Dari sinilah maka manajemen tidak hanya berjalan oleh satu orang saja, namun maka melibatkan banyak orang. Contoh yang sering dilakukan ialah bagaimana mengelola Website Toko Online. 

Dalam mengelola Website Toko Online tentu tidak hanya seorang diri, namun juga terdiri dari beberapa orang seperti 1 orang sebagai Web Developer, 1 orang untuk urusan produk yang dijual, 1 orang untuk mengelola pembayaran, dan orang yang lain dalam promosi atau riset pasar. Semua ini tentu ada koordinasi diantara anggotanya.

Dalam pengelolaan Web Toko Online ini tentu ada fungsi manajemen yang dilakukan, seperti halnya dalam Perencanan (Planning):
  1. Produk apa yang akan laku djual? Maka rencanakan untuk untuk membeli produk tersebut
  2. Pertimbangkan margin keuntungannya? Maka Rencakan harga yang sesuai dengan segmen pasar yang kita tuju
  3. Pertimbangkan cara pembayarannya, apakah memakai COD atau menggunakan Transfer antar Bank? Maka rencanakan pembayarannya?
  4. Rencanakan pula jasa pengiriman jika mendapatkan order dari luar wilayah kita
Setelah kita merencanakan apa yang akan kita lakukan untuk mendukung usaha Online, langkah selanjutnya ialah Mengorganisasikan (Organizing). Disinlah letak koordinasi antar anggota untuk mencapai tujuannya. Adapun untuk langkah Mengorganisasikan ialah seperti:
  1. Buat Job Description atau pembagian tugas yang jelas antar anggota
  2. Buat Konsep bersama anggota lain mengenai sistem pemasaran, sistem pembayaran, dan sistem pengiriman barang hingga sampai ke konsumen
  3. Buat Konsep SWOT dalam usaha yang dibuat agar dapat diminimalisir segala resiko
  4. Adakan pertemuan yang intens untuk koordinasi yang lebih kuat lagi.
Setelah melakukan 2 konsep diatas, langkah selanjutnya ialah Pelaksanaan (Actuacting) dan Pengawasan (Controlling). Kedua langkah ini dilakukan ketika usaha sudah berjalan dan tidak lagi membahas mengenai konsep dasar usaha Toko Online lagi. Kedua konsep manajemen ini juga masih berkaitan dengan koordinasi untuk saling memantapkan Pembagian tugas yang ada.


Dari beberapa studi kasus diatas maka dapat kita ketahui Manfaat dan Pentingnya Manajemen dalam Kehidupan, diantaranya:
  1. Manajemen dapat dikatakan penting karena manajemen merupakan suatu cara dalam mengelola, baik perusahaan maupun diri kita secara individual
  2. Dengan manajemen beban yang dipikul akan begitu mudah karena adanya pembagian tugas dengan anggota
  3. Mananjemen juga dapat mengantisipasi seseorang akan terjadinya rintangan dengan analisis SWOT dan salah satu Fungsi Manajemen, yakni Planning
  4. Dengan manajemen dapat mencapai tujuan yang dicapai akan lebih tepat karena adanya koordniasi yang jelas antar anggota
  5. Dengan Manajemen pula kita dapat melihat jelas apa yang akan terjadi dimasa depan dengan berbagai pertimbangan dari data yang valid, sehingga kita dapat mengatasi apabila terjadi kegagalan.

    Share this:

    1 comment :

    1. Panjang dan teramat relevan studi kasusnya bro..mantap resume manajemenya..:y

      ReplyDelete

    Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

    NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
    NO LINK AKTIF
    NO SARA

    CATATAN:
    Komentar yang hanya berisi:
    -Makasih gan
    -Sipp
    -Nice Info, gan makasih
    -Bagus gan artikelnya

    TAKKAN KAMI TAMPILKAN




    Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

     
    Back To Top
    Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes