BREAKING NEWS

Tuesday, February 12, 2013

FUNGSI MANAJEMEN

Dalam sebuah organisasi yang menuntut banyaknya tugas dengan tanggung jawab yang berat, diperlukan Dasar-dasar  penerapan Manajemen yang baik. Hal ini berkaitan dengan fungsi manajemen seperti:

  1. Meringankan pekerjaan yang berat dan susah untuk dikerjakan sendiri, sehingga dibutuhkan pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab unmtuk menyelesaikan dengan cepat dan efisiensi
  2. Manajemen bisa mengurangi pemborosan yang mungkin terjadi
  3. Manajemen yang baik dan berhasil bisa meningkatrkan daya guna dan hgasil guna dari semua unsur manajemen
  4. Perusahaan dan organisasi bisa berjalan dengan lebih baik jika manajemen yang diterapkman bisa berjalan dengan baik
  5. Manajemen membantu menetapkan tujuan yang akan dicapai dan cara-cara yang akan diperlukandalam meamnfaatkan unsur manajemen (6M) untuk meraih hasil yang optimal
  6. Manajemen sangat diperlukan untuk menciptakan suatu kemajuan dan pertumbuhan yang baik pada perusahaan atau organisasi
  7. Manajemen bisa berfungsi sebagai pedoman dalam berpikir dan bertindak dalam suatu organisasi
  8. Manajemen sangat diperlukan dalam melakukan kerja sama agar tercipta suatu kesamaan tujuan dan kesamaan cara untuk mencapai tujuan tersebut.


Menurut Robert Tanembaum (dalam Hasibuan, 2012) fungsi manajemen yang dikemukakan para ahli berbeda-beda karena:
  1. Kompleksnya perusahaan karena jumlah, perkembangan lapangan usahaa dan organisasi yang berbeda.
  2. Tidak adanya terminologi konsep yang sama dari para ahli
  3. Deskripsi fungsi yang terkadang subjektif
  4. Terkadang diselipkan soal teknis dan kemahiran diantara fungsi manajemen
  5. Pemakaian kata yang kurang mengena pada inti dan nilainya
  6. Mencampuradukkan antara fungsi dan kegiatan pekerjaan
  7. Mencampuradukkan antara fungsi dan proses
  8. Para ahli kurang menguraikan fungsi manajemen lainnya

Berikut merupakan fungsi-fungsi manajemen menurut para ahli:


  • G.R. Terry
  1. Planning
  2. Organizing
  3. Actuating
  4. Controlling

  • Henry Fayol
  1. Planning
  2. Organizing
  3. Commanding
  4. Coordinating
  5. Controlling

  • DR. S.P. Siagian
  1. Planning
  2. Organizing
  3. Motivating
  4. Controlling
  5. Evaluating

  • Prof. Drs. Oey Liang Lee
  1. Perencanaan
  2. Pengorganisasian
  3. Pengarahan
  4. Pengkoordinasian
  5. Pengontrolan

  • MC Namara
  1. Planning
  2. Programming
  3. Budgeting
  4. System

  • Lyndall F. Urwick
  1. Forecasting
  2. Planning
  3. Organizing
  4. Commanding
  5. Coordinating
  6. Controlling

  • Louis A. Allen
  1. Leading
  2. Planning
  3. Organizing
  4. Controlling

Dalam prakteknya pembagian fungsi fundamental tersebut tidak dapat dibedakan secara tajam dan tegas, karena setiap manajer dalam tujuannya harus melaksanakana semua fungsi tersebut, hanya saja penekanannya berbeda-beda. Setiap manajer dalam pelaksanaan mencapai tujuan harus melakukan “Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling.”

Share this:

Post a Comment

Perhatian!! Berkomentarlah yang RELEVAN dan Baik sesuai dengan Isi Artikel

NO IKLAN / SPAMMING DALAM BENTUK APAPUN
NO LINK AKTIF
NO SARA

CATATAN:
Komentar yang hanya berisi:
-Makasih gan
-Sipp
-Nice Info, gan makasih
-Bagus gan artikelnya

TAKKAN KAMI TAMPILKAN




Bagi Kalian yang tidak memiliki ID G+ atau Blog, kalian masih bisa berpartisipasi dengan menggunakan Open ID dengan mengisi ID Facebook Kalian

 
Back To Top
Copyright © 2014 Ikubaru's Blogzia. Designed by OddThemes